14 Cara Mengecilkan Rahang Tanpa Operasi Secara Alami

Cara mengecilkan rahang tanpa operasi ini direkomendasikan bagi pemilik rahang yang besar karena rahang yang besar bisa membuat pipi kita terlihat lebih chubby atau tembem. Pipi yang chubby atau tembem bisa mengurangi kepercayaan diri pada beberapa orang. Karena itu, beberapa orang berusaha menyamarkan ketembeman pipinya dengan menggunakan teknik make up. Jika Anda pemula dalam hal menggunakan make up, Anda bisa gunakan produk make up untuk pemula dan mempelajari cara memakai make up yang benar.

Banyak juga orang yang mengambil jalan keluar melalui operasi plastik untuk mengecilkan rahangnya, agar pipi terlihat tirus. Namun, cara ini tergolong berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, untuk melakukannya, Anda juga memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal.

Sebenarnya, jika Anda menginginkan rahang yang kecil sehingga pipi menjadi tirus, Anda bisa mencoba cara yang alami tapi perlu dilakukan dengan ketekunan.

Penyebab Rahang yang Besar

Ada beberapa penyebab Anda memiliki rahang yang besar sehingga pipi menjadi tembem atau chubby:

  1. Otot-otot muka Anda yang mulai mengendur.
  2. Faktor keturunan atau genetik.
  3. Kehamilan.
  4. Usia yang bertambah tua.
  5. Kegemukan (berat badan yang berlebihan).

Cara Mengecilkan Rahang Tanpa Operasi

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan rahang tanpa melakukan operasi:

1. Minum air putih yang cukup secara teratur.

Cara mengecilkan rahang tanpa operasi ini bisa dilakukan dengan minum air putih secara teratur. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjaga metabolisme tubuh Anda. Jika metabolisme tubuh Anda dalam keadaan yang baik, maka lemak yang bersarang di rahang bisa mulai mengendur. Ini salah satu cara yang perlu Anda lakukan karena air putih diklaim sangat efektif dalam menghilangkan lemak. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam satu hari. Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, Anda bisa tetap menjaga kesehatan, karena bisa terhindar dari penyakit ginjal.

Anda bisa minum sekitar 6 hingga 8 gelas dalam satu hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung air, seperti melon, semangka, dan seledri. Seledri memiliki banyak manfaat. Misalnya, manfaat seledri untuk alis dan manfaat seledri untuk wajah.

2. Melakukan senam wajah.

Senam wajah ini perlu Anda lakukan hanya dalam waktu 10 menit saja. Caranya, kedua tangan Anda memegang leher dan wajah didongakkan ke atas. Tahan posisi ini sampai 8 hitungan. Lepaskan, lalu ulangi kembali sampai 10 kali dalam satu hari. Lakukan senam wajah ini secara berulang-ulang. Hasilnya, wajah Anda akan lebih segar dan awet muda. Anda bisa melakukan senam wajah agar tirus.

3. Melakukan pijatan pada rahang dengan menggunakan es batu.

Pemijatan pada rahang bisa bantu Anda mengurangi lemak di wajah. Selain menghilangkan lemak, cara ini juga bisa memperlancar peredaran darah Anda. Namun, jangan lakukan pemijatan ini secara sembarangan, karena pemijatan yang salah justru bisa membuat kulit wajah Anda mengendur.

Cara ini cukup mudah. Anda bisa melakukannya di rumah. Lakukan pijatan dari dagu ke atas sampai ke tulang pipi di bawah mata. Lakukan sebanyak 8 kali hitungan. Lakukan dengan lembut dan hati-hati. Siapkan es batu, kemudian bungkus dengan handuk lembut atau kain yang bersih dan tepuk-tepukkan pada bagian yang dipijat kurang lebih selama 30 menit.

4. Mengurangi konsumsi obat-obatan.

Kebanyakan, obat-obatan buatan pabrik berasal dari bahan kimia. Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Terkadang, bahan kimia yang terkandung dalam obat tersebut bisa menimbulkan pembengkakan pada wajah.

Mengonsumsi obat-obatan seperti ini bisa membuat pipi Anda menjadi gemuk karena pembengkakan. Jika Anda ingin meniruskan pipi Anda, Anda bisa mulai dengan menghentikan atau mengurangi konsumsi obat-obatan yang dibuat oleh pabrik.

5. Menarik pipi.

Siapa yang menyangka bahwa tersenyum lebar bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan lemak di pipi. Tersenyum bisa melatih otot dan mengencangkan pipi sehingga wajah Anda jadi lebih segar. Anda bisa melakukannya dengan mudah. Anda bisa duduk di tempat yang nyaman. Lalu, tersenyumlah dengan lebar. Kemudian, tarik pipi sampai ke bagian mata. Tahan sampai 15 detik. Lakukan cara ini sebanyak 15 kali agar hasilnya lebih baik.

6. Mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet adalah salah satu cara simple untuk mengatasi kelebihan lemak di pipi. Ini bisa membantu Anda meniruskan wajah tanpa melakukan operasi. Dengan mengunyah permen karet, otot-otot di rahang dan pipi akan menjadi aktif. Kegiatan mengunyah ini juga bisa membantu Anda membakar kalori atau lemak di pipi.

7. Berkumur.

Cara lainnya adalah dengan berkumur. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat, hal ini bisa bantu Anda untuk meniruskan pipi. Lakukan hal ini dua kali setelah menyikat gigi Anda.

8. Menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan berarti membakar lemak di badan. Menurunkan berat bedan juga bisa membakar lemak di pipi. Dengan dibakarnya lemak di pipi, maka pipi menjadi tirus. Turunkan berat badan dengan mengurangi tingkat kalori yang Anda komsumsi. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga secara teratur.

9. Batasi makanan dan minuman yang mengandung zat diuretik.

Makanan dan minuman yang mengandung zat diuretik bisa menyebabkan seringnya buang air kecil. Misalnya, alkohol dan minuman yang mengandung kafein. Anda juga perlu membatasi asupan garam, makanan cepat saji, keripik, makanan kaleng, dan makanan olahan. Garam yang tinggi bisa menyebabkan tubuh Anda menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak.

10. Memijat wajah dengan krim atau lotion.

Sebelum memijat wajah, Anda bisa mengoleskan krim atau lotion pada wajah Anda. Setelah itu, pijatlah wajah Anda dari bawah ke atas, yaitu dari dagu ke pipi. Ini bisa mencegah kulit wajah Anda mengalami pengenduran.

11. Memijat wajah Anda menggunakan minyak aroma terapi.

Selain es batu dan lotion atau krim, Anda juga bisa memijat rahang Anda dengan minyak aromaterapi favorit Anda. Caranya, pijatlah rahang Anda sambil meregangkan leher Anda ke atas. Gunanya, untuk mempertajam rahang dan membuat Anda menjadi lebih santai.

12. Melakukan gerakan fish lip.

Gerakan ini dilakukan dengan mengemputkan pipi ke arah dalam dan mulut mencucu. Mulut yang mencucu akan tampak seperti fish lip (mulutnya ikan). Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

13. Melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga secara teratur bisa membakar lemak secara keseluruhan, termasuk pipi. Jadi, jangan lupa untuk berolahraga.

14. Konsumsi buah dan sayur-sayuran.

Badan yang gemuk bisa membuat pipi jadi temben atau chubby. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Hal ini bisa memperlancar metabolisme pada tubuh dan menghilangkan lemak pada tubuh.

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan rahang tanpa operasi sehingga pipi terlihat lebih tirus. Cara mengecilkan rahang tanpa operasi ini sangat mudah untuk dilakukan. Dalam melakukan hal ini harus didasari dengan niat yang sungguh-sungguh agar hasilnya bisa terlihat.