12 Cara Menghilangkan Wajah Kusam dan Berjerawat Secara Alami

Anda memiliki wajah kusam dan berjerawat? Anda tentu tidak percaya diri bukan dengan masalah wajah seperti itu? Tenang, untuk mengatasinya anda tidak perlu pergi ke salon. Sebab, anda bisa melakukan cara menghilangkan wajah kusam dan berjerawat dengan menggunakan cara mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Penasaran dan ingin tahu seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak berikut ini.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Salah satu penyebab mengapa wajah kusam yaitu karena wajah berminyak. Nah, apabila anda memiliki kulit berminyak, cenderung sensitif dan berjerawat maka sebaiknya melakukan double cleanse. Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya  harus sering mengganti sarung bantal dan handuk untuk menghindari kulit dari berbagai kotoran.

2. Masker Tomat

Selain segar dan sering dijadikan sebagai pelengkap masakan, tomat juga memiliki banyak manfaat. Manfaat tomat untuk wajah sudah tidak bisa diragukan lagi. Tomat sering dijadikan masker untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah, seperti menghilangkan kerutan di wajah, mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah. Cara membuat masker tomat untuk mengatasi wajah kusam dan berjerawat sangat mudah, yuk simak di bawah ini.

  • Siapkan satu buah  tomat. Kemudian haluskan.
  • Setelah itu, anda bisa langsung menjadikannya masker wajah dengan cara mengoleskan pada wajah dengan merata dan diamkan selama kurang  lebih 30 menit.
  • Jika sudah anda bisa membilas wajah dengan  air sampai bersih.

3. Masker Beras

Masker beras sudah digunakan sejak dulu untuk kecantikan kulit wajah. Selain dapat membuat wajah putih, masker beras juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan membuat wajah kusam anda menjadi lebih cerah. Cara membuat masker beras itu sendiri sangat mudah, untuk mengetahuinya simak di bawah ini.

  • Rendam beras secukupnya selama semalaman. Lalu tumbuk beras hingga halus.
  • Setelah itu, keringkan beras yang sudah anda tumbuk. Baru anda bisa membuatnya menjadi makser.
  • Campurkan tepung  beras dengan air jeruk lemon sebanyak 1 sdm dan minyak zaitun sebanyak 1 sdm. Aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  • Aplikasikan masker pada wajah anda dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 25 menit. Jika sudah anda bisa mencuci wajah sampai bersih.
  • Kombinasi dari bahan-bahan  di atas sangat baik untuk mengatasi wajah berjerawat dan kusam.

4. Masker Putih Telur  

Bahan alami  lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi wajah  yang berjerawat dan kusam yaitu putih telur. Masker putih telur dipercaya efektif untuk mengatasi wajah yang kusam dan berjerawat. Hanya beberapa  kali pemakaian wajah  anda akan menjadi  lebih cerah dan jerawat akan mengecil. Cara mencerahkan wajah kusam dan mengatasi jerawat dengan putih telur yaitu:

  • Campurkan satu buah putih telur ayam kampung dengan air jeruk nipis. Aduk keduanya sampai merata.
  • Oleskan masker putih telur pada wajah anda dan diamkan selama semalaman.
  • Untuk keesokan harinya, anda bisa membilas wajah sampai bersih.

5. Masker Semangka

Selain manis dan segar, buah berwarna merah ini juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan wajah. Masker semangka diyakini dapat membantu mengatasi wajah berjerawat dan kusam. Berikut cara membuat masker semangka yang bisa anda ikuti.

  • Haluskan buah semangka secukupnya saja. Lalu tambahkan perasan air lemon secukupnya saja. Aduk  sampai merata.
  • Jika sudah merata, silahkan aplikasikan pada wajah anda dengan merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membilas wajah hingga bersih.

6. Mentimun

Selain enak dijadikan sebagai lalapan, mentimun juga bisa anda jadikan sebagai masker. Manfaat mentimun untuk wajah sudah menjadi rahasia umum. Salah satu manfaat mentimun yaitu dapat membantu mengatasi wajah kusam dan berjerawat. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam mentimun dapat membantu menjaga kelembaban.

  • Haluskan satu buah mentimun berukuran sedang yang sudah dikupas dan dicuci. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender.
  • Apabila mentimun sudah halus, anda bisa menjadikan sebagai masker wajah.
  • Oleskan pada wajah anda dengan merata dan tunggu selama 20 menit. Jika sudah, anda bisa langsung membilas dengan air.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk wajah karena mampu mengurangi minyak berlebih dan mencerahkan wajah. Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dan putih telur, kemudian jadikan sebagai masker. Selain itu, anda juga dapat menggunakan perasan jeruk nipis lalu mengoleskannya pada wajah dengan kapas.

8. Madu

Manfaat madu untuk kulit dan manfaat mandu untuk wajah bisa anda dapatkan dengan menjadikannya sebagai masker. Madu dapat membantu mencerahkan wajah kusam dan mengatasi jerawat. Caranya yaitu tinggal mengoleskan madu pada wajah anda yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit lalu anda bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

9. Pepaya

Masker pepaya juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan wajah kusam dan berjerawat. Selain itu,  masker pepaya juga dapat menghaluskan wajah dan  membuatnya lebih lembab.

  • Haluskan buah pepaya yang sudah matang. Lalu aplikasikan pada wajah anda.
  • Tunggu selama 20 menit. Jika sudah, anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air bersih.

10. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih sebanyak yang telah ditentukan baik untuk kesehatan  ataupun kecantikan. Agar kulit anda tetap terjaga kelembabannya, maka penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda.

11. Memakai Tabir Surya

Untuk anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, maka menggunakan  tabir surya penting untuk dilakukan.

12. Hindari Menggunakan Kosmetik Berat

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik. Oleh karena itu, para wanita tidak bisa terlepas dari make up. Namun, tahukah anda? Menggunakan make up yang berlebihan justru tidak baik untuk kulit. Untuk anda yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak, make up berlebihan justru akan menutupi pori-pori wajah. Selain itu, penting bagi anda untuk memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Demikian cara menghilangkan wajah kusam dan berjerawat. Selamat mencoba.