5 Cara Scrub Wajah Dengan Gula Agar Mulus

Gula mungkin saja merupakan pemanis yang buruk untuk tubuh, tetapi gula adalah bahan yang sangat bagus untuk perawatan kulit. Gula adalah humektan alami yang berarti dapat menarik kelembapan dari lingkungan ke dalam kulit. Jadi ketika gula digunakan untuk kulit maka akan membantu menghidrasi kulit Anda dan menyimpan kelembapan di dalam. Gula juga merupakan sumber alami asam glikolat, sebuah alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat menembus kulit dan memecah perekat antara sel kulit, sehingga mendorong pergantian sel yang membuat kulit tampak lebih segar, tampak lebih muda.

Asam glikolat biasanya digunakan untuk mengobati kulit yang rusak terbakar matahari dan kulit yang menua. Karena dapat mengiritasi jenis kulit tertentu, produk yang dijual siap pakai biasanya mengandung kurang dari 10 persen kandungan asam glikolat dalam formula mereka. Partikel kecil gula juga akan menjadi bahan eksfoliant topikal yang sangat bagus serta sering digunakan dalam sejumlah produk scrub tubuh untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan dan mengungkap kulit yang lebih berkilau serta sehat dibawahnya.

Gula Untuk Scrub Wajah

Scrub dari gula memiliki beberapa kelebihan dari scrub garam. Contohnya, butiran gula biasanya lebih lembut dari garam, yang bisa menyebabkan robekan mikroskopik di kulit. Juga karena gula memiliki manfaat humektan alami yang dapat lebih menghidrasi dari scrub garam, yang bisa menghilangkan minyak alami dari kulit. Cara scrub wajah dengan gula atau cara membuat scrub alami dari gula yaitu:

1. Scrub Gula dan Madu

Cara scrub wajah dengan gula dan madu ini akan mengelupas sel kulit mati yang akan memberi Anda kompleksi yang cerah pada kulit wajah. Ada juga manfaat scrub gula dan madu untuk bibir.

  • Siapkan satu cup gula kastor atau gula merah, seperempat cup bentonite clay, 15 tetes minyak kamomil, satu setengah sendok minyak biji anggur, satu sendok makan madu murni, dan setengah sendok makan minyak vitamin E.
  • Campur semua bahan dalam mangkuk kecil dan aduk rata.
  • Untuk menggunakannya, aplikasikan sekitar seperempat dari ramuan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan.
  • Gosok dengan gerakan melingkar perlahan, pijat ke kulit selama 60 detik.
  • Bilas dengan air hangat dan tepuk sampai kering.
  • Simpan sisa scrub dalam lemari es sampai dua minggu.

2. Scrub Gula dan Minyak Esensial

Cara scrub wajah dengan gula berikut ini bisa menghilangkan semua racun pada wajah dan memberi wajah tampilan kilau alami. Bisa juga digunakan untuk cara memutihkan siku dalam 1 minggu dan cara memutihkan lutut yang hitam, juga sebagai cara menghilangkan komedo hitam dan komedo putih.

  • Siapkan satu cup gula pasir putih atau coklat yang organik, setengah cup minyak zaitun atau minyak kelapa, minyak esensial pilihan Anda, dan satu toples kaca bermulut lebar.
  • Campur semua bahan sampai merata dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Gunakan satu sendok makan ketika dibutuhkan saat mandi.
  • Gosok kulit wajah dengan campuran lalu bilas sampai bersih.
  • Kulit Anda akan terasa halus seperti sutra.

3. Scrub Gula dan Lemon

Cara scrub wajah dengan gula berikut ini menggunakan bahan gula dan lemon. Anda perlu menyiapkan dua sendok gula dan air perasan dari empat lemon. Campur semuanya dan pijat wajah menggunakan ujung jari dengan lembut secara melingkar. Gosok butiran gula sampai mencair semuanya sementara memijat. Setelah ini cuci wajah dengan air. Penggunaan masker ini secara teratur bisa membersihkan kulit terbakar matahari dan noda hitam. Anda juga dapat melakukan cara memutihkan lutut dengan scrub gula dan lemon ini, juga dapat digunakan dalam cara memutihkan ketiak dengan gula.

4. Scrub Gula dan Susu

Cara scrub wajah dengan gula berikut ini menggunakan lebih banyak bahan campuran untuk scrub wajah  alami untuk kulit kusam. Siapkan 7 tetes minyak jeruk, dua sendok teh gula, dua sendok teh krim susu dan lima sendok teh minyak zaitun. Gosok kulit dengan masker ini untuk menghilangkan semua kotoran dari permukaan kulit wajah. Scrub ini juga akan memperbaiki rona kulit Anda.

5. Scrub Gula dan Peppermint

Scrub ini adalah solusi yang utama untuk kulit kering. siapkan 1 – 2 sendok makan gula, tiga sendok makan kelapa, dua tetes peppermint oil dan setengah sendok makan minyak vitamin E. Panaskan minyak kelapa sedikit sebelum ditambahkan pada ramuan. Campur semua bahan sampai merata dan gunakan sebagai scrub untuk wajah.

Variasi Lain Scrub Gula

Anda bisa melakukan cara scrub wajah dengan gula menggunakan berbagai variasi bahan alami lainnya seperti berikut ini:

  • Gula dan Labu Kuning – Siapkan satu cup gula merah, setengah cup minyak kelapa, setengah sendok makan minyak vitamin E dan setengah sendok makan perasa labu kuning atau setengah sendok kayu manis.
  • Gula dan Vanilla – Siapkan satu cup gula merah, setengah cup minyak almond, setengah sendok makan minyak vitamin E dan satu sendok makan ekstrak vanila asli.
  • Gula dan Lavender – Siapkan satu cup gula putih, setengah cup minyak almond, setengah sendok makan minyak vitamin E, setengah sendok makan ekstrak vanila asli dan 15 tetes minyak esensial lavender.

Cara scrub wajah dengan gula menggunakan bahan – bahan ini bisa bertahan antara dua minggu hingga dua bulan di dalam lemari es dalam wadah kedap udara. Perhatikan agar tidak ada air masuk ke dalam wadah scrub ketika Anda menggunakannya karena bisa membuatnya tidak tahan lama. Beberapa ramuan ini akan berbau sangat enak untuk dimakan, tetapi sebaiknya tidak dilakukan. Berhati – hatilah agar Anda tidak menggosok wajah terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi ketika melakukan cara merawat wajah sensitif.