4 Ciri – Ciri Wajah Sedang Detoks yang Perlu Diketahui

Detoks wajah mungkin sudah menjadi istilah yang sering didengar tetapi tidak semua orang pernah mencobanya dan tidak mengetahui mengapa proses detoks sangat penting bagi kulit. Detoks wajah akan menghilangkan masalah kelebihan minyak dan racun di kulit. Kulit wajah yang sangat berminyak adalah masalah besar bagi wanita dan pria, dan disebabkan karena berbagai faktor termasuk penggunaan kosmetik, perawatan yang kurang baik dan polusi. Selama proses detoks wajah, racun dan minyak akan dikeluarkan yang artinya wajah akan terlihat lebih baik dan terasa lebih baik.

Kelebihan dari detoks wajah adalah untuk mengeluarkan racun, menghentikan produksi sebum berlebihan yang membuat pori tersumbat, dan menghasilkan komedo. Ketika Anda melakukan detoks wajah maka noda – noda di kulit akan menghilang. Keuntungan lain dari perawatan kulit ini adalah bahwa akan memperbaiki kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh pola makan yang buruk. Pola makan buruk ini akan membawa akibat bagi kulit wajah dengan segera.

Tanda Yang Dialami Ketika Detoks Wajah

Ketika melakukan detoks kulit termasuk kulit wajah, Anda akan mengalami beberapa gejala untuk mengeluarkan racun yang ada di bawah lapisan kulit. Gejala tertentu akan muncul ketika tubuh sedang mengalami pembuangan racun, salah satunya bisa timbul di kulit wajah. Ciri – ciri wajah sedang detoks antara lain:

1.Muncul Bentol Kecil Yang Gatal

Kemunculan bentol – bentol kecil yang gatal merupakan salah satu ciri – ciri wajah sedang detoks yang terjadi karena proses peremajaan pada lapisan epidermis kulit secara perlahan. Usahakan untuk tidak menyentuh atau menggaruk bagian yang gatal dengan apapun terutama dengan tangan, karena dapat menyebabkan infeksi jika tangan Anda kotor. Detoks akan menjadi cara menghilangkan bahan kosmetik berbahaya yang mungkin pernah Anda pakai.

2. Kulit Terasa Panas

Tidak semua orang akan mengalami ciri – ciri wajah sedang detoks berupa kulit panas. Biasanya hal ini akan terjadi apabila Anda menggunakan krim atau obat detoks tertentu khusus untuk kulit. Kulit akan terasa panas karena pembuluh darah pada jaringan kulit mulai terbuka dan memberi jalan kepada aliran darah yang membawa nutrisi serta vitamin agar dapat mengalir lebih maksimal. Anda dapat mengompres wajah dengan air hangat yang bersih dan jangan gunakan air es. Wajah juga terkadang akan terasa bengkak dan kebas karena mengalami proses penyesuaian dari sel – sel kulit baru yang terbentuk sebagai hasil dari proses metabolisme kulit.

3. Pengelupasan Kulit

Ciri – ciri wajah sedang detoks bisa jadi tampak pada kulit yang mengelupas. Proses ini adalah bagian dari pembaruan sel – sel kulit wajah yang durasinya tergantung kepada jenis kulit Anda. Pengelupasan biasanya hanya terjadi pada awal pemakaian obat detoks kulit. Jika ini terjadi, jangan mengelupas kulit dengan paksa. Manfaat norit untuk wajah dan manfaat ketumbar untuk kecantikan juga dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah akibat paparan material beracun.

4. Pertumbuhan Jerawat

Ciri – ciri wajah sedang detoks akan mengeluarkan kotoran dan minyak yang berlebih pada kulit wajah sehingga akan timbul banyak jerawat di kulit wajah. Tidak hanya jerawat, wajah juga bisa mengalami bruntusan, komedo hitam atau komedo putih juga sebagai bagian dari pembuangan racun pada tubuh. Tidak semua orang akan mengalami breakout ketika kulitnya sedang dalam masa detoks. Ada yang hanya akan mengalami kemerahan saja, atau hanya mengalami kulit yang lebih kering atau lebih berminyak.

Manfaat Detoks Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari detoks wajah yaitu:

  • Membuat wajah lebih cerah – Racun atau bakteri yang ada di kulit wajah akan membuat wajah menjadi kusam dan terlihat lebih tua. Melakukan detoks pada kulit wajah akan membuat Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah.
  • Menghilangkan jerawat – Jerawat di kulit wajah bisa disebabkan oleh racun yang menumpuk dari debu, asap dan kotoran dari lingkungan. Melakukan detoks akan dapat menghilangkan kotoran – kotoran yang menyumbat pori wajah dan menjadi pemicu jerawat.
  • Meremajakan kulit – Detoks wajah merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini yang menyebabkan wajah tampak keriput sebelum waktunya. Penyebab utama penuaan dini pada wajah ini adalah racun yang bisa dikeluarkan melalui proses detoks.
  • Menyamarkan flek hitam – Cara menghilangkan flek hitam diwajah akibat sinar matahari dan cara menghilangkan flek hitam karena racun bisa dilakukan dengan detoks kulit. Proses detoks pada wajah juga akan membantu menyamarkan noda – noda hitam pada wajah yang disebabkan oleh paparan polutan dan lain sebagainya sehingga wajah akan tampak lebih bersih.

Tips Sebelum Melakukan Detoks

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan detoks agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

  • Apabila tadinya Anda menggunakan produk yang mengandung benzoyl perokside, retinol atau bahan kimia keras lainnya, maka jangan langsung memulai proses detoks. Kurangi frekuensi pemakaian produk secara bertahap hingga nol minimal selama dua minggu atau lebih. Tujuannya agar fungsi alami kulit kembali normal dan dapat beradaptasi tanpa pemakaian produk tersebut secara perlahan.
  • Jangan mengganti semua produk yang digunakan untuk merawat kulit secara tiba – tiba. Lakukan secara bertahap pula misalnya dimulai dari produk pembersih selama beberapa waktu lalu lanjutkan ke tahapan atau jenis produk yang lain satu persatu.
  • Melakukan olahraga secara teratur, mandi uap, menguapi wajah secara teratur juga akan membantu menghilangkan racun dari kulit. Begitu juga dengan kegiatan berjemur di pagi hari dan usahakan untuk menghirup udara segar sesering mungkin yang juga akan baik bagi paru – paru Anda.

Untuk mengurangi ciri – ciri wajah sedang detoks yang mungkin akan sangat mengganggu, Anda bisa melakukan beberapa cara atau tips diatas. Usahakan juga untuk selalu mencukupi kebutuhan air minum sehari – hari dan mengonsumsi makanan sehat yang juga akan mendukung berkurangnya asupan racun ke tubuh dan kulit Anda.