6 Cara Mendetoks Wajah Sendiri Secara Alami Di Rumah

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia dan secara konstan akan terus terkena kontak dengan berbagai material. Kotoran dan polutan dari lingkungan bisa menyumbat pori – pori dan racun dari menu makanan Anda dapa menyebabkan kulit wajah menderita. Mendetoks secara rutin ataupun sesekali dapat menjadi cara untuk mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat serta kemerahanDetox sudah menjadi istilah yang lumayan akrab di masa kini.  Ada waktu – waktu kulit memerlukan proses detoks tersebut karena pemakaian make up di saat tidur, terlalu banyak makanan yang tidak baik untuk kesehatan, tidak merawat kulit atau semua penyebab yang ada.

Jika ada bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan benar maka akan terlihat pada kulit karena pori – pori menjadi tersumbat ketika berusaha menutupi sistem tubuh yang tidak bekerja dengan benar. Detoks pada wajah berarti menyediakan waktu khusus untuk menghilangkan semua kotoran, racun, polutan dan sel kulit mati yang mungkin ada untuk memperbarui dan memulihkan kulit kembali pada kondisi normalnya, bahkan lebih baik daripada semula jika Anda melakukan detoks dengan benar.

Membuang Racun dari Wajah

Persis seperti detoks nutrisi, detoks kulit memungkinkan kulit mendapatkan awal yang baru dan bersih. Dengan membersihkan kulit dari bahan yang dapat membahayakan maka proses detoks akan menstimulasi lingkungan yang lebih sehat untuk kulit Anda, dapat mendorong produksi kolagen dan elastin yang lebih cepat. Mendorong metabolisme sel, mempercepat pergantian sel dan memperbaiki pelindung kulit. Tanda – tanda bahwa kulit membutuhkan detoks yaitu jika kulit sudah terlihat kusam dan pudar, rona kulit tidak merata, berminyak, berkeriput dan kendur, kering atau sensitif. Cara mendetoks wajah sendiri secara alami antara lain:

1. Facial Wajah

Proses facial wajah yang benar dapat membersihkan pori – pori dengan lebih menyeluruh daripada perawatan kulit yang normal sehari – hari. Melakukan facial dan pijat wajah mungkin bisa menjadi kegiatan yang paling membuat kulit wajah menjadi rileks begitu juga dengan diri Anda. Mulailah cara mendetoks wajah sendiri dengan facial dengan dibantu oleh ahli kecantikan atau mempelajari cara facial wajah sendiri di rumah. Detoks akan menjadi cara mengatasi kerutan di wajah dengan menggunakan masker alami untuk menetralkan wajah atau melakukan cara beralih dari krim dokter ke wardah.

2. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Pembersihan wajah seharusnya menjadi kebiasaan setiap hari namun tidak masalah apapun jenis perawatan wajah rutin Anda, detoks wajah perlu dilakukan pembersihan pada pagi dan malam hari. Perhatikan tipe kulit wajah Anda ketika memilih pembersih mana yang akan digunakan. Sangat penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak harus menggunakan pembersih yang sama untuk kedua saat setiap hari. Jika Anda memiliki kulit kering, pembersih minyak di pagi hari dan pembersih busa di malam hari akan membersihkan, melembutkan dan menghidrasi. Jika kulit wajah Anda lebih berminyak, pembersih berbahan dasar gel di pagi hari dan malam hari akan cukup baik.

3. Gunakan Masker Lumpur

Formula yang mengandung clay atau lumpur akan menarik sebagian besar kotoran di lapisan teratas kulit. Encerkan masker dengan air hangat dan biarkan sampai lembut dan tidak terlalu kering. Jangan membiarkan masker di wajah sampai pecah dan wajah menjadi kaku karena akan membuat kulit menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Cara mendetoks wajah sendiri secara alami adalah dengan menggunakan masker setiap dua hari sekali.

4. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Serum harus digunakan dua kali sehari pada pagi hari dan malam karena tidak hanya menghidrasi tetapi juga memungkinkan bahan apapun yang dioleskan ke kulit akan meresap lebih dalam ke kulit sehingga menampilkan hasil yang lebih baik. Perawatan kulit rutin pada pagi hari harus diikuti dengan pelembab malam, krim atau masker sesuai tipe kulit. Detoks juga dapat menjadi cara menghilangkan merkuri di wajah secara alami dengan melakukan manfaat mengompres wajah dengan air hangat, manfaat ketumbar untuk kecantikan atau manfaat penguapan wajah setiap hari.

5. Minum Banyak Air

Menjaga asupan air ke tubuh juga perlu dilakukan untuk mempertahankan kadar air yang seimbang pada kulit. Jumlah asupan air yang direkomendasikan akan bervariasi tergantung pada kondisi setiap orang. Minum cukup air merupakan rekomendasi harian untuk menghilangkan racun dari tubuh dan tetap terhidrasi, sangat sedikit orang yang mencukupi kebutuhan air hariannya dan justru meminum cairan yang membuat dehidrasi seperti kopi, jus bergula dan alkohol. Paling tidak selama hari – hari detoks Anda, hindari jenis – jenis minuman seperti ini.

6. Mengontrol Menu Makanan

Cara mendetoks wajah sendiri secara alami juga dapat Anda lakukan dengan mengatur pola makan. Untuk pemulihan kulit secara total sangat  penting untuk beradaptasi pada diet agar tujuan pembersihan kulit berhasil. Jauhi produk susu, gorengan, dan gula yang semuanya menyumbat pori dan membuat kulit kusam selama waktu detoks Anda. Konsumsi makanan kaya akan alkali seperti pir, brokoli, kale, semangka, alpukat, pisang dan kacang walnut.

Kunci untuk cara mendetoks wajah sendiri secara alami adalah mengimplementasikan apa yang Anda sukai dari kegiatan tersebut pada kehidupan sehari – hari agar dapat terus melihat hasilnya secara berkelanjutan setelah proses detoks berakhir. Mungkin Anda tidak akan selalu dapat menolak makanan berminyak atau pedas dan manis, atau Anda akan selalu melakukan penguapan wajah dan facial tetapi Anda dapat berusaha lebih kuat pada perawatan kulit harian dan menambahkan jenis makanan yang dapat mendukung proses detoks tersebut. Dengan perubahan kecil saja, kulit Anda tidak akan membutuhkan detoks terlalu sering.