8 Penyebab Kenapa Bibir Kering Terus dan Mudah Pecah – pecah

Bibir yang pecah – pecah atau retak pada umumnya digunakan untuk menggambarkan kondisi bibir yang kering. Bibir kering merupakan suatu kondisi umum yang terjadi pada banyak orang dengan gejala kering, mengelupas, retak, perih, bengkak, pecah – pecah dan berdarah. Banyak kelembaban yang hilang melalui bibir daripada melalui bagian lain dari kulit wajah atau tubuh. Ketika bibir kehilangan kelembabannya, kulit yang melapisi bibir akan menjadi kencang dan mulai menjadi retak. Bibir tidak hanya menjadi kering pada musim dingin, namun sebetulnya tidak demikian.

Anda dapat mengalami bibir kering kapan saja karena bibir tidak memiliki pori – pori yang menyebabkannya mengandung kelenjar minyak atau keringat untuk menjaga kelembaban, dan merupakan salah satu organ tubuh yang selalu terekspos pada banyak elemen. Pada kondisi tertentu, bibir yang kering parah akan menjadi suatu kondisi yang disebut cheilitis, yaitu bibir kering parah yang disebabkan infeksi ditandai dengan kulit yang retak dan pecah – pecah di ujung bibir, seringkali menjadi lecet dan perih.

Penyebab Bibir Kering

Anda mungkin salah satu dari orang yang kerap bertanya – tanya kenapa bibir kering terus? Segala cara sudah dicoba namun bibir Anda tetap saja kering dan tidak tampak mulus sehingga sulit mengaplikasikan pewarna bibir dengan cantik. Anda kerap terpikir mengenai kenapa bibir kering terus? Ketahuilah beberapa jawaban dari pertanyaan Anda berikut ini:

1. Kebiasaan menjilat bibir

Ketika bibir terasa kering dan pecah – pecah, mungkin Anda merasakan dorongan untuk menjilatnya. Akan tetapi menjilat bibir hanya solusi sementara untuk menghilangkan kekeringan di bibir. Segera setelahnya bibir akan terasa kering lagi, dan Anda akan menjilatnya lebih banyak lagi. Hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang tidak akan membantu bibir Anda untuk terhidrasi lagi dan bukan cara mengatasi bibir kering. Air liur menguap dengan cepat dan bisa membuat bibir terasa semakin kering daripada sebelumnya. Begitu pula dengan kebiasaan menggigit atau mengunyah bibir.

2. Dehidrasi

Banyak orang yang tidak mengonsumsi cukup air, tidak cukup makan sayuran dan buah yang juga mengandung cairan yang banyak. Padahal cara mengatasi bibir kering secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi air, sayuran dan buah yang cukup. Kurangnya asupan air sepanjang hari bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan juga dapat menjawab pertanyaan mengenai kenapa bibir kering terus? Pastikan Anda minum cukup air atau cairan dalam satu hari untuk menjaga agar bibir tidak mudah kering. Kurangi minuman yang mengandung kafein atau alkohol yang dapat membuat Anda semakin dehidrasi dan tidak mendukung cara agar bibir tidak kering.

3. Alergi

Ada banyak alergi yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah – pecah termasuk alergi terhadap kobalt dan nikel. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin B12, mungkin saja tubuh akan mengembangkan alergi terhadap kobalt yang menyebabkan bibir menjadi kering dan tampak pecah – pecah. Kemungkinan alergi nikel juga bisa terjadi, maka dari itu jangan menaruh logam apapun ke dekat mulut Anda. Begitu juga bahan – bahan di dalam lipstik seperti propyl gallate atau phenyl salicilate dan pasta gigi yang mengandung guaiazulene.

4. Tidak melindungi bibir

Jika Anda tidak melindungi bibir dari berbagai elemen maka bibir akan mudah menjadi kering. Pastikan untuk selalu menggunakan lip balm di bibir Anda apapun kondisi cuacanya. Pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya untuk perlindungan ekstra. Menjaga bibir tetap lembab sepanjang hari akan membantu untuk mencegahnya dari kekeringan.

5. Bernapas lewat mulut

Udara yang lewat secara konstan di mulut dan bibir secara pasti akan menyebabkan bibir menjadi kering. Orang yang mendengkur atau mengalami sleep apnea biasanya mengalami masalah ini dan sering terbangun dengan kondisi bibir yang kering. Juga jika Anda mengalami flu dan tidak dapat bernapas lewat hidung, Anda kemungkinan akan mengalami bibir pecah – pecah juga. 

6. Pasta gigi

Kenapa bibir kering terus? Pertanyaan yang mengganggu Anda tersebut bisa saja disebabkan karena pasta gigi. Mungkin Anda memperhatikan ketika setelah menggosok gigi, Anda justru merasa bibir menjadi kering. Pasta gigi memang dapat menjadi tips menghilangkan bibir hitam namun ada efek samping memerahkan bibir dengan pasta gigi. Banyak pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfat yang diketahui dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi. Pada beberapa kasus bisa menyebabkan dermatitis pada bibir dan mulut. Hentikan penggunaan apabila pasta gigi Anda menyebabkan masalah ini.

7. Kondisi atau pengobatan tertentu

Beberapa obat yang diresepkan seperti accutane, propranolol, atau prochlorperazine dapat menyebabkan bibir pecah – pecah dan kering. Penyakit autoimun, tiroid, atau psoriasis, diabetes, infeksi jamur juga dapat menyebabkan bibir menjadi sensitif pada matahari dan juga kering. Anda dapat mencoba cara melembabkan bibir dengan madu untuk perawatan bibir pecah – pecah.

8. Kurang vitamin

Kekurangan nutrisi atau vitamin tertentu juga dapat menyebabkan Anda bertanya – tanya kenapa bibir selalu kering? Kekurangan vitamin seperti kekurangan zat besi, zinc dan vitamin B dapat menyebabkan bibir kering. Cobalah menyeimbangkan menu makanan Anda misalnya dengan menambahkan daging merah, kacang polong kering, sayuran berdaun hijau gelap, kerang, daging sapi, bayam, biji labu, buah – buahan, sayuran lain, gandum dan kacang – kacangan.

Apabila Anda sudah melakukan segala cara untuk mengatasi pertanyaan kenapa bibir selalu kering? dan tetap tidak menemukan jawaban serta cara yang cocok untuk mengatasinya, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter  yang berkompeten. Terlebih lagi jika kondisi bibir kering sudah mempengaruhi Anda dengan parah, seperti terasa sakit, retak di sudut mulut, berdarah yang tidak bisa hilang atau berkurang. Jangan biarkan kondisi bibir kering yang memburuk berlarut – larut karena dapat membahayakan kesehatan Anda juga.