9 Penyebab Kenapa Kulit Wajah Kering dan Gatal

Kulit yang kering biasanya ditandai dengan kemerahan pada kulit wajah, mengelupas, terasa kencang, dan terkadang terasa gatal atau perih disertai dengan kulit mengelupas. Biasanya kulit kering bukanlah suatu masalah kesehatan yang serius, namun bisa menjadi sangat jelas tampak di wajah dan membuat tidak nyaman. Kondisi kulit kering yang serius bisa terjadi karena faktor genetik, yaitu suatu kelainan kulit yang disebut ichthyosis, namun kebanyakan kulit wajah kering terjadi karena faktor lingkungan dan bukan merupakan suatu penyakit serius.

Kulit wajah yang kering kerap sulit diatasi, walaupun Anda sudah menggunakan pelembab wajah dengan baik. Terkadang pola – pola kekeringan masih tampak di kulit wajah sehingga sepertinya pelembab yang digunakan tidak memberi pengaruh apapun terhadap kelembaban kulit wajah. Orang yang berusia lebih tua biasanya lebih rentan mengalami kulit kering daripada orang muda, dan biasanya orang yang pernah mengalami eksim akan lebih mudah mengalami kulit kering di wajah. Penyebab kulit kering dan kusam harus diketahui lebih dulu.

Penyebab Keringnya Kulit Wajah

Kulit wajah kering merupakan kondisi kulit yang sangat umum yang bisa dilihat ketika lapisan paling atas kulit wajah atau lapisan epidermis mengalami kekurangan kandungan air didalamnya. Kondisi ini cenderung lebih mempengaruhi pria dan wanita sama besarnya. Kenapa kulit wajah kering merupakan pertanyaan yang dapat dijawab oleh banyak faktor berikut ini:

1. Dehidrasi

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk ke dalam tubuh. Penyebab paling umum dari kehilangan kandungan air di tubuh adalah keluarnya keringat yang berlebihan. Jumlah air yang harus diminum setiap hari adalah delapan sampai sepuluh gelas per hari untuk aktivitas rata – rata. Bagi orang yang aktif, seperti atlet, orang yang dalam perjalanan, dan orang yang terekspos suhu panas tentunya harus meningkatkan asupan air minum untuk menghindari dehidrasi dan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas.

2. Usia

Kulit yang mengering adalah salah satu tanda – tanda penuaan. Ketika usia kita semakin bertambah, produksi minyak alami di kulit akan menurun begitu juga dengan pertukaran sel kulit yang meninggalkan sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit. Anda dapat menggunakan produk kecantikan yang mengandung Hyaluronic Acid untuk membantu kulit menjaga tingkat kelembabannya dan cara mencegah penuaan dini.

3. Merokok

Bahan kimia di dalam rokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit wajah, dan menghasilkan lebih sedikit nutrisi dan oksigen yang diterima kulit sehingga kondisi kulit wajah menjadi kering, kusam dan mengalami penuaan permanen. Jika Anda seorang perokok, berhentilah sebelum terlambat dan rokok menjadi penyebab kulit kering. Sebab seorang perokok memiliki resiko empat kali kemungkinan untuk sembuh lebih besar jika mencari pertolongan ahli daripada mencoba melakukannya sendiri.

6. Menu makanan

Kurangnya lemak di dalam menu makanan sehari – hari akan membuat kulit kekurangan asam lemak esensial yang dapat mengarah kepada kekeringan pada kulit. Pada faktanya, setengah lebih dari wanita yang mengalami perubahan pada kondisi kulit karena berdiet berlebihan. Pastikan menu makanan Anda mengandung ikan, kacang – kacangan dan sayuran segar untuk menjaga nutrisi di wajah dan sebagai cara merawat kulit kering.

7. Tidak menggunakan pelembab

Menggunakan pembersih atau sabun wajah sehari – hari dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda dan keseimbangan PH didalamnya. Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat, kebiasaan merawat wajah dengan pelembab yang cocok bagi jenis kulit Anda perlu dipertahankan dengan teratur. Gunakan pelembab setiap pagi dan malam dan jadikan pelembab sebagai salah satu produk kecantikan wajib Anda dan sebagai cara mengatasi wajah keriput dan kering..

8. Pembersihan berlebihan

Jika produk pembersih kulit atau pembersih make up yang biasa Anda gunakan membuat kulit terasa kencang dan tertarik, hentikan pemakaian. Sebab, produk pembersih kulit wajah seharusnya tidak membuat kulit terasa demikian, karena itu berarti produk tersebut menguras minyak alami kulit serta kelembaban kulit wajah, dan juga mengganggu keseimbangan kadar PH kulit wajah. Pilihlah pembersih dan toner yang mengandung PH seimbang. Menggunakan sesuatu produk yang dapat menyeimbangkan tingkat PH kulit sangat penting untuk menjaga kondisi keasaman kulit bagi perlindungan kulit wajah.

9. Sering berada di ruangan ber – AC

Pendingin udara dapat mengganggu keseimbangan alami kulit dan menjadi salah satu alasan kenapa kulit wajah kering, AC dapat menjadi penyebab kulit kering dan keriput. Bahkan, kondisi yang berlanjut bisa mengarah kepada masalah kulit yang memburuk seperti eksim. Jika Anda sering berada di ruangan yang ber-AC, cobalah untuk sesekali mencari udara segar di luar ruangan untuk memberi kulit kesempatan bernapas di udara luar. Anda juga bisa menyemprot wajah dengan produk kecantikan berjenis water spray yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Produk ini sekarang tersedia di toko atau konter kecantikan dengan berbagai merk dan harga yang bervariasi.

Beberapa alasan dari kenapa kulit wajah kering tersebut mungkin cocok dengan kondisi yang Anda alami sehari  – hari. Melakukan perawatan wajah sederhana seharusnya sudah cukup untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah, akan tetapi jika gejala yang Anda alami terus menerus terjadi atau memburuk, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Kondisi yang bisa terjadi jika kulit wajah terus menerus kering walaupun sudah diberi perawatan sederhana antara lain atopic dermatitis atau eksim, seborrheic dermatitis,dan psoriasis. Perhatikan apakah ada gejala lain yang menunjukkan ketidak wajaran selain hanya gejala kulit kering di wajah, agar Anda bisa segera mendapatkan perawatan yang diperlukan untuk menghilangkan kondisi kulit wajah kering yang berlebihan dan menghindari bahaya kulit kering.