9 Alasan Kenapa Kulit Kepala Kering dan Mengelupas

Ketombe adalah faktor penyebab utama yang terpikirkan ketika Anda mengalami kulit kepala yang kering dan mengelupas. Akan tetapi, hal tersebut bisa saja bukanlah masalah ketombe melainkan terjadi karena kulit kepala kering saja. Ketombe dan kulit kepala kering memang memiliki gejala yang sama, yaitu serpihan kulit kepala dan rasa gatal pada kulit kepala, namun keduanya merupakan kondisi yang berbeda. Pada kulit kering di kepala, kulit menjadi iritasi dan serpihan kulit berjatuhan. Jika berketombe, penyebabnya adalah terlalu banyak minyak di kepala.

Kelebihan minyak tersebut menyebabkan sel kulit menumpuk dan lalu rontok. Mengetahui perbedaan kedua masalah pada kulit kepala ini akan membantu Anda mendapatkan perawatan yang benar dan menghilangkan serpihan kulit kepala tersebut selamanya. Kenapa kulit kepala kering terjadi, penyebabnya ketika kulit Anda hanya mendapatkan sedikit kelembaban sehingga menjadi iritasi dan mengelupas. Jika kulit kepala Anda kering, semua kulit di bagian tubuh Anda biasanya juga akan mengalami hal yang sama.

Penyebab Keringnya Kulit Kepala

Masalah kulit kering kemungkinan akan dialami oleh sebagian besar orang pada satu saat namun tanpa perawatan yang tepat hal tersebut akan menjadi masalah kronis yang menyebabkan gatal dan ketombe. Kenapa kulit kepala kering bisa terjadi karena beberapa faktor berikut ini:

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab umum dari kulit kepala yang kering, karena kebanyakan orang memang tidak mengonsumsi cukup air. Terlebih lagi ketika musim panas dimana tubuh mengeluarkan air lebih banyak dari biasanya misalnya karena berkeringat, dan Anda tidak mengganti pengeluaran cairan tubuh tersebut dengan mengonsumsi cukup air putih.

2. Cuaca

Lingkungan ruangan yang dingin atau cuaca dingin juga dapat menjadi penyebab kenapa kulit kepala kering.  Kondisi cuaca yang kering ketika musim dingin juga akan turut mempengaruhi kondisi kulit yang menjadi kering termasuk kulit di kepala. Kulit kepala gatal membuat Anda perlu melakukan cara mengatasi kulit kepala gatal , cara menghilangkan busik di kulit kepala dan cara menghilangkan ketombe membandel.

3. Bahan kimia

Ekspos terhadap bahan kimia yang digunakan dalam produk perawatan rambut juga bisa menjadi penyebab kenapa kulit kepala kering. Misalnya, bahan kimia dari cat rambut, proses rebonding dan smoothing, bleaching, dan lain sebagainya. Produk – produk tersebut juga meninggalkan residu bahan kimia di kulit kepala dan membuat jaringan kulit menjadi sensitif. Penumpukan kotoran ini melemahkan folikel dan mengganggu lapisan asam di kulit kepala dan membuatnya menjadi rapuh.

4. Pemakaian produk rambut

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan penutup kepala seperti topi atau wig, hal tersebut juga dapat membuat kulit kepala kekurangan oksigen. Produk perawatan rambut berbahan sintetis seperti wig atau hair extention bisa mengandung bahan kimia yang keras dan juga alergen, plastik atau polimer, silikon, dan banyak lagi bahan beracun yang tidak jelas sumbernya.

5. Air panas

Sering keramas menggunakan air panas juga dapat menyebabkan kulit kepala Anda menjadi kering, karena air panas tersebut menarik kelembaban dari kulit. Jika Anda sering mandi air panas menggunakan shower, cara mengatasi kulit kepala kering adalah dengan mengusahakan agar rambut tidak terlalu sering terkena air panas tersebut. Anda bisa saja membungkus kepala dengan shower cap dan keramas menggunakan suhu air yang lebih rendah.

6. Keramas berlebihan

Mungkin Anda adalah orang yang memiliki aktivitas tinggi dan sering mengalami kulit kepala berkeringat sehingga mencuci rambut setiap hari. Akan tetapi, kebiasaan mencuci rambut berlebihan juga dapat menjadi pemicu kenapa kulit kepala kering. Sebab bahan kimia yang terkandung di dalam produk pencuci rambut akan mengeringkan kulit kepala apabila digunakan terlalu sering.

7. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi medis umum yang dapat menyebabkan kemerahan, kulit kepala pecah – pecah dan mengelupas dengan lapisan yang lebih tebal daripada ketombe, dan menjadi penyebab kulit kepala gatal, penyebab kulit kepala kering, dan penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Obat – obatan yang diresepkan seringkali diperlukan untuk mengontrol penyakit kulit ini. Orang yang mengalami psoriasis bisa juga menggunakan sampo yang mengandung coal tar atau salicylic acid dan minyak mineral sebagai perawatan kulit untuk membantu melembutkan dan menghilangkan sisik di kepala.

8. Pertambahan usia

Tidak dapat dipungkiri bahwa usia yang bertambah akan membuat kita kehilangan kadar kelembaban di kulit tubuh, termasuk di kulit kepala. Kenapa kulit kepala kering bisa juga disebabkan karena kulit Anda kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelembabannya akibat proses penuaan. Jika hal ini yang terjadi, Anda perlu mempertahankan kelembaban pada kulit tersebut dengan menjaga asupan air dan juga konsumsi buah – buahan serta sayuran yang banyak mengandung air .

9. Alergi

Reaksi tubuh terhadap produk rambut yang disebut alergi atau dermatitis kontak juga bisa menjadi alasan dari kenapa kulit kepala kering. Jika kulit Anda bereaksi terhadap zat tertentu, sebaiknya lakukan tes alergi sebelum menggunakan produk apapun pada rambut dan juga untuk menentukan apa tepatnya zat yang membuat kulit kepala menjadi kering. Setelah itu Anda bisa beralih kepada produk yang tidak mengandung bahan tersebut.

Jika Anda mengalami kulit kepala kering, gunakan sampo yang berbahan lembut dan kemudian gunakan kondisioner yang melembabkan. Salah satu cara untuk menentukan apakah Anda mengalami kulit kepala kering atau ketombe adalah dengan mengaplikasikan pelembab ringan ke kulit kepala sebelum tidur malam. Jika penyebabnya adalah kulit kepala kering, serpihan kulit kepala seharusnya hilang ketika Anda mandi keesokan paginya. Juga hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras, seperti pemutih dan alkohol yang bisa memicu kenapa kulit kepala kering.