10 Manfaat Garam Untuk Wajah Bopeng Yang Belum Diketahui

Garam merupakan mineral alami yang terdiri dari kristal natrium dan juga klorin. Dalam garam mengandung 40% natrium dan juga 60% klorin. Sebenarnya garam berwarna transparan, tidak berbau dan tidak berwarna. Namun karena terdapat kotoran pada mineral, maka ada banyak warna pada garam seperti putih, abu abu, pink, hitam dan coklat. Garam diperoleh dari 2 metode yakni penguapan air laut dan juga garam hasil penambangan bumi. Garam meja dan garam industri diperoleh dari pertambangan, sedangkan untuk garam gourmet diperoleh dari penguapan air laut. Garam tidak hanya memiliki manfaat untuk menambah rasa, membuat sabun dan juga industri kimia, namun ada banyak juga manfaat garam untuk wajah bopeng. Beberapa manfaat garam bagi wajah khususnya wajah bopeng akan kami ulas selengkapnya berikut ini.

  1. Menghambat Terbentuknya Komedo

Komedo merupakan jerawat ringan yang dikenal dengan komedo hitam dan komedo putih. Terbentuknya komedo disekresikan oleh kelenjar sebaceous yang dikenal dengan nama sebum kemudian dikombinasikan dengan sel kulit berlebih pada folikel kulit. Kombinasi keduanya ini akan menghambat folikel dan kemudian mengeras. Saat komedo ini keluar nantinya akan menyebabkan wajah bopeng. Kandungan yang terdapat dalam garam ini nantinya akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya komedo hitam dan putih pada wajah sehingga tampilan bopeng bisa dihindari. Cara menghilangkan komedo dengan garam bisa dilakukan memakai garam untuk scrub wajah khususnya area yang berkomedo.

  1. Menghaluskan Kulit Kasar

Untuk menghilangkan lapisan kulit kasar karena wajah bopeng, anda tidak lagi perlu membeli berbagai produk scrub yang berharga mahal. Anda bisa menggunakan manfaat garam untuk kulit dengan cara memijat area wajah yang bopeng secara teratur setidaknya 2 kali seminggu. Kandungan magnesium akan mengatasi retensi cairan sekaligus mengembalikan tekstur kulit yang bopeng dan juga menghaluskan kulit.

  1. Mengatasi Jerawat

Salah satu penyebab wajah bopeng adalah jerawat. Jerawat yang sudah mengeras kemudian dikeluarkan secara paksa nantinya akan menyebabkan wajah bopeng. Cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat bisa dilakukan dengan kandungan belerang dan potasium dalam garam akan membantu dalam proses sintesis oksigen sekaligus menjaga keseimbangan air pada kulit. Dengan ini, maka kotoran bisa diserap dengan baik sehingga jerawat bisa mengering dan tidak menyebabkan wajah terlihat bopeng. Selain itu, kalsium pada garam juga akan membersihkan pori pori sehingga bisa mengeluarkan kotoran serta racun dari kulit dan akhirnya jerawat bisa dicegah.

  1. Bertindak Sebagai Agen Detoksifikasi

Garam juga bertindak sebagai agen detoksifikasi alami yang akan menyerap racun dalam kulit. Dengan begitu, sel sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa diangkat seluruhnya sehingga sel kulit baru bisa tumbuh dan menutup wajah yang bopeng. Untuk mengaplikasikannya, gunakan air garam pada wajah sebelum mandi selama beberapa menit lalu mandi seperti biasa dan lakukan secara teratur.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Salah satu cara menutup bopeng dengan alami adalah dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Kandungan yang terdapat dalam garam ini bisa digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga akhirnya bopeng akan tersamarkan secara bertahap dengan pemakaian scrub garam secara teratur sebanyak 2 kali seminggu dan tidak perlu suntik vitamin C dan kolagen lagi.

  1. Memperbaiki Tekstur Kulit

Kalsium yang terkandung dalam garam berperan penting untuk mencegah terjadinya retensi air sekaligus meningkatkan sirkulasi darah menuju wajah. Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka area wajah mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk mengembalikan tekstur kulit yang bopeng hingga nantinya kembali seperti semula.

  1. Menyeimbangkan Kelembaban Kulit

Dalam garam juga mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan kelembaban pada kulit. Namun masih banyak orang yang beranggapan jika garam bisa mengeringkan kulit, namun sebenarnya garam sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Kelembaban kulit ini sangat penting untuk mencegah wajah bopeng khususnya garam laut mati yang mengandung mineral penting untuk mencegah wajah bopeng sekaligus cara melembabkan wajah yang kering dan kusam.

  1. Menjaga Keseimbangan Minyak Alami

Garam juga sangat berguna untuk menjaga keseimbangan minyak alami yang ada pada wajah dan garam sendiri sudah banyak digunakan dalam produk sabun untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah. Dalam garam mengandung konten superfat tinggi sehingga lapisan rusak pdaa kulit bisa dikelupas sekaligus memberikan gizi pada wajah sehingga lapisan kulit baru bisa muncul untuk menyamarkan bopeng pada wajah.

  1. Meningkatkan Produksi Fibrin

Bopeng merupakan peradangan yang merusak jaringan kulit, produksi dan juga struktur kolagen pada jaringan yang terganggu. Gangguan ini nantinya membuat kolagen dan fibrin pada area wajah yang bopeng semakin berkurang penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung. Tanpa hadirnya fibrin dan kolagen, maka jaringan parut dari bopeng yang dihasilkan dari jerawat meradang akan meresap ke dalam kulit dan akhirnya memperjelas tampilan bopeng pada wajah. Menggunakan garam secara rutin pada wajah bisa membantu dalam meningkatkan produksi fibrin.

  1. Mencegah Peradangan Lesi Jerawat

Saat komedo terbentuk pada wajah, maka bakteri mulai berkembang biak pada folikel yang tersumbat penyebab kulit keriput di usia muda. Sistem kekebalan tubuh nantinya akan membawa sel darah putih menuju daerah tersebut untuk melawan infeksi yang terjadi. Saat sel darah putih terbentuk, maka nanah juga akan ikut terbentuk sehingga nanah, kombinasi sebum, bakteri dan juga sel darah putih akan masuk di kulit sekitarnya yang kemudian menimbulkan peradangan dan keluar lalu membentuk bopeng pada wajah. Kandungan magnesium kalsium dan beberapa mineral penting dalam garam akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga peradangan bisa dicegah sekaligus mencegah terjadinya wajah bopeng.

Ternyata, ada begitu banyak manfaat garam untuk wajah bopeng, jerawat, komedo sekaligus mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan dengan menggunakan air garam dan juga scrub garam. Agar hasilnya bisa maksimal, gunakan garam dengan teratur serta tambahkan beberapa bahan alami lain yang bisa menutup area bopeng seperti lidah buaya, susu dan bahan alami lainnya.