6 Manfaat Masker Timun Untuk Wajah Agar Tetap Awet Muda

Timun atau mentimun adalah jenis tanaman menjalar yang menghasilkan buah. Disajikan sebagai sayur, buah segar, atau juga dalam bentuk lain, seperti acar, sebagai pelengkap makanan. Buah yang dalam bahasa ilmiah disebut Cucumis Sativus ini memang sudah tidak diragukan lagi kasiatnya. Dengan hampir 95 % air di dalam buah, timun menyimpan kandungan vitamin yang cukup komplit. Vitamin A, B1, B2, C, dan K. Timun juga mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Buah ini juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih, karena mengandung berbagai jenis mineral yang bermanfaat bagi perawatan kulit wajah.

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah

Apa saja manfaat mentimun untuk wajah? Dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, timun sangat cocok dijadikan masker pada wajah. Vitamin dan mineral yang diserap melalui pori-pori kulit bermanfaat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Adapun manfaat-manfaat masker timun untuk wajah, sebagai berikut:

  1. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Apa Anda tahu cara mencerahkan kulit wajah secara alami? Gunakan masker timun. Manfaatnya secara alami mencerahkan wajah sudah banyak diketahui orang, khususnya para wanita yang akhir-akhir ini marak memanfaatkan perawatan herbal ini. Kandungan anti oksidan dan silika pada timun akan menyerap minyak berlebih dari pori-pori kulit wajah yang membuat wajah tampak lebih putih dan cerah hingga pada bagian kulit lingkaran mata. Untuk itu disarankan agar Anda menggunakan masker timun secara rutin dan teratur, minimal 1 kali dalam 1 hari.

  1. Mengangkat komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat tentu mengganggu dan kadang juga membuat Anda kurang percaya diri dan bahkan sering menarik diri dari pergaulan. Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami? Untuk menjawab ini, Anda perlu menggunakan masker timun untuk wajah. Dengan efek anti-inflamasi, parutan timun mampu mencegah dan mengangkat komedo dan jerawat. Gunakan secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Melembabkan kulit wajah

Tingginya kandungan air dalam buah timun menghasilkan hidrating dan pelembab alami yang sangat unik. Lalu bagaimana cara melembabkan wajah yang kering dan kusam? Jawabanya adalah timun. Masker mentimun yang dioleskan secara merata membuat wajah menjadi lembab dan tidak kering. Selain itu kandungan potasium di dalamnya mencegah kulit kering dan kusam. Dalam hal ini disarankan agar Anda menggunakan masker timun 1 kali dalam satu hari.

  1. Mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah

Masker timun mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada pori-pori wajah karena timun mengandung asam amino dan mineral. Sel kulit mati yang terendap dalam pori-pori bisa menyebabkan wajah menjadi kasar dan jerawat. Agar bisa maksimal manfaatnya maka disarankan kepada Anda agar menggunakan masker timun 1 kali dalam satu hari.

  1. Mencegah iritasi kulit wajah akibat terpapar sinar matahari

Masker timun bermanfaat mencegah iritasi akibat paparan sinar matahari, seperti menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Ini disebabkan efek dingin dalam buah mentimun yang diserap pori-pori kulit wajah, memperkecil pori-pori dan meminimalisir panas matahari. Selain itu, kandungan Vitamin C dan Biotin di dalamnya mampu menetralisir radikal bebas. Disarankan kepada Anda agar menggunakan masker timun sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan.

  1. Mencegah penuaan dini pada wajah

Bagaimana cara mencegah penuaan dini pada wajah? Jawabanya adalah dengan menggunakan masker timun pada wajah yang dilakukan secara rutin, 2-3 kali dalam seminggu, maka niscaya kulit wajah kita akan tampak lebih muda. Hal ini disebabkan timun mengandung silika yang bermanfaat sebagai anti kerut yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan masker timun untuk wajah. Demi kecintaan kita terhadap kulit wajah yang sehat, maka masker timun perlu menjadi alternatif perawatan alami yang baik bagi kulit wajah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.