5 Masker Alami Untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah Paling Ampuh

Bruntusan menjadi salah satu masalah wajah yang bisa sangat merepotkan, karena selain dapat mengganggu penampilan juga bisa menyebabkan stress akibat susah untuk dihilangkan. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab muka bruntusan kecil kecil baik karena kesalahan maupun efek samping penggunakan skincare atau make up, paparan llingkungan yang tidak sehat dan masih banyak lagi.

Di samping menggunakan skincare yang belum pasti cocok di kulit wajah, untuk mengatasi bruntusan di wajah sebaiknya menggunakan bahan bahan alami yang bisa diracik sendiri di rumah. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai masker alami untuk menghilangkan bruntusan yang bisa diracik dan dibuat sendiri di rumah. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Masker madu dan telur

Kandungan di dalam madu dikenal ampuh untuk menghaluskan kulit, sedangkan putih telur ampuh untuk mengelupaskan kulit mati dan merangsang proses regenerasi kulit wajah. Kedua kombinasi ini ampuh sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan digunakan sebagai masker. Cara menggunakannya juga sangatlah mudah, yaitu cukup dengan dengan mencampurkan madu dan putih telur yang berasal dari unggas tanpa obat.

2. Masker pepaya dan minyak zaitun

Cara mengatasi muka bruntusan alergi ataupun iritasi selanjutnya juga bisa dengan memanfaatkan pepaya dan minyak zaitun. Di mana kombinasi kedua bahan ini dapat menghaluskan kulit wajah sekaligus dapat membersihkan bruntusan dengan banyaknya kandungan vitamin di dalamnya. Cara membuat masker pepaya dan minyak zaitun ini adalah dengan cara menumbuk pepaya lalu mencampurkannya dengan minyak zaitun secukupnya sebelum dioleskan merata ke seluruh wajah.

3. Masker tepung beras

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tepung beras. Bisa menggunakan tepung beras siap pakai ataupun dengan cara menumbuk beras sampai benar benar halus. Di dalam beras terkandung banyak mineral dan vitamin C, yang bisa memicu mengempeskan bruntusan. Juga dapat sekaligus membuat kulit wajah menjadi lebih mulus, cerah dan bebas dari noda hitam. Untuk mengencerkannya, bisa dengan menggunakan susu cair ataupun air mawar agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

4. Masker pisang dan yoghurt

Masker bruntusan selanjutnya adalah dengan menggunakan manfaat pisang untuk kulit dan mencampurkannya dengan yoghurt. Di mana buah pisang memiliki kandungan kolagen dan bisa mengurangi minyak di wajah yang bisa memperparah bruntusan yang dialami. Di samping itu, yoghurt juga dipercaya bisa memperbaiki tekstur kulit agar lebih baik lagi karena memiliki kandungan zinc dan kalsium yang baik untu menutrisi kulit. Caranya cukup dengan menghaluskan satu buah pisang berukuran sedang, lalu mencampurkannya dengan dua sendok yoghurt.

5. Masker jeruk nipis atau lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah jeruk nipis atau jeruk lemon. Untuk mendapatkan manfaat buah jeruk nipis untuk wajah, bisa dengan memanfaatkan sari atau air perasannya. Di mana di dalam sarinya terkandung vitamin C yang tinggi, juga memiliki khasiat sebagai eksfoliator. Sehingga dapat membantu peremajaan kulit, juga bisa mengangkat penyumbatan pori pori kulit wajah dari kotoran ataupun minyak yang menjadi penyebab munculnya bruntusan.

Masker ini bisa digunakan 2-3 kali dalam seminggu agar bruntusan bisa diatasi dengan lebih optimal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.