7 Penyebab Muka Bruntusan Kecil – Kecil dan Cara Mengatasinya

Memiliki kulit wajah yang mulus sangat penting bagi para wanita, namun ada kalanya menjaga kulit wajah tetap mulus merupakan suatu hal yang menantang karena di kulit wajah kerap muncul bruntusan kecil – kecil. Bruntusan kerap kali muncul di wajah ketika sangat tidak diharapkan, walaupun Anda sudah melakukan segala cara untuk merawat dan membersihkan wajah dengan benar. Walaupun muncul sebagai suatu gangguan yang tidak diharapkan, bruntusan tidak muncul mendadak begitu saja.

Jerawat atau bruntusan yang muncul bisa menjadi petunjuk yang jelas untuk kesehatan dan kebersihan seseorang. Terkadang bruntusan ini muncul hanya berupa satu atau dua titik kecil, tapi ada pula yang muncul dalam jumlah banyak dan mengelompok di beberapa area wajah seperti dahi, hidung, dagu, dan pipi. Dengan kata lain, salah satu bentuk jerawat ini muncul di daeraBruntusan juga kadang terasa gatal atau panas sehingga menimbulkan keinginan menggaruk, dan terbentuk ketika pori – pori wajah tersumbat minyak, kotoran, dan juga sel – sel kulit mati yang tertinggal.

Mengapa Wajah Bruntusan

Seringkali penyebab muka bruntusan kecil – kecil sulit ditelusuri dengan pasti mengenai apa yang menyebabkannya secara khusus, namun dalam banyak kasus bruntusan tersebut muncul karena beberapa penyebab berikut ini:

1. Kebersihan wajah yang kurang baik

Muka bruntusan kecil – kecil bisa terjadi jika Anda malas membersihkan wajah secara teratur, tidak membersihkan wajah secara tuntas atau menggunakan pembersih wajah yang tidak cocok. Semua kesalahan dalam membersihkan wajah dan memilih produk pembersih akan menyebabkan wajah menjadi bruntusan karena penumpukan kotoran dan sisa pembersih serta kosmetik di pori – pori wajah. Gunakan facial wash untuk wajah bruntusan atau produk wardah untuk wajah bruntusan.

2. Tidak melakukan transisi ketika beralih produk

Ada saatnya Anda mungkin ingin mengganti produk perawatan atau kosmetik dan alat kecantikan yang digunakan. Yang kurang disadari oleh banyak wanita adalah bahwa ketika mengganti produk yang sering digunakan pada wajah, perlu dilakukan masa transisi yang layak. Gunanya adalah untuk memberikan waktu pada kulit wajah agar terbiasa lepas dari produk lama dan beradaptasi dengan produk baru. Anda perlu memberikan jeda waktu selama beberapa hari dari penghentian produk lama sebelum menggunakan produk baru.

3. Reaksi Alergi

Muka bruntusan kecil – kecil juga bisa Anda alami sebagai reaksi alergi pada kulit wajah. Alergi akan menjadi penyebab wajah bruntusan terus menerus jika sumber alerginya tidak segera ditemukan. Selain muka bruntusan alergi, reaksi juga bisa muncul di area tubuh lainnya. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat dari alergi makanan, kosmetik, debu, obat, dan lain sebagainya.

4. Alat make up yang kotor

Kebersihan alat make up sering diabaikan oleh para penggunanya, yang menganggap alat make up tersebut tidak perlu dibersihkan. Padahal kuas make up yang tidak dibersihkan secara rutin membuatnya rentan terhadap bakteri, yang akan menyebabkan muka bruntusan kecil – kecil. Bruntusan ini bisa jadi timbul karena bekas – bekas make up yang tidak dibersihkan.

5. Makanan

Apa yang kita konsumsi biasanya akan langsung menunjukkan efeknya pada tubuh. Sejauh ini telah terbukti bahwa makanan pedas dan berminyak menjadi cara yang cepat untuk menaikkan kadar bruntusan di wajah, oleh karena itu hindarilah. Menghindari makanan berminyak dan pedas bisa menjadi cara mencegah timbulnya bruntusan di wajah.

6. Perubahan hormon

Naik turunnya tingkat hormon di tubuh wanita menjadi penyebab umum  timbulnya bruntusan di wajah. Biasanya ketidak seimbangan hormon terjadi pada masa remaja, melahirkan, menstruasi, pemakaian alat kontrasepsi, atau menopause. Muka bruntusan kecil – kecil juga bisa disebabkan karena jenis kulit yang berminyak, sehingga mudah menarik kotoran dan debu serta kelebihan minyak yang menyumbat pori – pori.

7. Konsumsi obat – obatan

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu, muka bruntusan kecil – kecil juga bisa dialami sebagai salah satu efek sampingnya. Bila ini terjadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya atau kemungkinan mengganti pengobatan dengan yang lebih cocok dan tidak menimbulkan efek samping negatif terhadap kulit wajah.

Cara Mengatasi Bruntusan

Untuk menghilangkan muka bruntusan kecil – kecil, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai cara mencegah dan mengatasi bruntusan, antara lain:

  • Melakukan perawatan wajah yang rutin dan teratur dengan membersihkan wajah dua kali sehari, tidak menyentuh bagian wajah yang sedang bruntusan, dan memilih produk perawatan yang tepat serta sesuai untuk kulit wajah Anda. Anda dapat melakukan facial untuk wajah bruntusan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah.
  • Mengecek komposisi atau formula bahan – bahan yang terkandung di dalam produk perawatan yang digunakan. Jangan lupa pula untuk menghapus make up yang dipakai sebelum tidur malam, dengan gerakan yang lembut dan tidak menggosok wajah keras – keras.
  • Hentikan penggunaan produk make up jika mengalami bruntusan selama menggunakannya. Gunakan pelembab yang cocok untuk wajah bruntusan dan salep untuk bruntusan gatal di wajah.
  • Selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum menyentuh wajah, dan hindari untuk memegang – megang atau memencet bagian wajah yang bruntusan untuk berusaha melakukan cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.
  • Menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang sesuai setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan.
  • Melakukan manfaat eksfoliasi wajah sekitar dua sampai tiga kali dalam waktu satu minggu.

Muka bruntusan kecil – kecil bisa Anda atasi dengan memperhatikan apa saja penyebabnya dan juga cara mengatasinya. Selain itu, perubahan gaya hidup juga perlu Anda lakukan agar mendapatkan efek yang menyeluruh dari cara mengatasi bruntusan. Kebiasaan merokok dan minum alkohol serta kurang tidur juga akan turut menyebabkan kondisi tubuh tidak prima, sehingga kesehatan kulit juga akan terkena imbasnya. Tidak hanya dibutuhkan perawatan wajah saja untuk memastikan wajah mulus tanpa masalah, namun juga dibutuhkan perawatan tubuh menyeluruh yang akan turut memelihara keseluruhan kesehatan sistem tubuh yang akan terlihat dari kondisi kulit Anda.