7 Tahap Facial Untuk Wajah Bruntusan yang Cocok

Merawat kulit yang bermasalah merupakan suatu hal yang terkadang membuat frustrasi. Tidak ada wanita yang ingin wajahnya tampak tidak mulus, terlebih lagi jika bruntusan apalagi berjerawat. Masalah kulit wajah seperti bruntusan saja sudah cukup membuat wanita merasa kurang percaya diri, karena wajahnya terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Kulit wajah yang mudah berjerawat biasanya memiliki banyak faktor penyebab, antara lain karena pemakaian produk kecantikan yang tidak cocok, hormon, genetika, bakteri, stress, dan lain sebagainya.

Sebabnya karena ada saat dimana bruntusan atau jerawat tidak mau hilang walaupun Anda sudah mengerahkan usaha terbaik untuk mengatasinya apabila tidak dapat menemukan metode yang tepat. Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat, antara lain melalui facial yang dilakukan di klinik kecantikan yang kompeten. Facial merupakan suatu kelompok tindakan yang dilakukan oleh seorang ahli kecantikan untuk menghilangkan sel kulit mati dan menghilangkan sumbatan pada pori – pori di wajah, juga salah satu dari macam – macam perawatan wajah di salon kecantikan. Jenis perawatan wajah di salon ini kebanyakan tersedia di klinik mana saja, namun metode yang digunakan akan bervariasi.

Tahapan Facial Untuk Bruntusan

Facial merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi masalah wajah bruntusan, karena dapat memberi Anda beberapa keuntungan tertentu daripada metode lainnya. Metode yang digunakan adalah facial untuk jerawat, karena pada dasarnya bruntusan adalah salah satu bentuk jerawat. Sebelum melakukan facial untuk wajah bruntusan, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan seperti mengisi formulir data pribadi agar dapat diketahui kondisi kesehatan dan kulit Anda sebelumnya, juga berganti baju dengan baju khusus untuk facial. Langkah – langkah facial untuk wajah bruntusan pada umumnya adalah:

1. Deep Cleansing

Anda mungkin datang dengan menggunakan make up lengkap atau tanpa make up sama sekali, namun langkah pertama tetap sama yaitu membersihkan wajah hingga tuntas. Leher, dada dan bahu Anda biasanya juga akan turut dibersihkan. Setelah pembersihan pertama, kulit wajah akan dibersihkan kembali untuk memastikan semua jejak kotoran, minyak, dan make up dapat dihilangkan.

2. Penguapan

Mesin uap khusus untuk wajah akan meniupkan uap hangat ke wajah selama beberapa menit. Walaupun banyak orang berpikir bahwa uap bertujuan untuk membuka pori – pori, namun itu bukanlah kenyataannya. Pori – pori tidak membuka dan menutup, akan tetapi uap sebenarnya melembutkan pori sehingga mudah untuk mengeluarkan materi apapun yang menyumbatnya. Jika uap terlalu hangat untuk Anda, beri tahu ahli kecantikan untuk menyesuaikan suhunya agar lebih nyaman. Manfaat penguapan wajah setiap hari memang dapat mengeluarkan kotoran dengan efektif dari kulit wajah, namun ada juga efek samping uap air panas untuk wajah yang bisa mengeringkan jika dilakukan secara berlebihan.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan langkah yang penting dalam setiap facial khususnya pada metode facial untuk wajah bruntusan. Manfaat eksfoliasi  wajah akan mengelupas lapisan atas kulit, yang akan menghilangkan sumbatan pori dan membantu minyak mengalir secara alami melalui folikel dan menghindari breakout lagi. Ada banyak pilihan cara eksfoliasi, mulai dari scrub sederhana hingga mikrodermabrasi dan  prosedur chemical peeling. Pengelupasan menggunakan asam salisilat umum digunakan pada facial untuk wajah bruntusan.

Jenis prosedur manfaat eksfoliasi wajah yang digunakan tergantung kepada tipe kulit wajah Anda dan juga pengobatan jerawat yang sedang dilakukan. Misalnya, jika Anda menggunakan krim retinoid atau isotretinoin, maka ahli kecantikan akan melakukan eksfoliasi dengan sangat lembut atau tidak sama sekali. Sebabnya karena pengobatan ini sudah merupakan eksfoliator hebat untuk kulit.

4. Ekstraksi

Sesi ekstraksi mungkin yang paling ingin dihindari oleh orang yang sedang melakukan facial, karena seringkali tidak nyaman. Tetapi, sesi ini juga salah satu yang paling membantu. Komedo akan dibersihkan secara manual dari pori kulit Anda, dengan menggunakan comedo extractor, pinset atau alat lainnya. Jika dilakukan dengan benar, proses ekstraksi tidak akan menyakitkan. Jika Anda merasa sakit, itu pertanda proses ekstraksi tidak dilakukan dengan benar. Jangan ragu untuk memberi tahu ahli kecantikan Anda jika rasa sakit itu dirasakan.

5. Pemakaian Masker

Masker sulfur sering digunakan pada facial untuk wajah bruntusan karena bisa membantu membersihkan jerawat. Untuk kulit yang sangat berminyak, masker clay yang menyerap minyak mungkin juga digunakan, atau masker yang menenangkan untuk wajah yang meradang. Sementara masker dipasang, biasanya Anda akan dipijat di area leher dan bahu, atau area tangan dan lengan.

6. Pemakaian Toner

Ketika masker dibersihkan, pemakaian toner atau astringent dibubuhkan di seluruh kulit. Astringent digunakan untuk menghilangkan kelebihan minyak di kulit, meninggalkan kulit terasa segar dan matte, seringkali mengandung alkohol. Sementara toner lebih cocok  untuk ciri – ciri kulit sensitif atau kulit kering, dan mengandung hanya sedikit atau tidak ada alkohol sama sekali.

7. Pelembab dan Tabir Surya

Pelembab oil free dan non komedogenik serta ringan akan diaplikasikan di seluruh wajah, leher dan dada. Tabir surya juga suatu keharusan untuk segala jenis kulit, wajib dipakai setiap hari untuk melindungi kulit dari penuaan dini, noda hitam dan warna kulit tidak seimbang, juga mencegah kanker kulit.

Facial untuk wajah bruntusan adalah cara yang bagus untuk merawat diri Anda sendiri dan dalam beberapa kasus, facial jerawat dapat membantu memelihara kulit yang bersih. Akan tetapi facial saja tidak dapat menghilangkan bruntusan atau jerawat dari kulit Anda, jadi Anda tetap perlu melakukan perawatan untuk kulit berjerawat. Facial ini akan efektif untuk jerawat ringan seperti bruntusan, namun tidak dapat membantu banyak untuk jerawat sedang atau parah yang harus dirawat oleh dokter kulit ahli dengan obat – obatan yang diresepkan. Bahkan, facial untuk kondisi jerawat yang parah sangat tidak disarankan karena dapat memperburuknya.