11 Makanan Yang Membuat Rambut Lebat dan Sehat

Rambut yang kuat dan berkilau menjadi impian hampir semua orang tetapi tidak semuanya bisa mendapatkan rambut tersebut. Pertumbuhan rambut seringkali dikaitkan dengan masalah genetika, misalnya jika gen Anda cenderung memiliki rambut tipis maka memang seperti itulah rambut yang akan dimiliki. Faktor lain yang berasal dari lingkungan dan gaya hidup juga akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Akan tetapi untuk mendapatkan rambut yang tebal bukannya hal yang mustahil. Dengan usaha yang tepat, rambut Anda akan menjadi lebat dan sehat.

Sangat penting untuk melakukan berbagai perawatan untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, tetapi penting juga untuk memperhatikan asupan makanan Anda. Kondisi rambut akan mencerminkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Setiap helai rambut terbuat dari sel yang mengandung protein bernama keratin yang harus diberi nutrisi secara konstan dengan mineral dan vitamin agar tetap tumbuh dengan baik. Untuk itu Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat, makanan yang membuat rambut lebat dengan mencukupi kebutuhan – kebutuhan nutrisi untuk tubuh, terutama rambut.

1. Mengonsumsi telur

Rambut terbuat dari protein, maka sangat penting untuk memastikan bahwa pola makan Anda mencakup protein yang cukup. Protein adalah zat pembentuk rambut dan telur adalah salah satu sumber protein alami yang bisa didapatkan. Manfaat telur untuk rambut akan menjadi cara menyuburkan rambut yang membuat rambut tumbuh lebih sehat dan lebat.

2. Sayuran hijau

Bayam serta sayuran berdaun hijau gelap lainnya menyediakan kebutuhan zat besi dalam tubuh manusia sebagai cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok. Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh sel rambut. Faktanya, kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan rambut rontok. Ketika tubuh kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak akan sampai ke akar rambut dan folikel secara merata sehingga bisa menghambat pertumbuhan dan membuat helai rambut menjadi lemah. Akibatnya, rambut akan terlihat tipis.

3. Buah Jeruk

Buah – buahan citrus akan menyediakan kebutuhan vitamin C pada tubuh yang berguna untuk menyerap zat besi. Para ahli gizi merekomendasikan bahwa satu buah jeruk nipis per hari sudah cukup untuk mendapatkan dosis harian vitamin C. Vitamin C juga dibutuhkan untuk produksi kolagen yang membuat pembuluh kapiler terhubung dengan helaian rambut yang kuat dan memastikan asupan nutrisi secara teratur dan pertumbuhan rambut yang cepat.

4. Kacang – kacangan dan biji – bijian

Asam lemak omega 3 akan menutrisi rambut dan menjadi makanan yang membuat rambut lebat. Tubuh manusia tidak dapat memproduksinya, maka Anda perlu mendapatkannya dari menu makanan sehari – hari. Almond dan walnut mengandung asam lemak omega 3 tinggi, begitu juga biji rami yang bisa menjadi cemilan sehat diantara waktu makan yang dapat mensuplai lemak esensial pada rambut Anda sebagai cara merawat rambut tebal dan kering.

5. Whole Grains

Whole grains kaya akan biotin sebagaimana zat besi, zinc dan vitamin B. Biotin diperlukan untuk proliferasi dan memainkan peranan penting dalam memproduksi asam amino atau protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Mengonsumsi makanan yang tepat akan menjadi cara melebatkan rambut secara alami dalam 1 minggu.

6. Mengonsumsi Wortel

Meminum jus wortel setiap hari sebagai makanan yang membuat rambut lebat akan mempercepat pertumbuhan rambut juga. Rambut mengandung jaringan yang tumbuh dengan cepat, sehingga membutuhkan vitamin A untuk kesehatan setiap selnya. Vitamin A juga akan membantu produksi sebum alami di kulit kepala yang akan memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambutnya menjadi lebat.

7. Mengonsumsi Alpukat

Vitamin E akan memperbaiki sirkulasi darah dan membantu folikel untuk bekerja lebih efisien akan pertumbuhan rambut. Manfaat alpukat untuk rambut rontok dari kandungan vitamin E juga akan membantu menyeimbangkan tingkat keasaman kulit yang dapat menyumbat folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut.

8. Daging tanpa lemak

Protein dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut dalam jumlah yang lebih banyak dari nutrisi lainnya. Daging tanpa lemak dapat memberikan protein yang cocok untuk keperluan pertumbuhan rambut. Protein akan membantu pembentukan keratin dengan mendorong pertumbuhan folikel rambut sehingga menjadi cara menebalkan rambut tipis karena faktor genetik.

9. Ikan berlemak

Ikan beserta makanan laut yang lain juga mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan rambut dan juga untuk memperbaiki folikel rambut. Sangat penting untuk pertumbuhan rambut, terutama lemak omega 3 yang akan meningkatkannya. Selain itu ikan juga mengandung protein, vitamin B dan D3. Ikan yang mengandung banyak asam lemak omega 3 adalah salmon, herring dan sarden.

10. Cokelat

Coklat dan bubuk kakao dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena mengandung zinc yang dapat mengontrol produksi minyak di rambut. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala akan mendukung pertumbuhan rambut dan merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga rambut akan semakin lebat dan kuat. Anda juga bisa mencoba cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya dan cara membuat rambut panjang dan tebal dengan bawang merah.

11. Ubi

Ubi adalah sumber yang sangat baik untuk beta karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Ubi berukuran sedang mengandung beta karoten yang cukup untuk menyediakan lebih dari empat kali kebutuhan harian vitamin A Anda. Para peneliti telah menunjukkan bahwa vitamin A mendorong produksi sebum, yang akan menjaga rambut tetap sehat, mempercepat pertumbuhan sehingga rambut menjadi lebih lebat, juga mencegah folikel rambut lain dari kerusakan.

Apa yang Anda makan bisa membawa efek yang besar pada kondisi rambut. Kekurangan nutrisi yang tepat seperti vitamin A, C, D dan E, zinc, Vitamin B kompleks, zat besi, biotin, protein dan asam lemak esensial akan memperlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan rambut rontok. Jika Anda merasa kekurangan nutrisi – nutrisi tersebut, cobalah konsumsi makanan yang membuat rambut lebat ke menu makanan sehari – hari.