6 Makanan Penghitam Rambut Secara Alami

Rambut putih atau uban dikenal sebagai salah satu tanda penuaan, yang bisa dialami secara normal ketika usia bertambah atau terjadi karena penuaan dini. Seperti kulit, rambut juga mengandung zat yang bernama melanin. Rambut berubah menjadi putih ketika melanin yang memberikan pigmen pada rambut berkurang. Produksi melanin yang berkurang ini terjadi ketika orang – orang bertambah usia. Ada dua macam melanin yang menentukan warna rambut, yaitu eumelanin yang memproduksi rambut berwarna hitam atau coklat dan pheomelanin yang membuat rambut berwarna kuning atau merah.

Penyebab rambut beruban lainnya termasuk stres, penyakit, minum teh berlebihan, kopi dan alkohol, makan terlalu banyak gorengan, makanan berminyak, pedas, asam. Menjaga rambut agar tetap hitam memang tidak mudah terutama ketika kita berusia diatas 30 tahun, tetapi bukannya tidak mungkin dilakukan. Untuk mengembalikan produksi melanin yang hilang atau rusak dapat dilakukan dengan pola makan yang sehat. Anda perlu mengonsumsi makanan sehat berupa makanan penghitam rambut berikut ini untuk mencegah uban dan mengembalikan rambut hitam Anda.

1. Makanan mengandung vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam menjaga sistem saraf agar tetap normal dan juga berperan dalam pembentukan informasi genetik berupa DNA serta RNA, produksi sel darah merah yang dilakukan bersama asam folat atau vitamin B9. Kekurangan vitamin B12 dalam jumlah besar bisa menyebabkan anemia pernisiosa. Remaja dan orang dewasa setiap hari membutuhkan sekitar 2,4 mikrogram vitamin B12. Seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B12 akan menurun sehingga tubuh beresiko kekurangan vitamin, terutama jika berusia diatas 50 tahun. Makanan yang mengandung vitamin B12 untuk cara membuat rambut hitam dan lurus adalah telur, organ dalam ayam dan sapi seperti hati atau ginjal, dan kerang.

2. Makanan mengandung vitamin B9

Vitamin B9 akan membantu vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah dan juga penting untuk memproduksi metionin, asam lemak yang penting untuk warna rambut. Kekurangan vitamin B9 bisa menyebabkan rambut beruban terlalu dini, dan cara menghitamkan rambut adalah dengan mencukupi konsumsi vitamin B9. Makanan penghitam rambut yang bisa Anda konsumsi adalah yang mengandung vitamin B9 yaitu bayam, buncis, kacang – kacangan, asparagus, nasi putih, sereal dan pasta.

3. Makanan mengandung  tembaga, zinc dan zat besi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengalami uban lebih awal memiliki kandungan  zat besi dan tembaga yang rendah. Tembaga dibutuhkan untuk membantu kerja berbagai enzim dalam tubuh sementara zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan kedua mineral ini akan membuat rambut mudah beruban. Kekurangan zinc akan membuat rambut mudah rontok. Makanan penghitam rambut yang mengandung tembaga adalah hati ayam atau sapi, kuning telur, tiram, kerang, kacang mede, hazelnut, almond dan lentil. Sedangkan makanan penghitam rambut yang mengandung  zat besi banyak terdapat pada daging sapi, bayam dan lentil. Makanan yang menyuburkan rambut untuk cara mencegah rambut rontok parah mengandung zinc adalah daging merah, ayam, udang, kerang, keju dan sayuran hijau.

4. Makanan mengandung vitamin A dan B

Vitamin A dapat mencegah uban dan ditemukan dalam sayuran berdaun hijau gelap dan buah – buahan berwarna kuning. Vitamin B dapat ditemukan pada sayuran hijau segar, pisang, tomat, gandum, yogurt, yang akan membantu tubuh memproduksi sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami. Anda juga bisa mencoba cara menghitamkan rambut dengan kulit kentang, cara membuat semir rambut dari biji pepaya dan manfaat ampas kopi untuk rambut sebagai pewarna rambut alami.

5. Makanan mengandung protein

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti biji – bijian, daging dan kedelai akan membantu produksi melanin. Kekurangan protein pada tubuh dapat mengakibatkan kehilangan warna rambut. Makanan yang tinggi protein antara lain adalah bayam, soba, jawawut, oat dan quinoa.

6. Makanan yang mengandung asam folat

Kebutuhan akan asam folat umumnya dihubungkan dengan wanita hamil tetapi juga bisa terkait dengan rambut yang lebih sehat. Kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan uban yang terlalu dini. Anda dapat mengonsumsi makanan penghitam rambut yang mengandung asam folat seperti brokoli, asparagus, buncis, kacang polong dan lentil.

Pantangan yang harus diperhatikan

Untuk mendapatkan rambut hitam bebas dari uban, tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan penghitam rambut saja. Anda juga perlu menghindari hal – hal yang dapat memicunya agar pola hidup Anda tetap sehat. Beberapa hal yang perlu dihindari agar rambut tidak beruban yaitu:

  • Pemanis buatan – Mengonsumsi gula halus sebagai pemanis buatan akan mempercepat proses penuaan dan membuat rambut menjadi lebih cepat beruban.
  • Jangan merokok – Rokok sudah pasti akan mempercepat proses penuaan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan hubungan langsung antara merokok dan uban sebelum usia 30 tahun.
  • Mendapatkan sinar matahari – Folikel rambut mengandung vitamin D didalamnya yang dapat memulihkan rambut yang beruban. Dengan berjemur di bawah sinar matahari selama maksimal 20 menit per hari akan meningkatkan kandungan vitamin D tersebut. Lakukan pada pagi hari ketika sinar matahari belum terlalu intens.

Rekomendasi makanan penghitam rambut diatas akan membantu Anda untuk mendapatkan rambut yang lebih hitam dan sehat, bebas dari uban yang membuat Anda lebih tua sebelum waktunya. Pastikan bahwa Anda mendapatkan makanan dari sumber yang baik, yang tidak mengandung bahan pengawet atau pestisida yang akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Jika memungkinkan, makanan organik atau hewan yang diberi makan secara organik akan sangat bagus bagi kesehatan rambut dan tubuh Anda secara keseluruhan.