15 Cara Merawat Rambut Tebal dan Kering Paling Mudah dan Ampuh

Memiliki rambut yang tebal dan kering seringkali membuat para wanita bingung mengatasinya sehingga sampai membutuhkan perawatan tambahan yang tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit. Penyebab umum dari masalah rambut ini adalah penggunaan hair dryer atau catokan terlalu sering, salah sampo, stress, polusi dan juga terlalu sering terpapar sinar matahari. Apabila anda adalah salah satu wanita yang memiliki masalah serupa, anda bisa coba beberapa cara merawat rambut tebal dan kering yang akan kami bagikan berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Gunakan Produk Protein Tinggi dan Ceramides

Perawatan yang dibutuhkan rambut tebal dan kering adalah lebih mempertahankan kelembapan. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung protein tinggi dan juga ceramides untuk menghidrasi rambut. Hindari keramas dengan air panas sebab akan meningkatkan kekeringan pada rambut dan menghilangkan kelembapan alami. Selain itu, hindari juga untuk terlalu sering keramas yang akan menghilangkan kandungan minyak alami rambut anda.

  1. Kurangi Penggunaan Sampo

Sampo seringkali akan memperburuk kesehatan rambut yakni menghilangkan lapisan minyak di setiap helai rambut. Kurangi atau bahkan hindari penggunaan sampo menjadi langkah terbaik untuk merawat rambut tebal dan kering. Setidaknya, gunakan shampo0 hanya sekali atau dua kali seminggu dan gunakan jenis sampo yang lembut serta terapkan juga kondisioner pada ujung rambut setiap selesai keramas.

  1. Sisir Rambut Selagi Basah

Apabila anda menyisir atau menyikat rambut disaat rambut hampir atau bahkan sudah mengering seluruhnya, maka tampilan rambut akan terlihat kering dan juga keriting tidak beraturan. Sebaiknya, sisir rambut selagi masih basah dan pilih sisir yang bergigi renggang atau lebar.

  1. Perbaiki Teknik Mengeringkan Rambut

Salah satu cara umum yang dilakukan untuk mengeringkan rambut sesudah keramas adalah memakai handuk. Namun, sebaiknya jangan mengeringkan rambut dengan cara digosok memakai handuk terlalu sering sebab akan membuat tampilan rambut menjadi keriting, mengembang dan terlihat kering. Gunakan handuk berbahan microfiber dan usapkan secara lembut dan jangan diperas atau digosok terlalu kasar.

  1. Keramas Dengan Air Dingin

Saat mencuci rambut, hindari penggunaan air panas atau hangat saat membilas. Air hangat dan panas hanya akan membuat rambut terlihat semakin kering dan mengembang tidak beraturan. Selain itu, air panas juga akan menghilangkan nutrisi penting yang terkandung di dalam rambut. Pakailah air dingin saat keramas dan tambahkan dengan pijatan lembut di kulit kepala supaya peredaran darah di kulit kepala bisa berjalan dengan baik.

Artikel terkait:

  1. Gunakan Sampo Rambut Kering

Rambut tebal dan kering terkadang akan terlihat semakin mengembang yang bisa terjadi karena salah pemilihan sampo. Gunakan sampo yang mengandung vitamin E atau madu atau memiliki label anti frizz yang memang dikhususkan untuk rambut tebal dan kering.

  1. Gunakan Kondisioner

Kondisioner juga menjadi hal yang tidak boleh terlupakan dalam merawat rambut tebal dan kering. Gunakan kondisioner sesudah keramas dengan cara mengoleskan kondisioner hanya pada batang rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala. Diamkan selama sekitar sepuluh menit baru dibilas sampai bersih.

  1. Masker Susu Murni

Masker susu murni sangat baik untuk memberikan nutrisi pada rambut dan cara penggunaanya juga cukup mudah. Sesudah selesai keramas, pakai susu murni sebagai pengganti kondisioner dengan cara mengoleskan susu murni dari pangkal sampai bagian ujung rambut. Diamkan selama satu jam lalu bilas sampai bersih.

  1. Masker Mayones

Dalam mayones mengandung protein yang sangat tinggi dan dibutuhkan untuk merawat rambut kering sekaligus tebal. Oleskan mayones sebagai masker sesudah selesai keramas dan diamkan selama satu jam baru bilas sampai bersih. Lakukan masker mayones ini sebanyak satu kali seminggu sehingga rambut juga akan terlihat lebih berkilau.

  1. Hindari Ikat Rambut Saat Tidur

Tidur menjadi saat terbaik bagi rambut untuk rileks dan beristirahat. Hindari mengikat rambut anda saat tidur karena akan membuat rambut tebal anda semakin terlihat mengembang, tidak beraturan dan juga kering saat bangun di pagi hari. Selain itu, hindari juga mengikat rambut terlalu kencang dalam aktivitas sehari hari supaya rambut bisa tetap dalam keadaan sehat.

Artikel terkait:

  1. Tambah Asupan Vitamin B

Vitamin B adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan supaya rambut bisa tetap sehat dan kuat. Perbanyak mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin B untuk merawat rambut kering dan tebal. Beberapa sumber vitamin B diantaranya adalah kacang kacangan, pisang dan juga telur.

  1. Masker Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal sejak lama untuk berbagai masalah kecantikan kulit dan juga rambut termasuk merawat rambut tebal dan kering. Sebelum keramas atau mencuci rambut, oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut anda dan diamkan selama 30 menit baru kemudian keramas seperti biasa sampai minyak tidak tersisa supaya rambut tidak lepek.

  1. Gunakan Hot Oil Treatment

Hot oil treatment adalah teknik perawatan rambut memakai minyak esensial atau minyak alami yang dihangatkan. Teknik ini sangat efektif dalam merawat rambut kering dan tebal. Teknik ini juga sangat dianjurkan untuk anda yang sering menggunakan bahan kimia berat, produk styling, produk pemanas rambut ataupun sering melakukan bleaching. Beberapa jenis minyak yang digunakan dalam metode perawatan rambut ini adalah minyak almond, minyak zaitun, minyak kelapa dan juga minyak jojoba.

  • Tuangkan 2 sendok makan masing masing minyak esensial dalam sebuah mangkuk dan hangatkan dalam microwave.
  • Jangan sampai minyak terlalu panas karena bisa merusak kulit kepala.
  • Pijat rambut dengan dengan campuran minyak hangat ini lalu bungkus dengan handuk.
  • Diamkan selama 30 menit dan cuci bersih memakai sampo yang ringan.
  1. Air Beras dan Madu

Air beras memiliki fungsi sebagai perbaikan tekstur rambut yang kering, mengurangi rambut bercabang dan juga meningkatkan kesuburan rambut. Sementara madu memiliki sifat melembabkan yang akan membuat produksi minyak di kulit kepala menjadi lebih stabil, melembutkan rambut yang tebal, membersihkan rambut dari produk berbahan kimia dengan kandungan antioksidannya serta mencegah rambut terlihat kusam.

  • Siapkan satu cangkir air beras lalu tambahkan dengan 2 sendok madu murni dan campur sampai rata.
  • Oleskan campuran ini pada rambut dan diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas sampai bersih.
  1. Masker Alpukat dan Pisang

Kandungan kedua buah yakni alpukat dan juga pisang menjadi bahan alami yang bagus untuk merawat rambut kering serta tebal. Alpukat akan menjaga kelembapan alami pada rambut sedangkan pisang berguna untuk meningkatkan elastisitas rambut dan mencegah rambut menjadi kering.

  • Siapkan 1 buah alpukat dan 1 buah pisang matang
  • Haluskan daging alpukat dan campur dengan pisang sampai lembut
  • Oleskan masker ini pada rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit
  • Bilas sampai bersih dan lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu.

Artikel terkait:

Beberapa cara merawat rambut tebal dan kering ini bisa anda coba gunakan di rumah supaya kesehatan rambut bisa dijaga dengan baik dan terhindar dari beberapa masalah rambut lainnya. Lakukan beberapa cara diatas dengan teratur supaya hasilnya bisa dirasakan dengan cepat.