11 Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Rambut Rontok

Sponsored Links

Buah alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal mempunyai jumlah antioksidan paling besar daripada kandungan lain didalamnya. Buah yang bernama latin persea americana ini memang mempunyai lemak dan kalori yang lebih dari buah lain pada umumnya, namun yang terkandung didalamnya adalah jenis lemak baik yang  khasiatnya sangat berguna pula, diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk kecantikan selain berkhasiat bagi kulit, alpukat juga mempunyai khasiat pada perawatan rambut.  Pada zaman mesir dulu, buah alpukat digunakan untuk memberi nutrisi pada rambut kering dan rusak, mencegah rambut rontok, mendorong pertumbuhan rambut. Kandungan vitaminnya membantu memperbaiki kerusakan pada kulit kepala karena berbagai sebab.

Memiliki rambut yang sehat pertumbuhannya tentu diidamkan setiap orang. Dalam iklim tropis kita, banyak masalah rambut yang bisa muncul karena terpengaruh hawa panas dan kelembaban yang tinggi. Salah satunya kerontokan rambut. Setiap hari memang terdapat rambut yang rontok, hal ini wajar saja karena untuk sejumlah kecil rambut rontok akan tumuh rambut baru pula. Namun bagaimana jika kerontokan itu sudah melebihi batas? Rambut rontok tentunya mengurangi kepercayaan diri seseorang, belum lagi resiko mengalami kebotakan karrena kerontokan akut. Hal ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita.

Kerontokan rambut masih tergolong normal apabila tidak melebihi 100 helai per hari. Tanda – tanda yang harus diwaspadai apabila rambut sudah rontok melebihi batas normalnya yaitu bila sudah terjadi penipisan rambut. Pada pria, penipisan biasanya tampak pada garis rambut yang bergeser dari garis normalnya, atau kebotakan di bagian ubun – ubun dan samping kepala. Pada wanita biasanya menipis di bagian puncak kepala.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rambut rontok  yaitu antara lain:

  • Kurangnya nutrisi pada kulit kepala, sehingga akar rambut pun menjadi lemah. Tarikan sedikit saja akan bisa merontokkan atau membuat rambut patah, misalnya ketika menyisir atau keramas, bahkan hanya menyisir dengan tanganpun terlihat ada rambut yang rontok. Kekurangan nutrisi pada kulit kepala bisa disebabkan pola makan yang kurang baik sehingga tubuh dan kulit kekurangan zat gizi yang dibutuhkan. Atau juga karena sirkulasi darah di kulit kepala tidak lancar, atau kurang menjaga kebersihan rambut. (Baca juga: cara mencegah rambut rontok parah, cara merawat rambut rontok dan kering)

Sponsors Link

  • Menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang. Rambut yang ditarik terlalu kencang dapat menyebabkan rambut lepas dari akarnya atau patah dan kulit kepala tidak dapat ‘bernafas’. (Baca juga: penyebab kerusakan pada rambut)

Manfaat dari Kandungan Vitamin Alpukat

Kandungan vitamin yang terdapat dalam alpukat banyak yang bermanfaat dan diperlukan untuk pertumbuhan rambut. (Baca juga: manfaat buah alpukat untuk rambut)

  1. Vitamin A sebagai antioksidan yang melindungi rambut dari kekeringan penyebab kerapuhan dan kerontokan rambut. Bermanfaat memperbaiki tekstur dan warna rambut juga.
  2. Vitamin C membantu meningkatkan kelancaran sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala sehingga memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.
  3. Vitamin E juga menjadi sumber antioksidan yang bermanfaat memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala.
  4. Vitamin B9 atau asam folat berfungsi membantu pertumbuhan jaringan dan perbaikan fungsi sel – sel sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat menyebabkan rambut mudah rontok.
  5. Niasin atau asam nikotinat atau vitamin B3 mempunyai efek memperbesar pembuluh darah dan kapiler sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke kulit kepala menjadi lancar.

Alpukat dengan segala kelebihannya mempunyai manfaat yang sangat baik untuk rambut rontok. Buah alpukat dapat dipakai sebagai masker rambut, baik dari daging buahnya maupun setelah diolah menjadi minyak alpukat. (Selain alpukat, baca juga: manfaat seledri untuk rambut, manfaat cuka apel untuk rambut)

Manfaat dari Buah Alpukat

Daging buah alpukat sering digunakan sebagai masker rambut. Kerusakan rambut dapat diperbaiki sampai dengan 70% dengan masker alpukat. Beberapa macam campuran masker alpukat untuk rambut yaitu:

sponsored links

  1. 1 buah alpukat matang, haluskan daging buahnya. Tambahkan 1 sendok teh perasan lemon, garam 1 sendok teh, lidah buaya 1 sendok makan. haluskan sampai mengental seperti pasta. Oleskan ke rambut, kemudian bilas seperti biasa setelah beberapa menit.
  2. Campuran santan dan alpukat secukupnya , aduk merata sehingga menjadi pasta. Aplikasikan ke rambut, lalu bilas dengan sampo setelah 10-15 menit.
  3. Campurkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian oleskan ke rambut, dan bilas seperti biasa setelah beberapa menit.

(Baca juga: manfaat hair mask untuk rambut, cara menghitamkan rambut)

Manfaat dari Minyak alpukat

Yaitu minyak nabati yang dihasilkan dari ekstraksi buah alpukat. Karena tekstur buahnya yang ringan, minyak ini mudah menyerap ke kulit kepala. Mengandung antara lain vitamin A,D,E, asam folat, protein dan lain – lain, minyak ini juga dapat berfungsi untuk perawatan rambut rontok. Caranya sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 sendok makan minyak alpukat dan gula merah. Balurkan ke kepala, sambil digosok dan dipijat perlahan. Campuran ini berfungsi sebagai scrub untuk kulit kepala, sehingga bisa membersihkan kotoran dan memungkinkan rambut tumbuh dengan baik. Cuci menggunakan air hangat dan sampo. (Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang)
  2. Sebagai hot oil treatment, dengan mencampurkan air, 1 sendok teh minyak alpukat dan minyak zaitun kemudian dihangatkan secukupnya, lalu dioleskan ke kulit kepala dan rambut, bungkus dengan handuk hangat. Setelah beberapa menit, bilas dengan sampo. (Baca juga: cara melembutkan rambut)
  3. Sebagai masker rambut, campurkan dengan minyak zaitun masing – masing 1 sendok makan, putih telur, madu setengah sendok makan. Pakai selama 10-20 menit, bilas dengan air hangat. (Baca juga: manfaat telur untuk rambut)
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 08:50 Oleh :
Kategori : Rambut