Sponsors Link

20 Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Sponsored Links

Rambut merupakan suatu hal yang memiliki fungsi untuk mempercantik dan memperindah penampilan, dengan adanya rambut yang indah tampilan juga akan menunjang. Rambut juga sering dibuat kreasi untuk menjadikan wajah dan penampilan semakin menawan, karna sebagian orang menganggap rambut adalah mahkota mereka.

Masalah rambut rontok, kering dan kusam merupakan momok menyebalkan bagi semua orang, maka dari itu sebaiknya kita mengenali apa saja penyebab rambut rusak agar bisa mengantisipasinya sejak dini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut anda kering atau rontok, patah atau bercabang.

Berikut ini beberapa penyebab rambut kering :

  1. Faktor Lingkungan

    Faktor lingkungan terkadang sangat buruk untuk rambut kita, mulai dari polusi yang begitu banyak sehingga mengotori rambut. Hal inilah yang membuat rambut anda menjadi tidak sehat, sebab banyaknya polusi atau kotoran yang masuk ke rambut akan membuat rambut menjadi kusut bahkan kering. Selain itu faktor lingkungan ini juga termasuk cuaca yang panas, dimana cuaca yang panas ini akan membuat rambut menjadi lebih kering.

    Artikel terkait : Cara Merawat Rambut Panjang

  2. Produk Rambut yang Tidak Cocok

    Banyak sekali produk-produk rambut yang ditawarkan, terutama untuk kaum wanita. Pastilah besar keinginan anda untuk memiliki rambut yang sehat dan rambut yang indah, sehingga anda rela mencoba-cobakan rambut dengan berbagai macam produk. Bisa jadi produk yang anda gunakan itu tidak cocok untuk rambut anda dan membuat rambut menjadi kering, bahkan mengalami kerusakan-kerusakan rambut.

    Artikel terkait : Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Bentol

  3. Hair Dryer

    Hair dryer merupakan alat pengering rambut yang lebih efektif dan efisien. Namun  menggunakan hair dryer terlalu sering akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk rambut, sebab hair dryer tidak hanya mengeringkan rambut namun juga menyebabkan kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala kita ikut menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembaban rambut.

  4. Berenang

    Berenang juga merupakan faktor yang membuat rambut menjadi kering. Karena ketika anda sedang berenang maka air yang ada dalam kolam renang itu sejatinya mengandung zat panas dari matahari, dan zat inilah yang akan membuat rambut anda menjadi kering. Selain itu anda juga akan lebih sering berinteraksi dengan air, dan kemudian seketika terkena paparan matahari yang membuat rambut anda menjadi kering.

    sponsored links
  5. Anoreksia Nervosa

    Anoreksia nervosa adalah penyakit yang menyerang bagian kulit kepala yang berfungsi melembabkan rambut. Penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam mengatur rambutnya.

  6. Paparan Sinar Matahari

    Paparan sinar matahari yang panas membuat rambut menjadi kering. Ibaratkan saja anda berjemur di bawah sinar matahari pasti anda juga akan kering, begitu pula dengan rambut. Namun perlu anda ingat, bahwa yang dimaksud paparan sinar matahari disini adalah paparan sinar matahari sesudah pukul 09.00 pagi. Sebab paparan sinar matahari di bawah pukul 09.00 pagi adalah paparan sinar matahari yang sehat.

  7. Salah Perawatan

    Banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang terlalu disepelekan ketika merawat rambut. Kebanyakan orang menggosok-gosok rambutnya setelah keramas, dengan tujuan untuk mengeringkannya. Padahal kebiasaan itu akan menajadi penyebab rambut kering. Jauh lebih baik jika anda biarkan rambuat kering dengan sendirinya, sehingga rambut akan tetap sehat.

    Artikel terkait : Jenis Perawatan Rambut di Salon 

  8. Salah Sampo

    Kesalahan dalam memilih sampo menjadi salah satu penyebab yang membuat rambut menjadi kering. Pastikan kandungan yang terdapat dalam sampo tersebut cocok untuk anda sehingga tidak akan menyebabkan rambut anda kering dan kusut. Selain itu pilihlah sampo yang memiliki kondisioner, kondisioner disini akan membantu anda untuk melembabkan kembali rambut yang kering.

  9. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

    Air putih menjadi solusi dari semua penyakit, terutama untuk rambut rontok. Ternyata rambut rontok ini juga disebabkan karena kekurangan mengkonsumsi air putih. Air putih yang rutin anda konsumsi 2 liter per hari akan menjaga semua kesehatan yang ada dalam tubuh. Dengan demikian anda akan mampu menjaga rambut dari kerontokan.

  10. Kurang Vitamin

    Bukan hanya tubuh saja, tetapi rambut juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kelembabannya. Vitamin yang cukup akan membuat rambut tetap terjaga kelembabannya, tampak sehat dan tampak indah. Vitamin yang dibutuhkan rambut salah satunya adalah vitamin B kompleks, vitamin ini dapat anda dapatkan dengan berbagai produk kesehatan rambut.

  11. Kekurangan Nutrisi

    Nutrisi juga diperlukan untuk membuat rambut menjadi sehat dan tidak kering. Sebenarnya kandungan nutrisi banyak sekali terkandung di dalam sampo, bahkan hampir setiap sampo mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut. Namun terkandang, nutrisi itu tidak mencukupi rambut anda sebab kadar nutrisi yang dibutuhkan setiap rambut sangat beragam. Sehingga adakalanya sampo tidak dapat mencukupi  nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Jadi meskipun menggunakan sampoo yang mengandung banyak nutrisi, tetap dapat membuat rambut kering.

    Artikel terkait : Manfaat Teh untuk Rambut 

  12. Sering Keramas

    Aturan keramas yang dianjurkan adalah 3 kali 1 pekan atau setiap 2 hari sekali. Anda tidak boleh terlalu sering keramas karena hal itu akan membuat rambut justru rusak dan cenderung kering. Rambut yang sering terkena sampo berarti semakin sering terkena bahan-bahan yang terkandung dalam sampo, dimana terkadang bahan bahan itu tidak cocok jika dipakai terus menerus untuk kulit kepala dan akan mengurangi kadar minyak alami dalam rambut sehingga rambut akan menjadi kering.

    Artikel terkait : Cara Merawat Rambut Rebonding Agar Awet

  13. Kurang Pelembab

    Kurang mendapatkan pelembab juga menyebabkan rambut menjadi kering, pelembab sangat dibutuhkan untuk membuat rambut lembab tentunya. Paling tidak ketika rambut lembab saat itu, rambut akan sedikit terhindar dari kekeringan. Dengan adanya pelembab yang digunakan di rambut akan membantu  untuk mengurangi kadar kering pada rambut.

    Artikel terkait : Cara Merawat Rambut Panjang

  14. Kekurangan Minyak Alami

    Minyak alami dalam rambut memang ada, tetapi minyak alami dalam rambut ini dapat berkurang jika rambut terlalu sering terkena panas, bahan keras dan terlalu sering dikeringkan. Jika minyak alami rambut berkurang secara otomatis rambut akan menjadi kering dan kusut. Untuk itu selalu jaga kadar minyak alami rambut anda agar rambut tampak sehat dan indah.

    Artikel terkait : Cara Merawat Rambut Agar Lembut

  15. Menggunakan Pewarna Rambut

    Bahaya cat rambut artinya mengizinkan bahan keras untuk menempel pada rambut  dan membiarkan bahan-bahan itu menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kering.

Itulah beberapa penyebab yang akan membuat rambut anda menjadi kering, rambut kering sangatlah tidak indah, terlihat aneh dan tidak sedap untuk dipandang. Selain itu rambut yang kering juga akan membuat rambut anda menjadi terlihat kusut sehigga hal ini juga akan mengganggu penampilan anda. Penampilan anda yang cantik adalah ketika anda mampu memaksimalkan rambut agar tetap sehat alami.

sponsored links

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut kering :

  1. Berikan Condisioner : Manfaat conditioner bagi rambut yaitu akan menjaga kelembaban, meskipun rambut sering dikeringkan atau terkena paparan sinar matahari rambut akan tetap lembab karena adanya kondisioner yang melindungi rambut tersebut.
  2. Hindari paparan sinar mata hari : Menghindari sinar matahari yang berlebihan ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan topi ketika berpergian, sehigga rambut akan terus terjaga.
  3. Vitamin rambut : Menggunakan vitamin rambut akan membantu kulit kepala untuk mengembalikan minyak alami yang ada dalam rambut.
  4. Hindari keseringan keramas : keramaslah sesuai dengan aturan agar tidak menghilangkan minyak alami dalam rambut sehingga rambut tidak akan cepat kering.
  5. Makanan vitamin B : Selain vitamin rambut, anda juga perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang akan membantu rambut dan menjaga kelembabannya dari dalam.Artikel terkait :

6. Minum air putih : Ini adalah solusi yang paling mudah didapatkan tetapi kadang menjadi paling sulit digunakan, untuk itu harus ada niat yang kuat bila ingin melakukan minum air putih yang banyak ini. Selain itu, sudah dipaparkan di atas tadi, bahwa air putih yang cukup merupakan soslusi dari hampir semua masalah kesehatan.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok dan kering yang akan membantu anda untuk mengembalikan rambut indah yang sudah terlanjur menjadi kering sebab perawatan yang salah, menjadi lebih sehat dan lembab kembali.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 31st, August 2016 / 05:00 Oleh :
Kategori : Rambut