Sponsors Link

8 Manfaat Urang Aring untuk Rambut Rontok, Uban dan Kering

Sponsors Link

Kita tentu tidak asing dengan urang-aring yang sering dijadikan bahan campuran dalam sampo. Urang-aring yang tumbuh di wilayah tropis sampai subtropis ini memiliki nama latin eclipta alba. Tumbuhan ini adalah sejenis gulma yang biasa tumbuh liar. Tanaman urang-aring memiliki ciri daun memanjang berwarna hijau dan bunga putih yang berukuran kecil-kecil. Dalam daun urang-aring terdapat kandungan zat pewarna alami yang berwarna hitam. Kandungan nutrisi tanaman urang-aring antara lain: triophene, wedelolactone, isoflavonoid, flavonoid, saponin, alkaloids, ecliptine, luteolin, triterpine, dan glycosides.

ads

Daun tanaman urang-aring sering digunakan untuk obat beberapa jenis penyakit seperti lambung, penyakit kulit, hati serta gigitan binatang berbisa. Daun urang-aring begitu dikenal oleh para ahli pengobatan India bernama ayuverda. Di India, tanaman ini dikenal dengan nama bhrigraj. Sebutan umumnya di dunia adalah false daisy. Sebutan urang-aring hanya dikenal di dalam negeri saja. Tanaman liar ini juga bisa dipakai sebagai bahan tato. Selain itu, minyak urang-aring sangat bagus untuk kesehatan rambut. Apa saja manfaatnya? Nah, inilah yang akan kita bahas secara lebih mendetail. Mari kita simak ulasan berikut ini!

1. Menghitamkan rambut

Aktivitas sehari-hari dapat menjadi pemicu munculnya faktor penyebab kerusakan pada rambut. Karena terpapar sinar matahari dan radikal bebas selama beraktivitas setiap hari, rambut kita bisa menjadi berubah warna menjadi kusam dan tidak indah. Untuk mendapatkan rambut hitamnya kembali, banyak orang rela mengeluarkan biaya lebih untuk ke salon sebagai cara menghitamkan rambut. Dengan menggunakan perawatan ahli, rambut kusam memang bisa diperbaiki dengan berbagai jenis perawatan rambut di salon. Namun ternyata anda tidak perlu harus selalu pergi ke salon dengan biaya mahal.

Perawatan rambut anda bisa anda siasati dengan menggunakan manfaat urang aring untuk rambut. Urang-aring mengandung nutrisi yang dapat mengembalikan warna hitam alami rambut kita. Kelebihan penggunaan bahan alami urang-aring tentu saja akan lebih aman karena bebas bahan tambahan berupa zat kimia. Jika anda kesulitan menemukan tanaman urang-aring, kini sudah tersedia di pasaran minyak ekstra urang-aring yang bisa mempermudah proses perawatan rambut anda. Tinggal oleskan pada rambut secara teratur, anda akan bisa mendapatkan warna hitam alami rambut anda kembali. Anda pun bisa memilih produk sampo yang mengandung urang-aring dalam bahan bakunya.

2. Menutup uban dengan sempurna

Uban atau rambut putih kini tidak hanya tumbuh pada orang-orang dengan usia saja. Seseorang pun bisa memiliki uban meski masih pada usia muda. Uban bisa saja tumbuh karena faktor stres, keturunan (gen), dan faktor kurangnya nutrisi pada tubuh. Bahan utama penyusun rambut adalah protein. Jika rambut anda tidak sehat lalu muncul uban, bisa jadi karena anda kurang memperhatikan asupan makanan yang mengandung bahan protein.

Sponsors Link

Tumbuhnya uban yang dapat terlihat di antara rambut hitam anda dapat membuat kepercayaan diri menurun drastis. Banyak orang mengatasi uban dengan melakukan pengecatan rambut. Namun cat rambut tidak selalu aman dan dapat menyebabkan kerusakan pada rambut itu sendiri. Kini anda tidak perlu khawatir. Bahaya cat rambut dapat anda hindari. Urang-aring dapat membantu anda mengatasi rambut putih anda. Gunakanlah minyak ekstra urang-aring secara teratur pada kulit kepala anda. Lakukan pijatan lembut dan biarkan ia meresap sampai ke dalam. Penggunaan minyak urang-aring tidak memerlukan pembilasan. Urang-aring juga berkhasiat mencegah uban tumbuh sebelum waktunya.

3. Menghilangkan ketombe

Ketombe menjadi masalah kulit kepala yang dialami oleh banyak orang. Terkadang meski sudah rajin keramas, tetap saja ketombe masih bisa muncul. Sama seperti uban, ketombe bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Terlebih jika ketombe yang muncul banyak dan susah diatasi. Seseorang yang memiliki ketombe bahkan enggan untuk menggunakan pakaian berwarna hitam. Ketombe juga membuat anda tidak bisa bebas menggerai rambut anda. Munculnya ketombe bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya: jenis kulit kepala, terpapar efek buruk sinar matahari, proses keramas yang kurang bersih, makanan, stres, dan juga penggunaan sampo yang tidak cocok dengan rambut dan kulit kepala anda.

Ketombe bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Namun anda tidak perlu khawatir karena ketombe dapat dihilangkan dengan urang-aring. Anda bisa memilih menggunakan sampo berbahan dasar urang-aring atau dengan cara membuat masker rambut dari daun urang-aring secara tradisional sebagai cara menghilangkan ketombe dengan praktis dan aman. Dengan begitu anda akan bisa merasakan manfaat hair mask untuk rambut anda tanpa mengkhawatirkan efek sampingnya.

4. Memberi efek sejuk di kulit kepala

Setiap orang pasti menginginkan keadaan kulit kepala yang sehat. Keadaan kulit kepala dapat mempengaruhi kinerja kita. Jika anda berkerudung, mungkin anda akan lebih menginginkan kulit kepala yang sejuk karena harus selalu tertutup oleh kain kerudung. Masalah kulit kepala dan rambut dapat menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi.

Jika anda sering mengalami hal demikian, sebaiknya anda mencoba untuk menggunakan minyak urang-aring ketika rambut dan kulit kepala anda bisa bernapas dalam keadaan bebas. Anda bisa menggunakannya saat malam hari. Efek sejuk yang dihasilkan oleh bahan alami daun urang-aring dapat membuat anda lebih rileks dan tenang. Dengan keadaan kulit kapala yang normal, anda akan terbebas dari berbagai masalah rambut.

5. Menutrisi rambut kering

Rambut kering, bisa menjadi masalah selanjutnya yang banyak dihadapi oleh banyak orang. Aktivitas luar ruangan terutama yang melibatkan terpapar sinar matahari langsung dapat membuat rambut anda menjadi kering. Selain itu, jika anda terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC, rambut anda juga bisa berubah menjadi kering karena suhu ruangan yang tidak baik untuk kesehatan rambut. Anda bingung mencari cara mengatasi rambut kering?

ads
Untuk mengatasi rambut kering, anda bisa menggunakan urang-aring sebagai pelembab rambut anda sehingga dengan penggunaan yang teratur rambut anda bisa terbebas dari rasa kering yang dapat menjadi pemicu munculnya masalah lain pada rambut seperti kerontokan dan rambut bercabang. Dengan menggunakan urang-aring, anda bisa menemukan cara merawat agar rambut tidak bercabang karena rambut kering bisa menjadi salah satu penyebab rambut bercabang.

6. Mengatasi rambut rontok

Mungkin selama ini anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok. Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan bisa dialami oleh semua orang. Rambut rontok merupakan sebuah fase pergantian rambut yang akan digantikan dengan tumbuhnya rambut baru. Namun jika rambut rontok yang anda alami sudah tidak normal, anda tentu panik dan segera mencari cara untuk mengatasinya. Rambut rontok dapat disebabkan oleh faktor stres atau karena tidak cocok dengan produk sampo.

Rambut rontok juga bisa dibarengi oleh keadaan rambut yang kering. Cara merawat rambut rontok dan kering bisa anda temukan dengan penggunaan urang-aring. Kandungan dalam urang-aring dapat menguatkan akar rambut dan setiap helainya sehingga dapat juga dipakai sebagai cara mencegah rambut rontok parah. Selain itu, urang-aring juga dapat merangsang folikel rambut agar rambut baru cepat bertumbuh.

7. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut adalah mahkota wanita. Banyak wanita menganggap rambut sebagai aset utama dalam penampilan mereka. Anda ingin memiliki rambut panjang yang indah? Atau anda salah memilih gaya rambut saat potong rambut dan menginginkannya segera tumbuh panjang kembali? Jangan buru-buru memasang hair-extension untuk mendapatkan rambut panjang.

Bagaimana pun terdapat beberapa bahaya hair extension yang harus anda waspadai. Agar lebih aman, gunakanlah urang-aring untuk merangsang percepatan pertumbuhan rambut anda. Urang-aring membantu menstimulasi folikel rambut agar pertumbuhan rambut dapat berjalan dengan lebih cepat. Ekstra methanol dalam urang-aring dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat. Meski tidak seinstan hair extension, namun cara ini akan lebih aman dalam membantu anda menemukan cara merawat rambut agar cepat panjang dengan lebih aman.

8. Menghaluskan dan menata rambut lebih rapi

Menata rambut adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Rambut yang rapi akan memberikan kesan tersendiri pada setiap orang ketika memperhatikan anda. Banyak orang memiliki rambut yang susah diatur. Mereka umumnya akan menggunakan hairspray agar rambut dapat tertata dengan rapi. Namun penggunaan hairspray secara terus menerus juga dapat memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan rambut. Manfaat urang aring untuk rambut dapat menjadi pilihan untuk bahan merapikan rambut.

Bukan hanya mendapatkan tampilan rambut yang rapi dan mudah diatur, penggunaan urang-aring juga bisa membuat rambut anda lebih halus dari hari ke hari. Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah berkilau alami? Sebagai tambahan, anda juga bisa menemukan manfaat urang-aring untuk alis.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 22nd, May 2016 / 14:11 Oleh :
Kategori : Rambut