Sponsors Link

13 Cara Meratakan Warna Kulit dengan Bahan Alami

Sponsored Links

Warna kulit Anda tak begitu rata sehingga menjadikan Anda kurang percaya diri? Sudah saatnya Anda mencoba mencari cara meratakan warna kulit secara alami agar masalah tersebut teratasi. Penyebab dari warna kulit yang belang sendiri cukup bervariasi, bisa saja dikarenakan paparan cahaya matahari, obat berbahan kimia, bekas jerawat, bekas luka, atau juga efek kosmetik yang tak sesuai dengan jenis kulit.

Jangan terburu-buru memilih produk yang menjanjikan dapat meratakan warna kulit sekaligus mencerahkannya karena bila sekalinya tidak cocok maka akan otomatis menjadikan kulit semakin bermasalah. Ketimbang mengambil risiko, bahan-bahan alami di bawah ini dapat Anda pertimbangkan dan coba di rumah.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah – manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan)

1. Minyak Zaitun

Bahan alami satu ini sudah tak perlu diragukan manfaatnya, baik itu untuk kesehatan tubuh, rambut, maupun kulit. Selain dapat menghaluskan dan menutrisi kulit, minyak zaitun mampu meratakan kulit yang belang serta menjadikannya lebih lembab senantiasa.

  • Caranya: Ambil saja beberapa tetes minyak zaitun yang kemudian Anda oles langsung ke kulit wajah atau bagian tubuh yang ingin Anda ratakan warna kulitnya. Gunakan setiap hendak tidur di malam hari sehingga selama semalaman nutrisinya dapat terserap ke dalam kulit. Esok paginya barulah Anda mandi dan membersihkannya. Omega-3 di dalamnya akan mampu membuat warna kulit tampak lebih merata.

2. Jeruk Lemon

Buah dengan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi ini tak salah lagi bisa mencerahkan warna kulit wajah Anda. Namun, tak sekadar mencerahkan atau memutihkan saja, Anda pun bisa membuat warna kulit belang menjadi lebih merata secara bertahap asalkan perawatan dilakukan serutin mungkin.

  • Caranya: Air perasan jeruk lemon adalah yang Anda butuhkan untuk meratakan warna kulit wajah Anda. Untuk lebih maksimal hasilnya, silakan campurkan jeruk lemon ini bersama dengan tepung beras murni sesuai kebutuhan. Setelah tercampur rata kedua bahan ini, Anda dapat mengoleskannya ke kulit wajah lalu bilas setelah beberapa menit berlalu. Bahan ini bakal otomatis mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit belang.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun)

3. Yogurt dan Susu

Susu dan yogurt memang adalah kombinasi yang lebih sering dipakai untuk melembabkan sekaligus mengenyalkan kulit. Namun Anda bisa membuktikan sendiri bahwa kedua bahan ini dapat Anda pakai demi warna kulit yang lebih merata dan jauh dari belang.

  • Caranya: Siapkan kedua bahan dengan takaran yang disamakan masing-masing, kemudian Anda bisa membentuk pasta dari keduanya sebelum kemudian Anda aplikasikan ke kulit wajah. Sesudah dioles merata, Anda dapat mendiamkannya lebih dulu sampai kering, barulah Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuhnya. Yogurt dan susu memang memberikan manfaat eksfoliasi wajah sehingga kulit tak hanya bersih tapi juga senantiasa halus.

4. Yogurt dan Oatmeal

Apabila sebelumnya yogurt dikombinasikan dengan susu, kali ini Anda dapat mencampurkan yogurt dengan oatmeal. Campuran ini kemudian dapat menjadi scrub karena oatmealnya. Oatmeal sebagai pembersih dan eksfoliator alami bakal membuat warna kulit wajah lebih merata sekaligus jauh lebih lembut.

  • Caranya: Sediakan yogurt bersama dengan oatmeal secukupnya di mana ketika keduanya dicampurkan dapat menjadi adonan pasta yang pas. Aplikasikan ke wajah Anda atau mungkin juga bagian tubuh lain yang warna kulitnya kurang merata. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda bisa membilas menggunakan air biasa. Melakukannya setiap hari dan rutin bakal memberikan hasil memuaskan.

(Baca juga: pembersih wajah alami)

5. Mentimun

Tentu mentimun sebagai salah satu bahan perawatan kulit wajah sudah mendunia karena para wanita kebanyakan sudah merasakan manfaatnya. Untuk menjadikan warna kulit yang belang menjadi lebih merata, Anda bisa mencoba melakukan perawatan dengan bahan segar satu ini.

  • Caranya: Ambil jus mentimun sebanyak 1 sendok teh yang kemudian dapat Anda campur rata bersama dengan sesendok teh jus lemon. Aplikasikan larutan ini setelah tercampur rata ke wajah Anda dan biarkan mengering dengan sendirinya selama beberapa menit; kira-kira 20 menit. Pakai air dingin untuk membasuh dan setiap harinya hanya dianjurkan melakukan perawatan ini sekali saja.
sponsored links
  • Alternatif: Tak masalah bila Anda ingin cara yang lebih praktis, yakni langsung menaruh irisan-irisan mentimun pada kulit yang tidak merata. Setelah beberapa menit, cucilah wajah dengan air bersih; khusus cara ini bisa Anda lakukan sehari 2 kali.

6. Gula

Sebagai salah satu cara menghilangkan belang di wajah dan membuat warna kulit lebih cerah dan rata, gunakan gula sebagai bahan yang simpel namun efektif.

  • Caranya: Ada banyak pilihan bahan lain yang bisa Anda campur bersama gula ini agar dapat menjadi scrub ajaib yang mampu meratakan warna kulit. Campurkan dengan pisang, teh hijau, oatmeal, atau madu sangat sah-sah saja. Penggunaan bisa langsung Anda terapkan ke wajah dan tunggulah selama 15-20 menit sebelum membasuhnya.

(Baca juga: cara mengatasi kulit mengelupas)

7. Pepaya

Dalam meratakan warna kulit secara alami, pepaya adalah salah satu buah yang jangan sampai dilewatkan. Selain mampu mencerahkan dan membuat kulit berkilau, pepaya mampu membuat kulit belang teratasi dengan baik.

  • Caranya: Anda dapat memotongnya secukupnya lalu potongan tersebut Anda oles langsung ke kulit wajah Anda. Atau, Anda juga bisa memblender atau melumatkannya lebih dulu hingga membentuk pasta supaya bisa dijadikan masker wajah. Kedua cara pengaplikasian ini cukup mudah dan Anda bisa melakukannya di waktu senggang.
  • Alternatif: Lumatkan daging buah pepaya secukupnya, lalu campurlah bersama dengan jus lemon 1 cangkir banyaknya. Aplikasikan ke area kulit yang Anda anggap kurang merata, tinggalkanlah selama 30 menit sebelum dibilas dengan air biasa. Seminggu sekali saja sudah cukup untuk melakukan perawatan ini.

8. Baking Soda

Baik untuk kulit wajah maupun kulit bagian tubuh lain yang warnanya tidak merata, Anda dapat memanfaatkan baking soda sebagai ramuan alami yang tepat. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan kulit belang secara alami.

  • Caranya: Solusi yang bisa Anda buat adalah adonan pasta dari baking soda dicampur dengan air di mana kemudian pasta ini dapat diaplikasikan langsung pada kulit wajah maupun tubuh Anda. Sebelum membilasnya dengan air, tunggula 10-20 menit supaya kandungan baik baking soda terserap ke dalam kulit. Anda juga perlu menggosok-gosok bagian kulit yang warnanya tidak merata selama 3 menit dengan bahan ini.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

9. Susu dan Almond

Mungkin Anda sudah tak asing juga dengan kedua bahan ini yang banyak juga digunakan sebagai perawatan kulit alami. Keduanya memiliki nutrisi penting bagi kulit sehingga Anda perlu mempertimbangkan kedua bahan ini.

  • Caranya: Anda bisa menghancurkan almond lebih dulu dan hasil lumatannya dapat Anda campur bersama susu. Aduk-aduklah sampai teksturnya mengental seperti pasta dan gunakan seperti ketika Anda menggunakan produk scrub biasanya. Almond inilah yang bakal menjadi eksfoliator bagi wajah sehingga sel kulit baru akan muncul. Permukaan kulit yang tak rata otomatis akan terangkat dan tergantikan dengan kulit yang lebih cerah dan sehat.

10. Bubuk Cendana

Untuk meratakan warna kulit belang, Anda bisa mencoba bahan seperti bubuk cendana yang dapat dijadikan sebagai masker wajah. Campuran bubuk cendanda bersama dengan madu serta susu secukupnya akan memberikan manfaat bagi kulit Anda. Tak hanya sekadar lebih cerah merata, bubuk cendana ini akan membuat kulit lebih halus dan berkilau.

11. Tomat

Satu lagi bahan alami yang juga cukup banyak digunakan untuk merawat kecantikan kulit, yakni buah sekaligus sayur, tomat. Sari tomat adalah yang terbaik untuk mengatasi masalah kulit belang, khususnya yang dipicu oleh bekas luka atau jerawat.

sponsored links

  • Caranya: Anda dapat menyediakan 1 buah tomat yang kemudian Anda belah menjadi dua untuk masing-masing Anda oleskan ke wajah atau bagian tubuh lain yang belang. Atau, bisa juga Anda memblendernya sampai halus supaya pengaplikasian juga lebih maksimal. Apapun cara yang Anda pilih, silakan tunggu sampai 20 menit barulah Anda menggunakan air bersih untuk membilasnya.

(Baca juga: cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

12. Madu

Bahan alami lainnya yang jelas aman dan memberikan manfaat besar dalam perataan warna kulit adalah madu. Selain bisa menjadi campuran atau bahan tambahan pada beberapa ramuan untuk perawatan, madu juga dapat Anda pakai secara sendiri di mana enzim baik di dalamnya bakal mencerahkan dan membuat kulit lebih berkilau.

  • Caranya: Pastikan bahwa madu yang Anda pilih adalah madu murni. Ambil secukupnya untuk Anda dapat oles ke kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya. Opsional, Anda juga bisa mencampurkannya dengan jus lemon, almond yang sudah direndam maupun susu bubuk sedikit. Setelah madu dioles merata ke permukaan kulit yang belang, Anda dapat meninggalkannya sampai mengering, barulah Anda gunakan air hangat untuk membilas.

13. Lidah Buaya

Bila Anda ingin merasakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan secara maksimal, Anda dapat menjadikannya bahan perawatan bagi kulit Anda yang tak merata. Lidah buaya memang sangat berguna dalam mendukung proses regenerasi sel kulit baru. Belum lagi kandungan baik di dalamnya akan memperbaiki jaringan yang sudah rusak dan akan mengembalikan warna kulit.

  • Caranya: Anda hanya cukup mengambil gelnya saja lalu mengoleskannya ke wajah atau kulit bagian tubuh lain yang kurang merata secara menyeluruh. Bersihkan dengan air biasa setelah Anda meninggalkannya selama 30 menit agar gelnya terserap sempurna.

(Baca juga: cara memutihkan kulit secara alami – manfaat lidah buaya untuk kulit wajah)

Itulah berbagai cara meratakan warna kulit secara alami yang Anda dapat terapkan baik untuk wajah maupun untuk kulit bagian tubuh lainnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 21st, October 2016 / 17:57 Oleh :
Kategori : Kulit