Sponsors Link

8 Penyebab Kulit Sensitif dan Gejalanya

Sponsored Links

Penyebab Kulit Sensitif

Pernahkah Anda mendengar istilah kulit sensitif? Ya, istilah kulit sensitif seringkali muncul di berbagai perbincangan, terutama perbincangan mengenai kulit dan juga kesehatan. Sebenarnya apa soh yang dimaksud dengan kulit sensitif itu? Sehingga benyak sekali diperbincangkan di kalangan umum?

Kita semua mengetahui bahwa karakteristik kulit yang dimiliki seseorang dengan orang yang lainnya berbeda- beda. Adakalanya seseorang memiliki tipikal kulit yang kering dan berminyak, adalakalanya seseorang mempunyai tipikal kulit yang bagus, lembab, kenyal sehingg tidak terlelu membutuhkan perawatan atau yang lainnya. Lalu, apakah kulit sensitif ini termasul dari tipikal kulit seperti yang demikian itu?Bisa jadi, namun bisa juga tidak.

Sebenarnya, kulit sensitif ini lebih mengacu pada kondisi atau keadaan kulit. Kulit yang sensitif adalah kondisi kulit, dimana kulit akan memberikan respon yang lebih terhadap adanya hal- hal terentu, seperi misal: perubahan cuaca atau suhu, dan bahan kosmetik tertentu. kulit sensitif ini merupakan kondisi yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang. (Baca Juga: Bahan Kosmetik yang Berbahaya , Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering)

Sebagian dari masyarakat yang mengeluhkan mengenai kulit sensitif ini mengalami gejala- gejala yang menunjukkan kulit sensitif, dan beberapa lagi mengeluhkan namun tidak menunjukkan gejala- gejala yang objektif. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kering dan Kusam)

Kehadiran kulit yang sensitif memang agak sedikit merepotkan seseorang. Hal ini karena akan memberikan kerepotan bagi pemiliki kulit sensitif ketika akan melakukan sesuatu dan menggunakan sesuatu. Pemilik kulit sensitif harus ekstra hari- hati dalam memilih atau menggunakan sesuatu. Sebenarnya, kulit yang sensitif ini kedatangannya bisa dipicu oleh berbagai hal. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya kulit sensitif ini.

Penyebab Kulit Sensitif

Kulit yang sensitif adakalanya adalah bawaan dari sejak lahir, namun hal ini tidak terjadi pada semua orang. Sebagian orang memang dianugerahi kulit yang sesitif oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, namun sebagian lagi mendapatkan kulit yang sensitif tidak dari lahir namun “di tengah jalan”, yakni bukan dari sejah lahir. Hal ini menandakan bahwa kulit sensitif dapat disebabkan karena  hal- hal tertentu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

Kulit sensitif seperti yang biasa kita sebutkan, sebenarnya merupakan keadaan yang disebabkan karena adanya kelenjar minyak yang keberadaannya tidak optimal, sehingga tidak bisa meproduksi minyak yang cukup untuk digunakan melembabkan kulit. Ada beberapa  hal yang dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kulit yang sensitif. Beberpa hal yang dapat menyebabkan atau mengubah kulit kita menjadi kulit yang sensitif antara lain sebagai berikut: (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Berminyak , Manfaat Menthol Untuk Wajah)

  1. Adanya ketidak seimbangan hormon

Berbicara tentang masalah kulit dan berbagai macam permasalahannya, pasti kita akan menemukan bahwa hormon menjadi salah satu penyebab timbunya masalah tersebut. Tidak hanya menjadi penyebab kulit berminyak dan kering saja, namun hormon juga menjadi penyebab dari masalah kulit yang sensitif. Ya, hal ini karena memang hormon merupakan hal yang tersimpan di dalam kulit kita.(Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Gejala kulit sensitif ini merupakan sebuah gangguan yang dialami oleh kulit kita. dan gangguan seperti ini dapat disebabkan salah satunya oleh adanya ketidak seimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini lebih sering terjadi pada wanita daripada laki- laki. Beberapa kondisi yang banyak terjadi ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan kulit mejadi sensitif adalah ibu yang hamil, saat stress, dan juga pada saat mengalami penuaan secara alami. Kondisi- kondisi seperti itu akan menyebabkan kulit senstif secara sendirinya. (Baca Juga:  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

  1. Bahan kimia

Tanpa kita sadari, kita adalah pengguna bahan- bahan kimia untuk tubuh kita. setiap hari kita menggunakan make up, wewangian, dan bahkan bewarna (pewarna rambut, kulit, dan sebagainya) itu semua menggunakan bahan- bahan kimia. Terkadang bahan- bahan tersebut yang memberikan efek negatif pada tubuh kita, termasuk kulit kita. Penggunaan bahan- bahan kimia untuk tubuh sehari- hari dapat dengan mudah menjadikan kulit kita menjadi sensitif. Kulit akan kehilangan berbagai macam kemampuan untuk membuatnya tetap kuat karena pengaruh bahan- bahan kimia yang ada dalam berbagai macam produk yang dipakainya sehari- hari. Terlebih bagi produk yang pemakaiannya menyentuh kulit secara langsung.

Baca Juga:

sponsored links
  1. Penggunaan kosmetik- kosmetik tertentu

Penggunaan kosmetik memnag tidak dapat dihindarkan dari yang namanya kaum wanita. Sebagian besar kaum wanita mulai usia remaja keatas sudah mengenal dan bahkan memakai yang nemanya kosmetik, entah itu komplit maupun hanya 1 atau dua jenis saja. Tahukah Anda bahwa setiap orang itu mempunyai jenis kulitnya masing- masing. Dalam pemilihan kosmetik pun harus tidak sembarangan, namun harus disesuaikan dengan kondisi kondisi kulot mereka. Jika pemilihan kosmetik salah, maka bukan suatu yang mengherankan apabila kulit mereka justru akan rusak. Ya, karena bahan kimia yang digunakan untuk emmbuat kosmetik akan mempercantik kulit (jika cocok dengan jenis kulit), dan bahkan akan merusak kulit (jika tidak cocok dengan jenis sulit). (Baca Juga: Bahaya Kandungan Paraben pada Kosmetik)

  1. Perubahan cuaca atau fluktuasi suhu

Salah satu hal dari luar diri kita  yang menyebabkan kulit kita menjadi sesnitif dari adalah adanya perubahan cuaca. Perubahan cuaca ini otomatis akan mendatangkan perubahan suhu udara yang ada. Suhu udara ini sagat erat kaitannya dengan kelembaban udara, suhu udar dan juga kelembaban udara adakah dua hal yang dapat mempengaruhi tingkat sebum atau minyak alami yang dapat menyebabkan terjadinya sensitivitas pada kulit kita. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Mengembang , Cara Mencegah Penuaan Dini)

  1. Adanya pola makan yang buruk dan kekurangan gizi

Pola makan yang buruk serta kekurangan nutrisi ini terutama sangat mudah idalami bagi orang- orang yang supersibuk dengan jadwal- jadwal mereka. Seringkali orang- orang yang demikian melupakan perut mereka demi menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal ini otomatis akan mendatangkan pola makan yang tidak teratur bagi orang- orang yang demikian. Selain itu pengonsumsian makanan yang kandungan yang memiliki nutrisi rendah (Seperti junkfood) juga akan mempengaruhi kesehatan serta kecantikan. Salah satu akibat yang dapat ditimbulkan dari adanya pola makan yang teratur serta pengonsumsian makanan- maknanan yang tidak bergii tinggi adalah membut kulit kita menjadi sensitif. Salah satu bentuk kesensitifan yang mungkin dapat muncul adalah berupa kemudaha alergi, dan lain sebagainya. (Baca Juga:  Penyebab Wajah Kusam)

  1. Paparan sinar UV atau sinar matahari secara langsung

Sinar UV memanglah seperti musuh besar bagi kulit. Salah satu yang menyebabkan kulit menjadi sensitif adalah karena paparan sinar matahari atau unltraviolet (UV) secara langsung. Ketika kulit terbakar oleh sinar matahari, pembentukan struktur kolagen pada kulit menjadi tidak sempurna. Selain itu juga membentukan pigmen dan melalini pada kulit, sehingga hal ini dapat menyebabkan proses penuaan terjadi lebih awal dan kulit akan menjadi sensitif. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun)

Ya, memanglah dahsyat kekuatan sinar UV ini sehingga membut kulit banyak orang menjadi berpotensi terkena berbagai macam gangguan. Tidak hanya kulit sensitif saja, namun juga kulit berminyak, kulit kering, hingg kulit menjadi berwarna hitam. Maka dari itu dianjurkan bagi Anda yang seringkali melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang haru, untuk selalu menggunakan produk tabir surya dan atau memakai pakaian yang panjang dan juga tertutup.

  1. Alergi

Kulit yang sensitif seringkali meuncul pada saat hal- hal tertentu saja. Salah satu kemunculan sensitivitas pada kulit adalah ketia seseorang mengalami alergi tertentu. Alergi yang biasanya terjadi pada orang- orang disebabkan karena pengonsumsian makanan tertentu, karena debu, dan lain sebagainya. Kondisi alergi dapat terjadi karena adanya penolakan oleh tubuh terhadap hal- hal yang menyebabkan alergi tersebut. Beberapa hal yang seringkali mendatangkan alergi antara lain adalah beberapa makanan (seafood, maknan yang mengandung ragi, mkanan pedas , alkohol, dan lain sebagainya), debu, angin, cuaca, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Penyebab Alergi Kulit Wajah)

  1. Beberapa penyakit tertentu

Adanya gengguan atau penyakit tertentu juga dapat menyebabkan adanya kulit yang sensitif. Beberapa gangguan yang menyebabkan datangnya kulit yang sensitif antara lain: migrain, neuropati, herpes zoster, overexposure ke matahari, demielinasi, cacat otak tengah, dan fibromyalgia.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkankulit kita menjadi sensitif. Selain hal- hal yang telah dipaparkan di atas, maih banyak lagi hal- hal yang ada di sekitar kita yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi sensitif tanpa kita sadari. maka dari itu kita harus rajin- rajin merawant kulit kita dan minimal menghindarkannya dari hal- hal yang menyebabkan terjadinya kulit sesnitif tersebut.

Lau, bagaimana kita bisa mengetahui apakah kulit kita sensitif ataukah tidak? Ya, kulit sesnitif ini isa dilihat dari tanda- tandanya. Ada beberapa gejala yang menunjukkankesensitifan kulit. Beberapa gejala terbut bisa kita lihat secara fisik yang terjadi pada kulit kita.

Gejala- gejala yang Menunjukkan Adanya Kulit Sensitif

Kulit sensitif ini haruslah diketahui gejalanya secara seksama. Hal ini agar kita bisa mengatahui bahwasannya kulit kita adalah kulit yang sensitif. Mengapa kita perlu mengetahui kesensitifan kulit kita? Hal ini karena kulit yang sensitif membutuhkan perawatan yang ekstra, sehingga harus lebih banyak diperhatikan. Kita dapat mengatahui bahwa kulit ita sensitif, apabila terjadi tanda- tanda berikut ini:

1. Mudahnya timbul jerawat di wajah

Salah satu gejala yang dimiliki oleh kulit sensitif, dan termasuk gejala yang paling umum adalah mudahnya timbul jerawat di kulit wajah. Hal ini juga merupakan dampak yang sangat merugikan bagi pemilik kulit sensitif. Pada dasarnya, jerawat ini mudah sekali muncul pada jenis kulit yang berminyak dan juga kulit sensitif.

Baca Juga:

Bila di kulit yang berminyak, jerawat mudah sekali muncul karena dipengaruhi oleh faktor eksternal, misalnya masalah kebersihan kulit wajah yang emudian didukung oleh kondisi kulit wajah yang bayaj mengandung minyak, sehingga banyak bakteri penyebab jerawat akan mudah menempel dan tumbuh dengan pesat di kulit wajah dan kemudian jerawat akan bermunculan.

Namun di kulit yang sensitif, timbulnya jerawat ini pada umumnya dipengaruhi oleh adanya perawatan kulit yang salah, serta perubahan cuaca atau ilklim yang ekstrim.

2. Terjadinya peradangan pada kuit

Peradangan yang terjadi pada kulit seringkali disebut dengan istilah medis “dramatitis kontak”. Yakni merupakan gangguan kulit yang berpotensi untuk menimbukan berbagai macam penyakit kulit ringan yang disebabkan karena penggunaan kosmeik yang salah.

Jika kita suatu saat megalami hal yang demikian ini, maka tipe kulit kita sudah bisa dikataan  sebagai kulit yang sensitif. Bahkan kesensitifan kulit kita sudah tergolong kategori kulit sensitif tang parah. Hal ini karena sudah terjadi gangguan pada kulit kita hingga menyebabkan kulit menjadi rusak dan juga tidak sehat, serta tidak harus lagi. Maka dari itu kita harus mulai melakukan perawtaan terhadap kulit wajah kita secara ekstra dan konsisten. (Baca Juga: Penyebab Wajah Bruntusan)

3. Sering terasa perih dan panas

Salah satu gejala yang menunjukkan adanya kulit yang sensitif adalah seringkali dirasakan rasa perih dan panas pada kulit. Selain itu kulit juga menampakkan warna kemerah- merahan. Rasa perih pada kulit ini akan timbul ketika memakai kosmetik. Selain rasa perih dan juga tampak berwarna merah, yang akan kita rasakan lainnya adalah rasa gatal, terutama pada kulit yang terkena kosmetik. Jika Anda mengalami hal seperti ini, maka kemungkinan Anda sudah terjangkit kulit yang sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter tentang masalah kulit tersebut. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Sensitif)

4. Rosasea

Barangkali sebagian besar dari kita tidak mengetahui apa itu Rosasea dan terasa asing saat mendengarnya. Rosasea merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada kulit. Rosasea ini dapat timbul karena adanya paparan eksternal dari sinar matahari atau penyebab lainnya, seperti makan makanan pedas, emosi, mengonsumsi minuman beralkohol, serta dapat juga akibat dari pengaruh obat- obatan lain yang dikonsumsi. Karena adanya penyebab- penyebab tersebutla akhirnya muncul bintik- bintik merah pada kulit yang menandakan awal terjadinya rosasea. Bintik- bintik merah rosasea ini bisa saja hanya menyerang bagian- bagian tubuh tertentu, namun bisa juga tumbuh merata pada hampir semua bagian dari tubuh kita. Hal ini dapat menyerang siapa saja.

(Baca Juga: Manfaat Alkohol untuk Perawatan Rambut

Itulah beberapa gejala dari kulit sensitif. Jika Anda mengalami gejala- gejala tersebut dalam kurun waktu yang singkat maupun panjang, atau dengan durasi yang cukup sering, maka bisa jadi kulit Anda berubah menjadi kulit yang sensitif. Untuk mengetahuinya serta untuk mengetahui hal- hal apa yang harus dilakukan, maka boleh untuk mengonsultasikannya ke dokter kulit Anda.

Lalu, setelah mengetahui bahwa kulit kita adalah kulit yang sensitif, apa yang sebaiknya kita lakukan? Serta perawatan apa yang sebaiknya kita lakukan untuk dapat merawat kulit kita yang sensitif tersebut?

Sponsors Link

Tips Merawat Kulit yang Sensitif

Kulit yang sensitif memang merupakan jenis kulit yang manja. Mengapa dikatakan manja? Hal ini karena kulit yang sensitif lebih banyak membutuhkan perhatian dan juga perlakukan khusus daripada jenis kulot yang lainnya. Pasalnya, kulit yang sensitif ini mudah sekali terjangkit berbagai macam gangguan kulit. Gangguan kulit tersebut jika sudah menyerang kulit kita maka akan terasa mengganggu, yakni sakit dan penampilannya pun akan tidak bagus. Maka dari itulah kulit yang sesnsitif harus dirawat dengan ekstra hati- hati dan juga penuh perhatian dan kelembutan.

Lalu, bagaimana cara merawat kulit yang sensitif? Apakah sama dengan cara merawatt kulit jenis lainnya? Ataukah ada perbedaan dalam hal perawatan terhadap kulit yang sensitif tersebut? Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat merawat kulit yang sensitif.

  1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C ini sangat berguna sebagai perawatan kulit dan juga sekaligus sebagai sumbser antioksidan yang alami. Vitamin C mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan atrofi kulit atau penipisan kulit yang disebabkan oleh penggunaan krim- krim, kosmetik, atau bahan kimia tertentu. Kita dapat mengonsumsi vitamin C setiap hari sebagai salah satu perawtan yang dilakukan terhadap kulit yang sensitif. Untuk mendapatkan vitamin C sendiri kita dapat menemukannya dengan mudah di toko- toko obat atau apotik yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Atau kita juga bisa  mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak vitamin C (sumber vitamin C) seperti buah jeruk, apel, lemon, cabe, strawberry, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen)

  1. Perawatan menggunakan minyak kelapa

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa adalah bahan yang sangat cocok digunakan untuk merawat kulit yang sensitif? Minyak kelapa ini mampu meresap ke dalam kulit sehingga dapat dengan mudah melembabkan dan juga menyehatkan kulit kita. Kita dapat melakukan perawatan dengan menggunakan minyak kelapa ini sehari- hari. pakailah minyak kelapa setiap hari, usahakan pada malam hari agar keesokan harinya kita mendapatkan kulit yang lembab, tampak segar dan juga sehat. Lakukan perawtan ini secara rutin, atau paling tidak 2x dalam seminggu untuk dapat menghasilkan kulit yang sehat dan juga cantik. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut , Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan Alis)

  1. Perawatan dengan menggunakan madu

Madu dikenal sebagai cairan kental yang kaya manfaat dan juga serbaguna bagi kesehatan dan juga kecantikan. Madu mempunyai sifat menyembuhkan, antiseptik, dan juga anti- inflamasi. Perawatan kulit sensitif dengan menggunakan madu dapat dilakukan dengan mengoleskan madu pada wajah dengan sentuhan yang lembut. Kita juga bisa menambahkan air mawar pada madu yang kita gunakan. Campuran dari madu dan jug air mawar tersebut dapat kita gunakan sebagai masker dan juga sebagai krim yang dapat kita pergunakan untuk memelihara dan juga melembabkan kulit kita. selain sebagai bahan yang berguna untuk melembabkan dan memelihara kulit kita, madu juga dapat melindungi kulit kita dari dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. (Baca Juga: Manfaat Madu untuk Wajah , Manfaat Madu Untuk Bibir)

  1. Amla

Barangkali sebagian dari kita masih asing mendengar nama amla ini. Ya, amla merupakan salah satu jenis buah. Buah amla merupakan salah satu obat alami yang memiliki kemampuan efektif untuk merawat kulit yang sensitif. Buah amla ini jug akaya akan vitamin C. Jika kita ingin melakukan perawatan kulit sensitif dengan menggunakan buah amla ini, kita bisa mengonsumsi jus buah amla setiap hari. pengonsumsian jus buah alma ini dapat berjhasiat untuk menyembuhkan kulit dari berbagai kerusakan yang ada. Selain merawat kulit sensitif dan menyembuhkannya dari berbagai kerusakan, jus buah amla juga berkhasiat untuk menyehatkan serta mencerahkan kulit kita.

  1. Perawatan dengan menggunakan bubuk kopi

Kopi dikenal sebagai minuman yang banyak digemari oleh orang- orang. Hal ini kerana kopi adalah minuman yang nikmat dan juga bisa diolah menjadi beragam minuman beraneka warna. Selain sebagai menuman yang enak, kopi juga dikenal sebagai minuman yang banyak mengandung manfaat. Manfaat yang terkandung dalam kopi tidak hanya untuk bagian dalam tubuh saja, namun kopi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat bagian luar tubuh. Bubuk kopi dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit yang sensitif. (Baca Juga: Manfaat Masker Kopi , Manfaat Ampas Kopi Untuk Rambut)

Cara perawatan kulit yang sensitif dengan menggunakan bubuk kopi, pertama adalah dengan mencamprkan bubuk kopi dengan madu. Kemudian tambahkan dengan minyak kelapa. Setalh tu gosokkan ke kulit dengan lembut.

Selain digosokkan di bagian tubuh, kita juga bisa menggunakan krim ini sebagai masker untuk wajah kita. oleskan krim tersebut ke wajah kita kemudian tunggulah hingga 15 menit. Setelh 15 menit berlalu, bersihkanlah wajah dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini dengan rutin untuk merawat kulit Anda yang sensitif.

  1. Cukupi asupan air

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif adalah harus memperhatikan asupan air. Untuk mendapatkan kulit yang segar, kita memerlukan cukup asupa n air. Hal ini karena kulit kita juga bisa megalami dehidrasi. Maka dari itu kita perlu mengonsumsi cukup air agar mencegah kulit kita mengalami dehidrasi. Selain itu, asupan air yang cukup juga akan membuang racun yang terdapat pada tubuh dan juga kulit kita.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kulit kita yang sensitif. Jika kita rajin melakukan perawatan, maka kita akan mendapatkan kulit yang sehat dan juga cantik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Saturday 08th, October 2016 / 10:50 Oleh :
Kategori : Kulit