Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut Berketombe

Sponsored Links

Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Merawat rambut sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh lainnya. Rambut yang indah tentu akan menunjang penampilan seorang wanita menjadi lebih menarik. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki rambut yang indah dan terawat. Berbagai masalah bisa hadir dalam proses perawatan rambut dan tidak jarang menimbulkan kerusakan di bagian rambut. Namun, untuk memperoleh rambut yang sehat dan indah Anda tidak perlu merasa kesulitan. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Adapun beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut Anda adalah jeruk nipis dan minyak zaitun. Kedua jenis bahan alami tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Berbagai jenis kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jeruk nipis dan juga minyak zaitun dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan pada rambut. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat jeruk nipis dan minyak zaitun bagi rambut.

Baca Juga:

Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambut

Jeruk nipis sejak dahulu memang dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Tidak jarang pula berbagai jenis shampo menggunakan ekstrak jeruk nipis sebagai bahan utamanya. Kandungan vitamin C dan zat besi dari jeruk nipis dipercaya mampu menyehatkan sekaligus meningkatkan kemilau rambut. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika melakukan perawatan rambut menggunakan jeruk nipis adalah:

1. Mengatasi Rambut Berminyak

Kulit kepala berminyak seringkali menimbulkan permasalahan bagi rambut, seperti rambut menjadi lepek dan nampak kusam. Dengan memanfaatkan jeruk nipis, minyak yang ada di kulit kepala dan rambut Anda akan teratasi dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis yang telah dicampurkan dengan air untuk mencuci rambut Anda. (Baca Juga:  Sampo Untuk Rambut Berminyak , Penyebab Kulit Berminyak)

2. Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan dampak lain dari kulit kepala yang berminyak. Bahkan, kesalahan dalam memilih sampo juga bisa memicu munculnya ketombe di kulit kepala. Ketombe sering menimbulkan noda putih di rambut dan mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi masalah ketombe tersebut, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan cara menggosokkan potongan jeruk nipis pada kulit kepala. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami , Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis)

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Jika Anda merasa rambut Anda kurang tebal, maka Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai terapi perawatan. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jeruk nipis akan membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga volume rambut Anda akan bertambah secara bertahap. (Baca Juga: Produk Vitamin Rambut Kering , Cara Mengatasi Rambut Kusut)

sponsored links

4. Membuat Rambut Berkilau Alami

Aktivitas yang terlalu lama di bawah sinar matahari seringkali menimbulkan permasalahan pada rambut, salah satunya warna rambut yang menjadi kusam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa melakukan perawatan rambut menggunakan jeruk nipis untuk memperoleh warna rambut yang kembali berkilau. (Baca Juga:Cara Merawat Rambut Berjilbab)

5. Mencerahkan Warna Rambut

Anda mungkin memiliki kebiasaan berganti warna rambut. Sering berganti warna rambut adalah godaan bagi setiap wanita untuk menunjang penampilan. Namun, kebiasaan mengganti warna rambut juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan rambut. Warna rambut akan pudar dan bercabang karena mengalami kerusakan. Kerusakan akibat bahan kimia dari pewarna rambut tersebut dapat diatasi menggunakan jeruk nipis. Anda bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis pada rambut Anda setiap menjelang tidur. (Baca Juga: Perawatan Rambut Berwarna , Cara Merawat Rambut Berwarna)

Itulah beberapa manfaat dari perawatan rambut menggunakan jeruk nipis. Selain jeruk nipis, minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan untuk melakukan perawatan rambut secara alami.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Tidak hanya jeruk nipis saja, minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan untuk merawat rambut Anda. Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun tidak kalah dengan kandungan nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan perawatan rambut lainnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan perawatan rambut menggunakan minyak zaitun:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok adalah masalah rambut yang umum dialami oleh wanita. Kondisi psikologis seperti stres sering menjadi pemicu kerontokan rambut. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dan minyak zaitun kemudian mengoleskannya di kulit kepala sambil melakukan pemijatan ringan. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

2. Mencegah Rambut Beruban

Salah satu tanda penuaan adalah munculnya uban. Banyak orang yang melakukan pengecatan pada rambutnya untuk menyamarkan munculnya uban. Namun, mengatasi uban tidak selamanya harus dengan melakukan pengecatan rambut. Anda bisa mengatasi uban dengan memanfaatkan minyak zaitun. Caranya, cukup mengoleskan minyak zaitun pada rambut kemudian didiamkan selama satu malam. (Baca Juga: Penyebab Rambut Beruban)

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Masalah kerontokan rambut sering diikuti dengan volume rambut yang semakin menipis. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar volume rambut Anda bertambah. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala dan melakukan pemijatan ringan. Minyak zaitun akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga volume rambut akan bertambah secara bertahap. (Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak)

4. Mengatasi Kerusakan Rambut

Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari akan menimbulkan kerusakan rambut seperti rambut kering, bercabang, dan nampak kusam. Untuk mengatasi kerusakan rambut tersebut, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada rambut Anda kemudian didiamkan selama satu malam. Melakukan perawan seperti itu secara rutin akan meningkatkan kesehatan rambut sekaligus menambah kemilau rambut. (Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Sponsors Link

5. Mengatasi Ketombe

Minyak zaitun juga mampu mengatasi masalah ketombe. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara rutin, ketombe lambat laun akan menghilang. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe , Manfaat Ginseng Untuk Rambut)

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh jika melakukan perawatan rambut menggunakan minyak zaitun. Lalu, bagaimana jika perawatan rambut dilakukan dengan mengkombinasikan jeruk nipis dan minyak zaitun?

Kombinasi Antara Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Untuk memperoleh hasil yang maksimal pada perawatan rambut Anda, Anda bisa memanfaatkan kombinasi antara jeruk nipis dan minyak zaitun. Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun kemudian mengoleskan campuran keduanya pada rambut dan juga pada kulit kepala. Melakukan perawatan rambut dengan memanfaatkan campuran air perasan jeruk nipis dan juga minyak zaitun dapat memberikan manfaat bagi rambut, seperti:

  • mengatasi ketombe
  • mengembalikan kilau alami rambut
  • mengatasi kerusakan rambut, seperti rambut kering, kusam, dan bercabang
  • menambah volume rambut dengan cara merangsang pertumbuhan rambut
  • meluruskan rambut secara alami

(Baca Juga: Penyebab Rambut Bercabang dan Rusak , Cara Alami Menghilangkan Ketombe)

Kombinasi antara Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut akan meningkatkan nutrisi pada rambut dan juga kulit kepala sehingga berbagai jenis permasalahan pada rambut seperti rambut kering, bercabang, ketombe, dan juga rambut kusam dapat diatasi dengan melakukan perawatan menggunakan bahan alami tersebut. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut , Cara Mengatasi Rambut Bercabang)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 08:00 Oleh :
Kategori : Rambut