15 Cara Memerahkan Puting Secara Alami

Sponsored Links

Memiliki puting susu berwarna gelap sebenarnya adalah suatu hal yang wajar dan alami sesuai dengan warna kulit kita. Orang yang memiliki kulit putih lebih mudah untuk memiliki puting yang berwarna terang, sedangkan puting berwarna lebih gelap disebabkan karena kulit yang juga berwarna gelap. Selain itu, puting susu memang bisa berubah warna karena berbagai sebab, tetapi umumnya tidak mengalami perubahan warna yang terlalu drastis. (Baca Juga: Cara Meratakan Warna Kulit , Cara Merawat Kulit agar Putih)

Sebagian orang berpendapat bahwa puting yang berwarna cerah lebih bagus dilihat daripada yang berwarna gelap. Perubahan puting susu dimulai sejak lahir dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pubertas, kehamilan dan usia. Dengan kata lain, warna puting juga dipengaruhi oleh kondisi hormon di dalam tubuh. Pada masing – masing payudara wanita dan pria terdapat puting. Bagian puting ini juga memiliki daerah yang berwarna kehitaman yang disebut areola. Areola ini melingkari daerah puting dan memiliki tonjolan – tonjolan kecil. Ukurannya juga berbeda – beda pada setiap wanita, ada yang sempit, lebar, dan sebagainya. (Baca Juga: Penyebab Wajah Terlihat Tua , Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah)

Pigmen yang menentukan warna puting

Puting susu pada bagian areolanya ada yang berwarna kecoklatan dan kemerahan. Warna puting ini ditentukan oleh dua faktor pigmen yaitu:

  • Eumelanin : Pigmen berwarna coklat
  • Pheomelanin: Pigmen berwarna merah

Jumlah distribusi pigmen inilah yang menentukan warna areola kita. Contohnya, orang kaukasian yang berkulit putih akan cenderung memiliki puting berwarna kemerahan sedangkan orang Asia memiliki puting berwarna kecoklatan atau coklat gelap, dan orang Afrika putingnya berwarna hitam. (Baca Juga: Bahaya Bleaching Rambut , Penyebab Rambut Beruban)

Penyebab Puting Menghitam

Ada beberapa kemungkinan penyebab warna puting menghitam yaitu seperti berikut ini:

  • Keturunan –  Puting yang dimiliki memang berwarna gelap sebagai hasil dari produksi pigmen di kulit. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)
  • Pubertas – Mulai usia 11 tahun biasanya seorang gadis akan mengalami pertumbuhan payudara, dan ini bisa menyebabkan warna puting menggelap.
  • Kehamilan – Hormon kehamilan juga bisa mempengaruhi warna di sekitar areola menjadi lebih gelap.
  • Penuaan – Menurunnya produksi hormon di tubuh juga bisa membuat warna puting menggelap seiring pertambahan usia. (Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini)
  • Pasca Melahirkan –  Puting yang menggelap terkadang masih belum kembali ke warna semula karena masih terpengaruh dengan hormon kehamilan.
  • Menyusui – Sama dengan penyebabnya pada kehamilan, puting yang menggelap karena tubuh masih memproduksi hormon tertentu yang berhubungan dengan proses menyusui. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering)
  • Pengaruh obat – obatan –  Kandungan tertentu dalam beberapa obat – obatan juga bisa mempengaruhi warna puting payudara.
  • Gesekan kulit dengan pakaian – Memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan warna areola menjadi gelap.
sponsored links

Cara Memerahkan Puting

Alasan seorang wanita untuk memerahkan warna putingnya tentu saja beragam. Bisa jadi karena keinginan suami, atau karena ingin payudara tampak lebih bagus dengan puting yang berwarna terang. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memerahkan puting payudara yaitu:

  1. Lemon

Bahan alami yang paling sering digunakan untuk mencerahkan warna puting adalah air perasan lemon. Manfaat lemon untuk kulit memang berkhasiat memberikan warna yang cerah pada kulit sebagai bahan pemutih kulit alami. Lemon sering dipakai dalam tips agar kulit menjadi putih secara alami oleh para wanita yang senang merawat kecantikannya. Cara menggunakan lemon untuk mencerahkan puting payudara adalah:

  • Peras lemon dan campur airnya dengan madu serta yogurt secukupnya saja
  • Oleskan ke puting dan biarkan selama setengah jam
  • Cuci bersih dengan air dan ulangi perawatan ini sekali seminggu.

Selain itu ada juga manfaat jeruk lemon untuk wajah yang berkhasiat mengobati jerawat yang bandel dan meradang dengan kandungan asamnya.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga memiliki khasiat yang mirip dengan lemon. Manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan puting payudara yaitu:

  • Peras jeruk nipis dan tambahkan madu secukupnya
  • Oleskan ke payudara dan biarkan sekitar 30 menit
  • Bersihkan sesudahnya, ulangi sekali seminggu.

Kandungan asam dalam lemon membuat puting tampak lebih segar dan membantu pengelupasan kulit sehingga kulit baru tampak lebih cerah.

  1. Almond

Manfaat almond untuk perawatan rambut diambil dari khasiat minyak almond yang diekstrak dari kacang almond tersebut. Selain itu almond juga dapat memberikan manfaat mencerahkan warna puting, dicampur dengan manfaat susu untuk kulit. Cara membuat almond untuk mememerahkan puting yaitu :

  • Hancurkan almond secukupnya dengan cara digiling
  • Campurkan susu sampai merata. Manfaat susu untuk kulit dapat memberi khasiat memutihkan dan mencerahkan.
  • Oleskan ke puting dan tunggu selama satu jam.
  • Ulangi sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Anda juga bisa membeli minyak almond manis yang sudah tersedia di toko lalu mengoleskannya ke puting.

  1. Daun Sirih

Manfaat sirih untuk alis sering digunakan untuk mempercepat pertumbuhan, mengatasi penyakit serta kerontokan alis dan masih banyak lagi. Menggunakan daun sirih juga bisa memerahkan puting . Cara menggunakan daun sirih untuk memerahkan puting yaitu:

  • Ambil tiga lembar daun sirih dan cuci bersih
  • Haluskan daun sirih dan ambil sarinya
  • Oleskan ke daerah puting secara merata

Lakukan cara ini setiap hari secara teratur sampai tampak hasil yang diinginkan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami)

  1. Tomat

Buah berwarna merah ini tidak hanya enak dimakan, tetapi juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Tomat memiliki beberapa manfaat, diantaranya manfaat tomat untuk alismanfaat tomat untuk wajah dan manfaat tomat untuk kulit. Tomat bisa digunakan untuk memerahkan puting, yaitu dengan cara berikut:

  • Ambil tomat segar secukupnya dan cuci bersih.
  • Potong menjadi dua bagian dan usapkan ke puting payudara
  • Bilas setelah sekitara setengah jam.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik.

Khasiat untuk memerahkan puting didapat melalui kandungan vitamin C dalam tomat.

  1. Oatmeal, Dadih dan Tomat

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif sangat berguna untuk merawat kondisi kulit yang sensitif tanpa membuatnya teriritasi dan sekaligus memberikan manfaat eksfoliasi wajah. Mencampurkan oatmeal, dadih dan tomat secukupnya juga dapat membuat puting berwarna lebih cerah. Oleskan ke payudara dan biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit. Kemudian cuci bersih setelahnya. Lakukan perawatan ini selama beberapa hari agar ada perubahan yang terlihat.

  1. Madu, Jus Lemon, Minyak Almond dan Susu Bubuk

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk perawatan kecantikan, diantaranya ada manfaat madu untuk bibirmanfaat madu untuk wajah, dan manfaat madu untuk rambut. Manfaat lain dari madu adalah untuk memerahkan puting payudara. Cara membuat campurannya yaitu:

  • Campur satu sendok makan madu, satu sendok makan susu bubuk, satu sendok makan jus lemon, dan setengah sendok teh minyak almond.
  • Oleskan ke puting payudara
  • Biarkan selama setengah jam lalu cuci bersih dengan air.
  1. Pelembab

Vaseline atau shea butter bisa dicampur dengan air perasan lemon atau jeruk nipis dan dioleskan ke puting payudara sebelum tidur setiap malam. Bilas dan bersihkan keesokan harinya ketika mandi. (Baca Juga: Pelembab Untuk Kulit Kombinasi)

  1. Ekstrak Mulberi

Sumber vitamin C yang cukup ada pada ekstrak mulberi digabungkan dengan asam laktat. Ekstrak ini akan memudarkan kulit yang gelap dan membuat kulit di sekitar areola tampak lebih terang atau memerah. Sering juga digunakan dalam obat pemutih selangkangan yang menghitam. Cara kerjanya dengan membantu menumbuhkan sel kulit baru di sekitar areola dan menghambat enzim tirosinase yang akan mempengaruhi pembentukan melanin. Ekstrak ini tidak disarankan untuk wanita hamil dan menyusui karena belum diketahui dengan pasti mengenai pengaruhnya.

  1. Minyak Zaitun

Manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan atau minyak zaitun berguna untuk salah satunya sebagai cara membuat bulu mata lentik secara alami. Memerahkan puting payudara juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun yang dioleskan setiap malam pada puting dan setelah itu dibilas menggunakan air hangat.

  1. Ekstrak Licorice

Licorice atau akar manis adalah akar dari tanaman Glycyrrhiza Glabra yaitu sejenis tanaman polong – polongan yang asalnya dari beberapa bagian wilayah Eropa dan Asia. Nama Licorice artinya adalah akar manis yang berasal dari bahasa Yunani kuno. Ekstrak dari tanaman licorice sangat berguna untuk memerahkan puting payudara dengan menghambat enzim tirosinase yang memiliki peranan penting dalam pembentukan melanin. Karena itu licorice banyak digunakan dalam produk pemutih badan serta cream pemutih wajah yang aman. Walaupun relatif aman, penggunaan licorice dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu timbulnya penyakit tekanan darah tinggi.

sponsored links

  1. Arbutin

Arbutin adalah zat yang diekstrak dari tanaman bearberry, cranberry dan blueberry, lalu dikombinasikan dengan gandum dan kulit buah pir. Kandungan arbutin dapat mempengaruhi enzim tirosinase dan dengan demikian juga mempengaruhi pembentukan melanin. Akan tetapi penggunaan internal untuk dikonsumsi tidak disarankan, karena dapat menyebabkan racun yang mempengaruhi detak jantung dan saluran pencernaan. Namun sebagai ramuan untuk oles atau penggunaan topikal, arbutin dapat memberi manfaat memutihkan kulit. (Baca Juga:  Manfaat Air Beras untuk Kecantikan)

  1. Mentimun, Alpukat, Jeruk, Madu dan Susu

Menggabungkan semua buah dan bahan alami ini kelihatannya memang akan menjadi terlalu banyak campuran untuk digunakan pada puting payudara. Akan tetapi semua bahan ini memiliki khasiat memutihkan kulit. Cara membuatnya yaitu campurkan mentimun, alpukat dan jeruk sampai hancur merata. Kamudian tambahkan susu dan madu. Campur kembali sampai merata dan gunakan pada puting. Jika ingin mendapatkan hasilnya maka gunakanlah setiap hari. Buatlah dengan menggunakan bahan ini secukupnya saja. (Baca Juga: Manfaat Madu untuk Perawatan Wajah , Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

  1. Jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu mengurangi pigmentasi penyebab puting menggelap.  Oleskan sedikit perasan jeruk ke areola dan biarkan meresap ke kulit. Lalu bilas dengan air. Bila setelah pemakaian terlihat ada tanda – tanda iritasi, maka itu berarti air jeruk tidak cocok dengan kulit dan segera hentikan pemakaiannya. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen)

  1. Produk Nipple Lightening

Banyak produsen yang membuat produk yang bisa digunakan untuk mencerahkan warna puting payudara. Produk – produk ini biasanya aman, namun bagi Anda yang hamil atau menyusui tentu saja tidak disarankan untuk menggunakannya. Bacalah terlebih dulu aturan pemakaian atau cari reviewnya di internet agar mengetahui produk mana yang sebaiknya digunakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Untuk keamanan dan menjaga agar tubuh tidak mengalami efek samping dari perawatan yang dilakukan, perhatikanlah beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Bila menggunakan ramuan alami, perhatikan jumlah bahan yang dicampurkan. Terlalu banyak menggunakan bahan dan tidak menakar dengan baik sesuai keperluan bisa mengakibatkan puting malah menjadi semakin gelap.
  • Terlalu sering melakukan pemutihan atau perawatan agar puting memerah bisa menyebabkan iritasi.
  • Lakukan tes terlebih dulu sebelum mencoba perawatan apapun. Jika tampak tanda – tanda alergi atau ketidak cocokan, segeralah hentikan pemakaian.
  • Jika Anda mendapati warna gelap yang tidak biasa pada puting atau areola, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

(Baca Juga: Merk Cream Pemutih Wajah yang Aman , Jenis Produk Pemutih Badan)

Puting yang berwarna lebih gelap memang mungkin kelihatan tidak menarik dan membuat payudara tidak terlihat indah. Akan tetapi biasanya sebagian besar orang tidak terlalu memperhatikan warna puting payudaranya sendiri selama keadaan payudara masih sehat dan tidak menunjukkan tanda – tanda yang menyimpang dari biasanya, misalnya tanda penyakit atau kanker. Bila warna puting Anda memang sudah gelap sejak dulu, itu tandanya tubuh memang memiliki pigmen berwarna gelap pada puting. Menerima diri sendiri apa adanya lebih baik jika memang puting payudara sulit diubah warnanya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 00:26 Oleh :
Kategori : Tubuh