6 Akibat Memakai Handbody di Wajah Penting Untuk Diperhatikan

Handbody atau body lotion adalah salah satu produk kecantikan yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Maka dari itu, penggunaan body lotion sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik seperti yang didambakan sebagai cara merawat kulit tubuh dengan baik. Menggunakan body lotion dengan teratur sangat baik sebab akan membantu mempertahankan kelembaban kulit, juga memberikan nutrisi pada kulit sebagai cara merawat kulit tubuh.

Meskipun body lotion memiliki banyak  manfaat untuk kulit, tetapi bukan berarti penggunaannya akan berdampak baik jika diaplikasikan pada kulit wajah. Justru penggunaan body lotion pada wajah akan menyebabkan akibat memakai handbody di wajah yang tidak baik, bahkan dapat memicu timbulnya berbagai masalah pada wajah anda. Mengapa demikian?

Perbedaan Kulit Wajah dan Kulit Tubuh

Kulit tubuh dan kulit wajah memiliki ketebalan yang berbeda. Kulit tubuh memiliki tebal sekitar 0,6 mm, sedangkan kulit wajah memiliki tebal 0,2 mm. Maka dengan begitu, kulit wajah lebih sensitif dan tipis dibandingkan dengan kulit tubuh.  Selain itu, keadaan kulit tubuh lebih kering dibandingkan dengan  kulit wajah, sehingga kulit tubuh membutuhkan produk dengan formulasi yang lebih kompleks dibandingkan dengan kulit wajah.

Alasan Pelembab Tubuh Berbeda dengan Pelembab Wajah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit tubuh membutuhkan produk yang kandungannya lebih kompleks dibandinkan dengan kulit wajah. Meskipun untuk  kulit wajah yang kering, penggunaan hanbody pada wajah tidak dianjurkan. Pasalnya, body lotion atau handbody mengandung aroma dan pewarna yang dapat menyebabkan alergi pada kulit wajah. Tidak hanya itu, kandungan handbody yang bermanfaat untuk melembabkan kulit namun dengan formulasi yang kompleks justru akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat.

Wajah Mengandung Sebum Lebih Banyak

Sebum merupakan lemak alami yang diproduksi oleh wajah yang berfungsi untuk melembabkan kulit serta menangkal kotoran atau bakteri jahat yang menempel. Produksi minyak yag tinggi akan menyebabkan tingginya risiko kerusakan kulit  apabila anda tidak menjaganya dengan ekstra, sehingga dengan begitu dibutuhkan produk yang memiliki komposisi lembut dan ringan. Sedangkan handbody komposisinya sangat kompleks maka akan berisiko menyebabkan kulit wajah rusak.

Dibandingkan dengan kulit tubuh, kulit wajah lebih sering  terkena paparan sinar matahari langsung. Sehingga dengan begitu kulit wajah membutuhkan produk dengan kandungan SPF yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit tubuh. Sedangkan kandungan SPF pada hanbdoy atau body lotion biasanya lebih rendah daripada produk  untuk wajah.

Akibat Memakai Handbody di Wajah

Mari simak beberapa akibat memakai handbody di wajah berikut ini.

1. Menyumbat Pori-Pori

Tahukah anda? Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan kulit tubuh. Maka dari itu, kandungan yang digunakan untuk produk wajah berbeda dari produk untuk tubuh. Sehingga menggunakan produk tubuh untuk wajah, termasuk handbody dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya menyumbat pori-pori.

2. Wajah Berjerawat

Pori-pori yang tersumbat karena memakai handbody pada wajah akan menyebabkan masalah lainnya, seperti jerawat. Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari masalah yang satu ini sebaiknya jangan pernah mencoba menggunakan handbody pada wajah.

3. Kulit Wajah Kemerahan

Penggunaan hanbody pada wajah dapat memicu terjadinya kemerahan pada kulit wajah.

4. Gatal-Gatal

Karena memiliki  kandungan yang tidak sesuai untuk wajah, penggunaan handbody pada wajah bisa menjadi penyebab wajah gatal dan reaksi alergi.

5. Produksi Minyak Berlebih

Wajah berminyak  akan menjadikan tampilannya terlihat kusam. Keadaan wajah berminyak akan mempengaruhi penampilan anda. Nah, salah satu dampak menggunakan handbody pada wajah yaitu dapat meningkatkan produksi minyak yang berlebih. Menggunakan handbody pada wajah dapat menjadi penyebab wajah berminyak dan berjerawat.

6. Merusak Kulit Wajah

Tidak menutup kemungkinan, penggunaan handbody pada wajah dapat menyebabkan rusaknya kulit wajah sehingga munculah ciri-ciri kulit wajah rusak. Berbagai masalah akan menimpa wajah anda sehingga pada akhirnya kulit wajah anda akan rusak.

Itulah beberapa akibat memakai handbody di wajah yang penting untuk diperhatikan. Semoga bermanfaat.