Apakah Kulit Sawo Matang Bisa Putih ?

Untuk sebagian orang, wajah yang disebut cantik atau menarik adalah wajah yang berkulit putih. Hingga sekarang, standar kecantikan wanita berupa kulit putih tersebut tidak berubah. Sayangnya tidak semua orang dilahirkan dengan kulit putih, ada yang berkulit hitam atau sawo matang sejak lahir. Itulah sebabnya para wanita tidak segan untuk mencari cara agar kulit mereka bisa menjadi semakin putih walaupun pada dasarnya mereka tidak memiliki warna kulit putih sejak lahir. Perbedaan kulit sawo matang dengan kulit putih memang cukup terlihat, dan ini bisa menambah rasa tidak percaya diri para wanita yang menginginkan kulit putih cemerlang.

Yang banyak tidak diketahui adalah bahwa wanita yang berkulit gelap ataupun sawo matang sekalipun bisa tetap terlihat cantik dan menarik dengan melakukan perawatan yang tepat. Justru seharusnya kita bersyukur dengan memiliki kulit sawo matang khas wanita Indonesia, sebab banyak orang yang mengagumi perbedaan warna kulit wanita Indonesia yang disebut eksotis. Tidak sedikit pula orang barat yang menginginkan kulit berwarna eksotis seperti sawo matang, dan mereka kerap berjemur di pantai atau melakukan pencoklatan kulit di salon agar terlihat berkulit gelap.

Bisakah Memutihkan Kulit Sawo Matang

Anda perlu mengetahui sejauh mana apakah kulit sawo matang bisa putih untuk menghindari pengharapan yang berlebihan. Warna kulit paling maksimal yang bisa kita dapatkan adalah sesuai dengan warna kulit di bagian dalam lengan atas atau paha bagian dalam, dimana di area tersebut terdapat warna kulit paling putih dari tubuh kita. Itulah cara mengetahui warna kulit asli kita, yang tidak terkena matahari sehingga tidak berubah warna. Jadi kulit paling putih yang bisa Anda dapatkan adalah warna kulit pada area tersebut. Sebab itulah, warna kulit sawo matang tidak akan dapat berubah menjadi putih bersih, melainkan hanya bisa tampak cerah dan bersih saja. Beberapa cara merawat kulit sawo matang agar tampak lebih cerah yaitu:

  • Lakukan perawatan harian secara rutin

Perawatan kulit yang rutin merupakan kunci dari kulit yang sehat dan terhindar dari kata kusam. Untuk pemilik kulit sawo matang, kulit kusam akan membuatnya terlihat lebih gelap bahkan hitam. Apakah kulit sawo matang bisa putih bisa dilihat dari perawatan yang Anda lakukan, antara lain menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 20, menggunakan pelembab atau body lotion, atau serum pencerah yang mengandung vitamin C, kojic acid dan retinoic acid. Anda juga dapat menggunakan foundation untuk kulit sawo matang, merk bedak untuk kulit sawo matang, dan bb cream untuk kulit sawo matang untuk memaksimalkan penampilan make up sehari – hari.

  • Melulur kulit secara teratur

Kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam memungkinkan kita mencari bahan alami untuk perawatan kulit tradisional dengan mudah. Apakah kulit sawo matang bisa putih bisa Anda dapatkan dengan melulur kulit tubuh secara teratur. Anda bahkan tidak perlu menggunakan lulur buatan sendiri jika tidak punya banyak waktu luang, sebab di supermarket sekarang sudah tersedia banyak produk lulur instan yang diklaim tetap dibuat dari bahan – bahan alami. Lulur alami seperti bengkoang, kopi, kunyit, serta banyak lagi mengandung antioksidan serta vitamin untuk mencerahkan kulit sawo matang dan menghindari penyebab kulit hitam.

  • Menghindari kebiasaan buruk

Kebiasaan sehari – hari yang Anda lakukan juga akan mempengaruhi kondisi kulit. Apabila Anda terbiasa merokok, minum alkohol, jarang membersihkan wajah, jarang mandi, atau tidak makan dengan benar maka akan ada dampaknya pada kulit yang akan terlihat kusam dan tidak sehat. Apabila Anda benar – benar ingin memiliki kulit sawo matang yang cerah dan bersih, maka hentikan semua kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kulit terlebih jika kulit Anda merupakan salah satu jenis kulit yang susah putih

  • Perawatan dari dalam

Apakah kulit sawo matang bisa putih juga ditentukan oleh pola makan Anda serta kondisi tubuh. Anda dapat mengontrol pola makan dan juga apa saja yang Anda makan. Jauhi makanan berlemak, junk food, minuman kemasan dan berpengawet, banyak mengandung gula, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat yang banyak mengandung vitamin A, C, E dan beta karoten, omega 3, dan sebagainya. Kulit yang dehidrasi juga akan terlihat hitam, maka Anda perlu juga mencukupi asupan air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari.

  • Perawatan di salon

Anda juga dapat mencoba berbagai perawatan untuk kulit di salon yang saat ini telah banyak menawarkan variasi pemutihan kulit. Pilihlah salon yang benar – benar memiliki tenaga ahli terlatih agar Anda tidak mengalami efek samping yang merugikan. Anda dapat melakukan facial atau peeling tubuh untuk membuat kulit menjadi tampak lebih cerah. Selain itu, pilih juga salon yang menggunakan bahan – bahan yang aman dan alami, serta produk – produk yang terjamin keasliannya.

Diatas semua itu, pemikiran apakah kulit sawo matang bisa putih seharusnya tidak perlu ditanyakan, sebab setiap orang sudah sempurna apa adanya dengan warna kulit yang dimiliki sejak lahir. Warna kulit kita sudah ditentukan melalui susunan genetika yang dimiliki, maka akan sulit jika mengharapkan kulit yang sangat putih jika warna kulit asli Anda tidaklah putih alami. Mencoba – coba berbagai perawatan canggih yang dapat memutihkan kulit sebenarnya bisa saja dilakukan, namun hal itu beresiko membuat Anda mengalami efek samping dari perawatan tersebut jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, yang paling penting adalah merawat kulit dengan rutinitas yang tepat dan teratur agar senantiasa terlihat cerah dan sehat walaupun kulit Anda tidak putih. Waspadalah agar tidak tergiur dengan krim pemutih palsu atau iklan – iklan pemutih kulit yang gencar tanpa memeriksa secara teliti produk tersebut sebelum menggunakannya.