4 Cara Menggunakan Masker Beras Setiap Hari Dengan Aman

Menjaga wajah agar selalu tampak cerah dan bersih sebagaimana keinginan setiap wanita tidak selalu mudah untuk dilakukan. Diperlukan perawatan yang teratur dan telaten untuk setiap wanita agar mendapatkan kulit wajah sempurna. Salah satu perawatan kecantikan yang bisa dilakukan adalah dengan memakai masker wajah yang jenisnya beragam. Masker wajah yang berbahan alami kerap menjadi pilihan karena dianggap lebih aman daripada masker berbahan kimia, misalnya masker wajah yang terbuat dari beras. Untuk menggunakan beras sebagai masker wajah, terlebih dulu kita harus membuatnya menjadi tepung beras. Beras tinggi akan kandungan nutrisi dan mineral, mengandung bahan pelindung matahari seperti asam ferulat dan allantoin, juga bagus sebagai anti inflamasi, meredakan kulit terbakar matahari, dan mencegah kulit menjadi hitam. Tepung beras juga kaya akan kandungan vitamin B.

Manfaat Masker Tepung Beras

Masker beras sudah menjadi resep kecantikan rahasia wanita Asia sejak lama. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan penggelapan kulit wajah seperti stress, polusi dan kerusakan karena sinar matahari, namun dengan bantuan masker tepung beras Anda bisa mendapatkan rona kulit yang bersinar kembali. Beberapa manfaat dari masker beras yaitu:

  • Tepung beras mempunyai manfaat penyerapan yang luar biasa. Cara menggunakan masker beras setiap hari akan membantu menyerap kelebihan minyak dari kulit dan mengurangi resiko penyumbatan pori – pori serta jerawat.
  • Penumpukan kelebihan minyak pada kulit membuat wajah tampak gelap dan kusam. Tepung beras akan menyerap kelebihan minyak dan menyegarkan kulit. Ini sebabnya orang – orang dengan kulit berminyak menyukai tepung beras sebagai masker penyerap minyak pada wajah.
  • Tepung beras tidak hanya membantu dalam menghilangkan kelebihan minyak dari wajah tetapi juga bertindak sebagai bahan yang membantu manfaat eksfoliasi wajah. Jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti minyak kelapa atau air putih akan membantu merontokkan ciri – ciri sel kulit mati pada wajah dan menyingkap kulit yang bersih, lembut dan bersinar.
  • Cara menggunakan masker beras setiap hari merupakan cara mencegah penuaan dini yang berasal dari kandungan vitamin B didalamnya untuk menghambat proses penuaan dan memperbarui produksi sel.
  • Cara menggunakan masker beras setiap hari lainnya adalah kemampuan untuk mendorong produksi kolagen di kulit dan membantu kulit memelihara elastisitas alami sehingga tetap kencang dan menjadi tips mencegah penuaan dini.
  • Tepung beras juga dapat membantu mengontrol produksi melanin pada kulit wajah sehingga tetap tampak bersih dan cerah.
  • Tepung beras juga bagus untuk merawat kulit yang rusak karena sinar matahari.

Cara Memakai Masker Beras

Ide dari cara menggunakan masker beras setiap hari sebenarnya sederhana, bahwa masker wajah adalah jenis perawatan dengan tujuan tertentu untuk kulit dan harus digunakan secara berkala tergantung pada kebutuhan kulit Anda. Cara menggunakan masker beras setiap hari bisa saja dilakukan, namun Anda perlu menyesuaikan jenis masker beras dan bahan pelengkapnya dengan kondisi kulit yang dirasakan pada hari itu.

1. Menghilangkan perubahan warna kulit

  • Cara menggunakan masker beras setiap hari ini akan membantu Anda untuk menghilangkan warna kulit yang menggelap dari wajah. Siapkan tepung beras, bubuk coklat dan susu dingin secukupnya, masukkan dalam sebuah mangkok.
  • Campur semua bahan sampai menjadi tekstur yang lembut. Dengan bantuan jari tangan Anda, aplikasikan pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat lalu gunakan setiap hari untuk mendapatkan efek yang lebih terlihat.

2. Menghilangkan jerawat

Tepung beras kaya akan bahan penyerap minyak yang bisa membantu mengontrol breakout jerawat hingga pada tahap yang signifikan. Anda hanya membutuhkan 3-4 tetes minyak kastor, satu sendok makan tepung beras dan beberapa tetes air mawar. Aduk rata sampai menjadi kental dan aplikasikan pada wajah, lalu biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Menghilangkan sel kulit mati

Cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat bisa didapatkan melalui pemakaian masker tepung beras juga. Siapkan dua sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok makan tepung beras. Aduk sampai rata dan aplikasikan pada wajah Anda, biarkan selama 20 menit sampai kering sepenuhnya. Bilas dengan air ketika sudah waktunya.

4. Sebagai anti penuaan

Jika Anda ingin menghilangkan garis halus serta keriput di wajah maka cara menggunakan masker beras setiap hari bisa membantu. Untuk membuatnya, siapkan satu sendok makan tepung beras dan dua putih telur. Masukkan dalam mangkok dan aduk, aplikaikan pada wajah dan biarkan mengering. Bilas dengan air dingin dan tunggu hasilnya.

5. Meratakan warna kulit

Siapkan oat, tepung beras dan madu. Oat akan membantu merontokkan sel kulit mati dari kulit. Siapkan satu sendok makan tepung beras, satu sendok makan oat, satu sendok makan susu dan satu sendok makan madu. Campur semua bahan sampai menjadi pasta kental. Oleskan pada seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. Waspadai efek samping masker tepung beras dan efek samping masker tepung beras Rosebrand yang bisa dialami jika menggunakannya secara berlebihan.

Cara menggunakan masker beras setiap hari bisa Anda lakukan dengan mengkombinasikan beberapa jenis masker tepung beras dan bahan pelengkapnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Gunakan beberapa macam masker beras yang berbeda setiap minggunya dan usahakan untuk tidak menggunakan satu jenis masker beras yang sama berturut – turut. Perhatikan bagaimana aktivitas yang Anda jalani dalam satu hari untuk menentukan masker beras mana yang akan digunakan pada malam harinya. Namun jangan lupa untuk mengenali tanda – tanda yang mungkin akan muncul pada kulit wajah jika ada efek samping dari menggunakan masker beras setiap hari, dan hentikan pemakaian untuk sementara terutama untuk pemilik ciri – ciri kulit sensitif.