3 Efek Samping Masker Tepung Beras Rose Brand Pada Wajah

Keinginan memiliki kulit wajah yang putih dan cerah sudah bukan merupakan suatu hal yang langka dialami oleh banyak wanita. Sejak dulu, kulit yang putih bersih dan mulus telah dianggap sebagai standar kecantikan para wanita Asia. Tidak semua wanita Asia memiliki kulit yang putih sejak lahir, terutama wanita Indonesia yang lebih banyak berkulit kuning langsat atau sawo matang. Karena itu banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan untuk bisa mendapatkan warna kulit seperti yang diinginkan, terutama di wajahnya.

Untuk mendapatkan warna kulit yang sempurna hampir segala cara dilakukan, termasuk melakukan perawatan wajah dengan metode paling canggih dan terkini agar wajahnya bisa terlihat putih dan mulus. Akan tetapi tidak semua wanita mampu mengeluarkan biaya besar bagi perawatan wajahnya. Bagi mereka yang tidak mampu atau tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah, Anda bisa memilih bahan – bahan alami yang berkhasiat untuk kulit wajah, salah satunya tepung beras.

Manfaat Masker Tepung Beras

Beberapa manfaat dari masker tepung beras yang membuatnya menjadi bahan ideal untuk perawatan kulit wajah secara alami bagi para wanita antara lain:

  •  Mengurangi jerawat – Tepung beras memiliki manfaat antiseptik yang bisa melawan kuman serta bakteri yang menyebabkan jerawat dan juga allantoin yang membantu untuk meringankan peradangan pada kulit.
  • Mencerahkan kulit – Tepung beras kaya akan mineral, asam amino dan vitamin yang akan meningkatkan elastisitas kulit dan mencerahkan kulit. Selain itu kandungan tirosinase didalamnya juga bisa mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit sehingga kulit tetap cerah, dan menjadi cara memutihkan kulit dengan tepung beras.
  • Melindungi dari sinar UV – Kandungan tinggi Para Aminobenzoic Acid atau PABA dalam tepung beras bermanfaat sebagai tabir surya yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat.
  • Melawan penuaan – Tepung beras bisa menjadi bahan masker wajah yang dapat menjadi cara mengatasi tanda – tanda penuaan pada kulit berupa keriput dan garis halus berkat kandungan ferulic acid, antioksidan yang akan membantu menjadi cara mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis halus dan melembabkan kulit. Kandungan vitamin B juga akan meregenerasi sel – sel wajah.

Efek Samping Pemakaian Masker Tepung Beras Rosebrand

Tepung beras sudah dikenal memiliki manfaat bagus untuk digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Merk rose brand kerap digunakan oleh para beauty influencer untuk digunakan sebagai masker wajah. Selain itu, harganya yang murah dan kemasan praktis, mudah dibeli di toko mana saja membuat Anda tidak perlu repot menggiling atau menghancurkan butiran beras untuk dijadikan masker wajah. Kemudahan menggunakan tepung beras rose brand ini mungkin saja bisa menjadi motivasi tambahan untuk mulai melakukan perawatan wajah secara rutin. Akan tetapi, Anda juga perlu mewaspadai efek samping masker tepung beras rosebrand yang bisa saja terjadi pada kulit wajah apabila tidak digunakan sesuai petunjuk pemakaian.

1. Menghilangkan kelembapan kulit

Efek samping masker tepung beras rose brand apabila dilakukan setiap hari adalah dapat membuat kelembapan kulit menjadi berkurang jauh sehingga kondisi kulit wajah justru kering. Salah satu fungsi masker tepung beras adalah untuk menyerap kelebihan minyak di wajah, maka jika Anda menggunakannya setiap hari akan ada resiko kulit terus menerus terserap produksi minyak alaminya. Kondisi yang demikian tentu bisa membuat kulit wajah menjadi sangat kering bahkan teriritasi dan bukannya menjadi putih cerah seperti yang diharapkan.

2. Kulit menjadi sensitif

Tepung beras juga bermanfaat untuk meluruhkan ciri – ciri sel kulit mati dari kulit wajah, karena itu efek samping masker tepung beras rose brand bisa menyebabkan ciri – ciri kulit tipis. Kulit yang tipis akan mudah menjadi sensitif. Apabila Anda mengalami ciri – ciri kulit sensitif, hal tersebut akan mengakibatkan kulit mudah terkena masalah seperti iritasi, kemerahan, atau jerawat. Perhatikan juga cara mengetahui jenis kulit wajah dan ciri – cirinya sebelum mencoba menggunakan masker apapun untuk menghindari efek sampingnya pada kulit wajah.

3. Menyumbat pori – pori

Pemakaian masker yang dilakukan dalam intensitas tinggi beresiko membuat wajah mengalami penyumbatan pori – pori terutama jika masker kurang dibersihkan dengan seksama. Untuk mencegah efek samping masker tepung beras rose brand itu terjadi, Anda perlu melakukan pembersihan secara teliti apabila telah memakai masker wajah. Apabila wajah kurang dibersihkan dengan benar, tentunya akan menimbulkan resiko akan muncul jerawat di kulit wajah. Jika demikian, bukannya mendapatkan wajah yang  bersih, Anda justru akan mendapatkan masalah baru berupa jerawat.

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan masker wajah perlu dilakukan selama dan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang bagus. Karena itu banyak yang memakai masker wajah semalaman dan melakukan manfaat memakai masker beras setiap hari. Efek samping masker tepung beras rose brand ini bisa saja terjadi karena Anda menggunakan masker terlalu lama dari waktu yang seharusnya, yaitu sekitar 15-20 menit saja setiap kali pemakaian. Menggunakan masker tepung beras terlalu sering atau setiap hari melebihi 1-2 kali seminggu juga akan beresiko menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Tidak semua jenis masker wajah bisa digunakan semalaman atau setiap hari, semua itu akan tergantung kepada jenis bahan yang Anda gunakan. Berilah kulit Anda kesempatan bernapas dari perawatan wajah sewaktu – waktu dan periksa ulang mengenai bolehkah menggunakan masker tepung beras setiap hari. Lakukan juga tes alergi sebelumnya. Apabila Anda mengikuti aturan pemakaian dengan benar, maka bisa dipastikan tidak akan ada efek samping yang akan terjadi dari penggunaan tepung beras rose brand sebagai masker wajah.