4 Efek Samping Masker Tepung Beras Pada Kulit Kering

Banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya besar demi mendapatkan penampilan yang sempurna. Dana besar itu biasanya digunakan untuk membeli produk perawatan kecantikan, terutama untuk wajah. Bagi para wanita yang tidak ingin mengeluarkan biaya mahal untuk merawat diri, tentunya mereka lebih memilih menggunakan bahan tradisional dan alami yang telah dijamin dan terbukti bisa membantu penampilan mereka lebih optimal. Dari keseluruhan penampilan kita, wajah adalah bagian – bagian yang paling mudah dilihat untuk pertama kalinya oleh orang lain.

Kulit wajah yang sehat dan kinclong tentunya juga menjadi incaran para wanita agar mereka tidak perlu merasa minder dengan noda – noda dan masalah pada kulit wajah yang terlihat jelas. Bagi mereka yang tidak ingin merawat wajahnya dengan biaya besar, tepung beras menjadi salah satu bahan alami dan tradisional yang digunakan untuk masker wajah. Tepung beras terutama dikenal sangat efektif sebagai bahan yang bagus untuk mengatasi masalah pigmentasi pada kulit wajah, keberadaan garis – garis halus di wajah dan untuk cara mengatasi penuaan dini pada wajah.

Keunggulan Tepung Beras Sebagai Masker Wajah

Tepung beras lebih dikenal sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan makanan atau kue. Belakangan ini terungkap bahwa tepung beras telah digunakan selama berabad – abad untuk dijadikan bahan perawatan kecantikan kaum wanita di berbagai negara di Asia. Cara memutihkan kulit dengan tepung beras merupakan salah satu manfaat beras untuk wajah. Kandungan allantoin sebagai anti radang dan sifat antiseptiknya membuat tepung beras bermanfaat untuk melawan jerawat dan memperbaiki tekstur kulit, kandungan asam amino dan vitamin di dalamnya bekerja untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Produksi melanin di kulit yang berlebihan juga bisa dicegah melalui kandungan tirosinase dan aminobenzoic pada tepung beras, juga mengandung Para Aminobenzoic Acid (PABA) yang berfungsi melindungi kulit dari sinar Uvdan meningkatkan penyerapan vitamin C di tubuh. Selain itu, kandungan ferulic acid akan mengencangkan kulit kendur, menyamarkan garis – garis halus, melembabkan kulit. Vitamin B juga akan meregenerasi sel – sel wajah dan menjadi cara mencegah penuaan dini. Menggunakan masker tepung beras secara teratur dapat mempertahankan elastisitas kulit agar selalu tampak awet muda.

Bahaya Penggunaan Masker Tepung Beras

Masker beras yang terbuat dari beras yang bebas bahan kimia konon aman dari berbagai efek samping masker tepung beras karena dibuat dari bahan alami tanpa campuran apapun. Efek samping masker tepung beras bisa terjadi karena penggunaan beras zaman sekarang yang sudah banyak diberi campuran lain seperti pemutih, pengawet dan pemanis buatan agar warnanya tampak putih bersih. Efek samping masker tepung beras bisa saja dialami berupa beberapa hal berikut ini.

1. Iritasi Kulit

Kandungan zat kimia pada beras membuatnya teriritasi terutama apabila tidak mendapatkan beras yang masih murni tanpa tambahan apapun ketika menggunakannya sebagai masker beras, walaupun jika Anda melakukan cara membuat masker beras tanpa campuran. Kulit yang tidak tahan pada bahan kimia keras kemungkinan akan terdeteksi dengan timbulnya tanda – tanda iritasi seperti kulit mengelupas dan ruam kemerahan. Tidak tertutup kemungkinan bahwa kulit juga akan meradang karena iritasi tersebut. Karena tepung beras pada dasarnya berasal dari butiran besar yang dihancurkan, maka teksturnya sama sekali tidak halus dan bepotensi menjadi iritan. Tepung beras justru dapat berfungsi sebagai scrub yang dapat berbahaya bagi kulit karena butirannya yang kasar.

2. Jerawat

Kemunculan jerawat sebagai efek samping masker tepung beras bisa terjadi ketika pori – pori tersumbat karena menggunakan masker terlalu lama pada wajah. Penggunaan masker tepung beras disarankan hanya untuk dilakukan selama 20-30 menit untuk memaksimalkan penyerapan kandungan zat pada tepung beras. Penggunaan yang lebih lama dari itu, membuat kandungan zatnya berkurang. Oleh sebab itu efek samping masker tepung beras bisa terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat.

3. Kulit Kering

Zat kimia dan bahan – bahan pencampur lain yang digunakan pada ramuan masker tepung beras bisa menjadi penyebab kulit kering. Seperti diketahui bahwa bahan kimia yang ada pada produk kosmetik tertentu terkadang terlalu keras untuk digunakan pada kulit dan bisa menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas dan pecah – pecah. Akibatnya kulit wajah justru akan mengalami kerusakan dan tidak mendapatkan manfaat dari masker tepung beras tersebut. Tepung beras juga dapat menyerap minyak dan kandungan air pada kulit, sehingga berpotensi menyebabkan kulit menjadi semakin kering.

4. Reaksi Alergi

Menggunakan masker tepung beras bisa menimbulkan reaksi alergi terutama jika Anda tidak melakukan tes alergi lebih dulu sebelum menggunakannya pada kulit wajah. Reaksi alergi sebagai efek samping masker tepung beras bisa terjadi dan muncul berupa gatal, bintik – bintik, atau ruam kemerahan yang cukup perih, bahkan bisa timbul jerawat.

Efek samping masker tepung beras bisa terjadi jika Anda menggunakan masker ini terlalu lama atau dengan kata lain membiarkannya menempel di wajah dalam waktu yang melebihi 20 – 30 menit. Manfaat memakai masker beras setiap hari mungkin akan memberikan hasil positif hanya jika dilakukan dengan benar sebagai cara memutihkan wajah dengan beras. Pemakaian masker perlu dilakukan secara berkala dan dengan selang waktu tertentu agar teratur dan efeknya bisa maksimal. Namun mengenai pertanyaan bolehkah memakai masker tepung beras setiap hari dapat menimbulkan efek samping yang kurang menyenangkan. Efek samping ini pada umumnya akan dialami terutama pada wanita yang memiliki kulit wajah kering sehingga tidak dapat dilakukan  terlalu lama pada kulit wajah. Untuk meminimalkan resiko efek samping negatif apapun yang mungkin terjadi , lakukan tes alergi sebelum melakukan cara memutihkan wajah secara alami dengan beras dan melakukan cara menggunakan masker beras.