Ciri-Ciri Rambut Botak dan Penyebabnya

Kebotakan pada umumnya terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia. Namun, saat ini berbagai usia juga dapat mengalami kebotakan. Selain orang tua, kebotakan juga dapat terjadi pada anak muda dan dapat muncul lebih dini, baik pada laki-laki maupun pada wanita. Salah satu ciri-ciri rambut botak yaitu rambut rontok parah.

Keadaan rambut yang botak tentu akan mengganggu penampilan. Bagian rambut lain tebal dan bagian yang lainnya tipis atau botak akan mempengaruhi rasa percaya diri anda. Nah, untuk mengetahui ciri-ciri rambut botak dan penyebabnya, anda bisa simak  berikut.

Ciri-Ciri Rambut Botak

Ada beberapa ciri rambut mengalami kebotakan.  Untuk mengetahuinya anda bisa simak berikut ini.

1. Rambut Menipis

Ciri-ciri rambut botak yang pertama yaitu rambut menipis. Rambut menipis pada beberapa bagian kepala bisa disebabkan karena ketidakmampuan kulit rambut dalam mempertahankan akar rambut.  Kondisi ini menyebabkan terjadinya penipisan pada beberapa bagian kepala. Pertumbuhan rambut menjadi tidak merata,  pada bagian lain rambut tebal,  namun pada bagian yang lainnya tipis. Penipisan ini biasanya terjadi pada bagian depan hingga ke depan.

2. Rambut Pada Bagian Lain Menipis

Selain pada kepala, kebotakan juga bisa terjadi pada bagian tubuh yang lainnya seperti pada alis.  Jika alis anda menipis,  maka penting untuk memperhatikannya.

3. Rambut Rusak

Keadaan rambut rusak bisa menjadi salah satu ciri anda mengalami kebotakan.  Jika rambut mudah patah dan rapuh maka akibatnya akan cepat rontok. Selain itu, keratin rambut yang rusak akan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.  Keadaan kulit kepala yang tidak sehat akan kesulitan menahan akar rambut.  Salah satu tanda kulit kepala tidak sehat yaitu adanya jamur pada kulit kepala yang ditandai dengan adanya ketombe.

4. Rambut Rontok

Ciri-ciri rambut botak yang lainnya yaitu mengalami kerontokan. Setiap kali anda menyisir rambut, banyak sekali rambut yang berguguran akibat rambut rontok.  Jika semakin hari keadaan rambut rontok anda semakin parah maka lambat laun rambut anda akan mengalami kerontokan.

Penyebab Kebotakan

Seseorang mengalami kebotakan tentu bukan tanpa adanya sebab.  Nah,  berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut rontok.

  • Stress

Seperti yang kita ketahui,  stress tidak baik untuk kesehatan. Stress dapat menyebabkan penyakit, selain itu dapat memicu kerontokan menjadi semakin parah. Stress akan menghambat kinerja hormon.  Selain karena stress mental juga bisa karena stress fisik. Dianggap keadaan yang normal jika kerontokan dan pertumbuhan rambut seimbang.  Hanya saja jika pertumbuhan rambut tidak seimbang maka perlu perhatian khusus.  Biasanya pada perempuan bisa disebabkan karena adanya penyakit kulit yang jika tidak diatasi dapat menyebabkan kebotakan.

  • Hormon

Kebotakan yang terjadi pada laki-laki umumnya disebabkan karena genetik atau hormon, serta pola rambut yang menipis.  Apabila anda mengalami kerontokan yang cukup parah kemudian pada kepala ada beberapa bagian rambut yang menipis maka anda harus mewaspadai keadaan ini.

  • Produk Rambut

‌Dalam memilih produk perawatan rambut anda harus lebih berhati-hati.  Pasalnya ada produk perawatan yang cocok dan ada produk yang tidak cocok.  Anda juga harus memperhatikan tipe atau jenis rambut anda.  Memakai produk yang tidak cocok dengan jenis rambut akan memicu timbulnya masalah pada rambut,  salah satunya kebotakan.

Itulah ciri-ciri rambut botak dan beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Anda harus mengetahui cara menumbuhkan rambut botakcara menumbuhkan rambut botak bagian depan atau cara menumbuhkan rambut pitak dengan tepat. Semoga bermanfaat.