Sponsors Link

Cara Memutihkan Wajah dengan Beras dalam 1 Minggu

Sponsors Link

Beras menjadi komoditas pangan utama di Indonesia. Akhir-akhir masyarakat dihebohkan dengan berita beras merek kualitas premium yang dioplos sehingga muncul kekhawatiran dan kekecewaan masyarakat untuk membeli beras dengan merek yang sama. Namun tenang Kita kesampingkan dulu tentang beras oplosan. Pembahasan kali ini masih berhubungan dengan beras, tetapi akan dihubungkan dengan perawatan alami.

ads

Selain dikenal sebagai makanan pokok bagi orang Indonesia, beras juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Beras dapat dimanfaatkan sebagai masker maupun sebagai bahan pencuci muka. Cara tradisional ini sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh nenek moyang kita. Dan memang terbukti, perawatan kesehatan kulit wajah dengan menggunakan masker alami akan cenderung lebih aman dan murah daripada menggunakan produk kosmetik yang bisa mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan sehat yang dengan mudah kita temukan di lingkungan kita untuk dijadikan masker perawatan kesehatan kulit wajah, salah satunya yaitu dengan menggunakan beras.

Baca Juga :

Perawatan sangat penting dilakukan bagi wajah karena wajah adalah aset utama wanita yang mudah terlihat. Jika tidak dirawat kulit wajah akan timbul masalah seperti, komedo, jerawat, kulit kering atau bahkan berminyak. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang sering terpapar polutan, maka kulit wajah akan sangat rentan terhadap gangguan. Oleh karena itu, diperlukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan masker alami untuk menjaga kesehatan wajah. Baca juga :  Cara menumbuhkan rambut di jidat yang jenong

Manfaat Beras bagi Kulit Wajah 

Beras memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit wajah, seperti dapat mengencangkan lulit, mencerahkan sekaligus memutihkan kulit, melembutkan kulit, mengangkat komedo, memudarkan noda hitam, mengencangkan kulit dan juga mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Beras mengandung berbagai vitamin dan mineral di antaranya vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, mangan (Mn), Fosfor, Zat Besi (Fe), serat, dan asam lemak esensial. Manfaat yang diperoleh dari beras memang tidak dapat dirasakan secara instan, sehingga anda harus melakukannya perawatan secara rutin dan teratur untuk dapat melihat hasilnya.

Penggunaan beras untuk memutihkan wajah dapat disesuaikan untuk segala jenis kulit. Namun ada baiknya menguji masker yang akan Anda gunakan dengan mengoleskannya ke tangan, jika tidak terjadi reaksi apapun maka lanjutkanlah pada wajah Anda. Banyak wanita yang ingin putih secara instan dengan menggunakan produk pemutih. Padahal penggunaan produk pemutih justru menghalangi mekanisme perlindungan kulit yang dilakukan oleh melanin (pigmen warna kulit) untuk melawan kerusakan akibat paparan matahari. Nah, beras yang merupakan bahan pemutih alami bagi wajah mengandung vitamin yang justru bekerja mengatur produksi dan penyebaran melanin, sehingga dapat memutihkan kulit wajah.

Baca juga :

Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

1. Masker Beras dan Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Madu juga dapat melembabkan kulit dan mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Untuk membuat masker beras madu, siapkan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah sebagai masker.

Baca juga :

2. Masker Beras dan Tomat

Tomat merupakan bahana lami yang berkhasiat untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Tambahkan tomat ke dalam masker beras kemudian tumbuk hingga halus dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah, gosok bagian atas hidung untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca juga :

3. Masker Beras dan Baking Soda

Selain dimanfaatkan dalam pembuatan kue, baking soda juga dikenal sebagai bahan yang berkhasiat untuk perawatan kecantikan wajah. Ambil tepugn beras secukupnya, tambahkan baking soda dan beberapa tetes madu. Buatlah adonan pasta dengan ketiga bahan tersebut. Oleskan adonan tersebut pada wajah secara merata. Gosok wajah secara lembut dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Bilas dengan air dingin. Baking soda berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kelebihan minyak.

Sponsors Link

4. Masker Beras, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah serta keremajaannya. Campurkan tepung beras, madu dan minyak zaitun hingga membentuk adonan pasta. Oleskan secara merata pada wajah, hindari daerah sekitar mata dan bibir. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, bilas dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk halus dengan cara menepuk-nepukkan ke wajah, jangan digosok. Lakukanlah perawatan ini seminggu sekali.

5. Masker Beras dan Gula

Gula merupakan bahan alami untuk mengatasi jerawat serta menjaga keremajaan kulit. Campurkan gula dan tepung beras hingga menjadi adonan yang dapat diaplikasikan ke wajah sebagai masker (jika terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air). Jangan lupa terapkan juga pada leher. Perpaduan dua bahan ini dapat membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

Baca juga :

ads

6. Beras, susu dan cuka apel

Masukkan tepung beras ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga berbentuk adonan pasta. Oleskan pada wajah dan leher sambil digosok pelan selama 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air dingin untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

7. Beras, Kentang dan Minyak Almond

Parut kentang dan peras airnya, sisihkan dalam mangkok. Tambahkan tepung beras dan 1 sendok teh jojoba oil atau almond oil ke dalam sari kentang, lalu aduk perlahan sampai terbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah secara merata, dan diamkan selama 10-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

Cara Membuat Masker Beras

  • Air Cuci Beras

Siapkan kurang lebih 250 gr beras di wadah, lalu campurkan air sampai terendam. Aduk merata air dengan beras lalu pisahkan beras dengan cara menyaringnya sehingga didapatkan air cuciannya saja. Ulangi selama tiga kali dan simpan air yang disaring tersebut kedalam wadah bersih terpisah. Gunakan air ini setiap saat untuk mencuci muka setiap saat. Jika disimpan di dalam kulkas, air cucian beras ini bisa bertahan selama satu minggu .

  • Kompresan Beras

Masukkan beras ke dalam kain katun kemudian tumbuk secara pelan hingga beras hancur. Beras dalam kain yang telah dihancurkan tadi dicelupkan ke dalam air hangat lalu siap digunakan.

  • Masker Beras

Masker dapat dibuat dari berbagai bahan yang mengandung nutrisi dan vitamin untuk kesehatan kulit wajah. Pembuatan masker tidak harus menggunakan satu bahan saja, tetapi bisa juga dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti madu, kunyit dan telur. Adapun cara membuat masker beras di ataranya: Ambil kira-kira tiga genggam beras, kemudian cuci sampai bersih. Rendamlah beras tadi selama kurang lebih 8 jam, agar tekstur menjadi lunak. Tiriskanlah beras yang sudah di rendam tadi, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah beras menjadi halus, jemurlah sampai benar-benar mengering, dan menjadi seperti tepung. Selanjutnya ambil dua sendok makan tepung beras yang sudah di buat sebelumnya, campurkan dengan seikit air sampai agak kental. Masker pun siap digunakan.

Baca juga :

Langkah Mencuci Wajah

  • Menggunakan Air Cucian Beras

Usapkan pada wajah Anda air rendaman beras tersebut. Pijat secara lembut selama kurang lebih 6 menit menggunakan jari. Cuci wajah Anda dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk dengan cara menepuk secara lembut pada kulit wajah Anda.

Sponsors Link

  • Menggunakan Kompres Beras

Bersihkan wajah terlebih dahulu. Keringkan dengan handuk kemudian kompreskan beras tumpuk yang telah dicelup ke air hangat ke bagian wajah. Lakukan beberapa kali. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

  • Menggunakan Masker Beras

Bersihkan wajah terlebih dahulu untuk membuang kotoran yang menempel di muka. kemudian oleskanlah pada seluruh permukaan wajah dan area leher anda secara merata. Namun hindari area dekat mata dan bibir. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilaslah wajah anda dengan air bersih. Keringkanlah wajah anda dengan menggunakan handuk kecil, dengan cara menepuk-nepukannya pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit hingga wajah terasa sedikit kaku karena air cucian beras mengendap di kulit. Lakukan metode ini secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal

Berikut adalah penjelasan tentang Cara Memutihkan Wajah dengan Beras yang bisa anda lakukan di rumah. Masker ini sangat cocok untuk semua kulit dan akan membuahkan hasil yang memuaskan jika anda menggunakannya secara rutin. Dengan menggunakan bahan yang alami seperti beras maka kita tak perlu lagi dengan efeksamping yang timbul, tetapi kalau menggunakan bahan alami biasanya tidak akan ada efek samping nya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 31st, July 2017 / 08:39 Oleh :
Kategori : Wajah