3 Cara Membuat Masker Beras Tanpa Campuran untuk Kulit Wajah

Kulit yang lembut dapat membuat iri semua wanita. Kulit yang cantik, lembut dan halus memang dapat menambah kesan feminin pada wajah seorang wanita. Lebih baik lagi jika kulit wajah yang mulus tersebut merupakan hasil dari perawatan menggunakan bahan alami sehingga meminimalkan efek kosmetik berbahan kimia di kulit wajah. Tahukah Anda bahwa beras bukan hanya bahan makanan pokok kita, namun juga ternyata mempunyai manfaat sebagai bahan perawatan kulit selama berabad – abad lamanya. Cara memutihkan wajah dengan beras merupakan suatu ritual perawatan kecantikan yang lazim sejak lama. Masker beras merupakan hal yang lazim digunakan dalam resep kecantikan dari Jepang.

Bahkan tidak hanya di Jepang, saat ini pun banyak produk kecantikan ternama menggunakan beras sebagai salah satu bahan utamanya. Beras kaya akan vitamin B yang dapat merangsang pertumbuhan dan perbaikan sel, memperlambat penuaan dini, dan meningkatkan aliran darah di kulit. Masker wajah dari beras dapat memberi manfaat eksfoliasi wajah, menambahkan kelembaban dan mencerahkan warna kulit. Masker yang terbuat dari beras cocok untuk digunakan semua jenis kulit termasuk untuk kulit yang berjerawat, memiliki ciri – ciri kulit sensitif atau kulit kering.

Kandungan Beras untuk Kulit

Di dalam butiran – butiran beras terdapat banyak manfaat yang berasal dari kandungan gizi dan vitamin alaminya. Begitu juga manfaat air beras untuk kecantikan yang tidak jauh berbeda. Zat – zat bermanfaat yang terkandung di dalam beras antara lain:

  • Asam Linoleat – Zat yang terdapat pada lapisan luar beras ini merupakan bagian yang paling penting dari beras untuk meremajakan kulit. Asam linoleat penting untuk kulit karena mengandung lipid dan ceramic yang membantu memerangi kulit kering dan melembabkan kulit. Kekurangan asam linoleat dapat menyebabkan kurangnya elastisitas kulit, menjadi penyebab wajah tampak tua di usia muda, penyebab kulit cepat keriput dan juga pengelupasan kulit.
  • Squalan – Bubuk beras juga mengandung material yang penting yang digunakan dalam banyak sekali produk kecantikan yaitu squalane. Squalane adalah anti oksidan yang sangat kuat yang membantu mendorong tingkat kolagen di kulit. Karena ini, squalane dapat membantu sebagai cara mencegah penuaan dini dan kerutan di wajah yang timbul terlalu awal sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radiasi ion.
  • Vitamin E dan Gamma Oryzanol – Sebagai tambahan dari kedua manfaat dari kandungan beras diatas, ada juga zat lain yang terkandung di dalam beras seperti vitamin E dan gamma oryzanol. Kedua elemen ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Membuat Masker Beras tanpa Campuran

Beras dapat digunakan sebaagai sarana perawatan kulit yang sangat baik dan digunakan bersamaan dengan kombinasi bahan alami lainnya untuk meningkatkan kualitas dari masker wajah tersebut dan juga mengurangi paparan bahan kimia pada kulit. Bagi Anda yanglebih memilih masker beras tanpa campuran yaitu:

1. Masker Bedak dari Beras

Cara membuat bedak dingin dari bahan beras akan memberi manfaat memakai masker beras setiap hari secara rutin. Manfaat bedak dingin untuk wajah akan membuat wajah kusam menjadi cerah kembali dan tampak segar. Cara membuat masker beras tanpa campuran yaitu:

  • Siapkan beras dan air secukupnya
  • Rendam beras selama tiga hari atau lebih sampai menjadi lunak
  • Setelah beras menjadi lunak, angkat dan tiriskan
  • Haluskan dengan menggunakan tumbukan atau blender
  • Jika ada sisa ayakan beras, tumbuk kembali sampai semua beras menjadi lembut
  • Taruh semua bahan beras yang sudah ditumbuk dalam nampan dan keringkan

2. Masker Beras Jepang

Tidak hanya beras biasa, beras jepang juga dapat memberi manfaat untuk kecantikan. Ada pula cara membuat masker air beras yang sama bermanfaatnya untuk kecantikan wajah. Cara membuat masker beras jepang tanpa campuran yaitu:

  • Siapkan tiga genggam beras jepang
  • Rendam beras jepang sampai lunak selama beberapa hari
  • Tumbuk beras hasil rendaman sampai lembut.
  • Keringkan beras hasil tumbukan tersebut.

3. Masker Air Beras

Manfaat beras untuk  wajah ada beragam, antara lain manfaat cuci muka dengan air cucian beras dan juga beras dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami.

  • Rendam secangkir beras dalam air selama lima belas sampai tiga puluh menit dan hancurkan seluruhnya di dalam air tersebut.
  • Saring dengan kain bersih dan simpan air beras di tempat hangat selama beberapa hari. Jika rendaman air tersebut mengeluarkan bau fermentasi, maka itu artinya proses tersebut berhasil.
  • Rendam kapas ke dalam air beras tersebut dan oleskan ke wajah tiap malam sebelum tidur.
  • Cuci wajah dengan air dingin dan pembersih wajah keesokan harinya

Walaupun cara membuat masker beras tanpa campuran ini dinyatakan sangat cocok untuk segala jenis kulit termasuk untuk cara merawat wajah sensitif, lebih baik Anda melakukan tes alergi terlebih dulu sebelum mencobanya agar lebih aman. Cobalah dulu masker ini dalam jumlah kecil pada lengan bawah Anda dan lihat bagaimana kulit Anda bereaksi. Mempercantik wajah dengan menggunakan masker beras adalah pilihan yang aman walaupun mungkin hasilnya akan Anda rasakan dalam waktu agak lama, sebagaimana semua perawatan dengan bahan alami yang memang tidak akan memberikan hasil yang instan.