8 Cara Menghilangkan Bruntusan Akibat Ketergantungan Krim Dokter

Setiap wanita tentunya ingin selalu tampil cantik, dan memiliki kulit yang flawless adalah dambaan bagi setiap wanita. Untuk tampil sempurna, terkadang wanita tidak segan-segan merogoh kocek yang dalam, baik untuk membeli produk mahal atau melakukan perawatan di dokter kecantikan. Namun, menggunakan krim dari dokter lama kelamaan justru akan menyebabkan ketergantungan. Bahkan saat penggunaan di hentikan, berbagai masalah timbul pada wajah, termasuk jerawat atau penyebab wajah bruntusan.

Nah, berikut ini langkah mudah melepaskan ketergantungan krim dokter:

  • Jika anda ingin melepaskan krim dokter, maka anda harus siap dengan kondisi terburuk bahwa kulit anda akan bruntusan, penyebab wajah kusam dan muncul jerawat. Keadaan ini sebenarnya normal sebagai proses detoksifikasi. Anda jangan khawatir, keadaan ini tidak akan berlangsung lama.
  • Ketika anda memutuskan untuk berhenti dari krim dokter, sebaiknya anda berhenti pelan-pelan. Hindari langsung berhenti dalam satu waktu. Dalam seminggu sekali anda dapat berhenti menggunakan satu produk hingga semuanya tidak anda gunakan lagi.
  • Ketika kulit anda sedang dalam masa detoksifikasi anda harus memastikan jika anda menggunakan perlindungan terhadap polusi ataupun sinar matahari. Selain itu, disarankan untuk mengoleskan lidah buaya saat proses detoksifikasi.

Selain itu, anda dapat mengikuti beberapa cara menghilangkan bruntusan akibat ketergantungan krim dokter seperti di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bruntusan Akibat Ketergantungan Krim Dokter

Untuk mengatasi masalah bruntusan pada wajah anda, anda dapat mencoba cara menghilangkan bruntusan akibat ketergantungan krim dokter seperti di bawah ini.

1. Hindari Terlalu Sering Memegang Area Wajah

Sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah karena ketergantungan krim dokter, anda sebaiknya menghindari memegang area wajah yang terlalu sering karena akan dapat memicu produktivitas kelenjar sebum. Selain itu, tangan anda yang kotor akan memicu peradangan pada komedo.

2. Batasi Cuci Muka

Untuk mencuci muka, sebaiknya jangan terlalu jarang namun juga jangan terlalu sering. Anda cukup membatasi mencuci muka dua kali dalam sehari. Dalam membersihkan wajah anda dapat menggunakan 2 tahap. Tahap pertama menggunakan minyak pembersih atau menggunakan susu pembersih. Tahap kedua yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan sabun khusus pembersih wajah. Sebaiknya anda memilih sabun pembersih wajah non deterjen untuk menjaga agar kulit tetap bersih namun tetap dapat menjaga kelembaban kulit. Setelah mencuci wajah, anda tentu akan mengeringkan wajah. Namun sebaiknya hindari menggosok kulit terlalu keras.

3. Gunakan Pelembab Khusus

Setelah mencuci wajah, sebaiknya anda menggunakan pelembab khusus dan pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

4. Rutin Menggunakan Masker

Menggunakan masker memiliki banyak manfaat untuk kulit. Anda dapat menggunakan masker rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat, serta menjaga agar kulit tetap lembab.

5. Hindari Menggunakan Make Up

Sebagai seorang wanita anda tentu tidak bisa terlepas dari yang namanya make up. Dengan memoles wajah menggunakan make up anda akan merasa lebih percaya diri. Sebagai cara menghilangkan bruntusan akibat ketergantungan krim dokter, sebaiknya anda menghindari terlebih dahulu make up. Jika tidak bisa, anda bisa menggunakan make up khusus untuk kulit sensitif atau berjerawat. Sebelum anda tidur pastikan make up dibersihkan dengan baik dan benar.

6. Hindari Merokok dan Paparan Asap Rokok

Jika anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Selain itu, penting juga untuk menghindari paparan asap rokok untuk menghindari masalah semakin bertambah parah.

7. Gunakan Tabir Surya

Agar terhindar dari paparan buruk sinar matahari, anda dapat menggunakan tabir surya. Sebaiknya gunakan tabir surya mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Ikuti petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan tabir surya dan anda dapat mengikuti anjuran pemakaian.

8. Menjalankan Hidup Sehat

Menjalankan hidup sehat penting dilakukan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, menjalankan hidup sehat juga akan membuat anda terhindar dari berbagai masalah. Anda dapat menjalankan hidup sehat dengan menghindari kebiasaan buruk dan menerapkan pola makan sehat.

Selain dengan beberapa cara di atas, anda dapat menggunakan cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan yaitu lemon yang dicampur dengan air, campuran telur dan madu, cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu, lidah buaya, air hangat, oatmeal, madu dan lain sebagainya. Diketahui bahan-bahan alami tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Untuk mengetahui cara menghilangkan bruntusan dengan alami anda bisa lihat pada artikel kami yang berujudul cara menghilangkan bruntusan akibat krim dokter.

Anda dapat melakukan beberapa tips di atas dengan rutin. Namun, jika tidak ada perubahan sebaiknya anda melakukan konsultasi pada dokter spesialis kulit. Demikian cara menghilangkan bruntusan akibat ketergantungan krim dokter. Semoga bermanfaat.