6 Cara Menghilangkan Kulit Kepala Kering dan Mengelupas

Semua orang pada satu waktu dalam hidupnya akan mengalami masalah kulit kepala yang kering. Gejala kulit kepala kering adalah gatal yang terus menerus yang mungkin juga disertai ketombe, perih, lecet dan rambut rontok. Kenapa kulit kepala kering karena tidak dapat memproduksi minyak alami dalam jumlah yang cukup untuk menutrisi rambut sehingga tampak kusam,kulit kepala gatal dan mengelupas. Kulit kepala kering bisa menyebabkan ketombe yang memalukan ketika serpihan – serpihan kulit berwarna putih rontok pada pakaian dan rambut Anda.

Kondisi kulit kepala kering bahkan bisa menyebabkan kulit kepala memerah dan teriritasi serta membuat rambut tampak kering dan kusam. Penyebab kulit kepala kering bisa berasal dari beberapa faktor seperti masalah gizi, cuaca kering dan dingin, terlalu sering keramas, bahan kimia, walaupun yang paling umum adalah reaksi terhadap perubahan cuaca atau bahan keras dalam produk perawatan rambut. Terkadang solusi sederhana seperti banyak minum air atau mencuci rambut setiap hari bisa mengatasinya, namun kondisi medis seperti eksim atau psoriasis juga bisa menjadi penyebab kulit kepala kering atau penyebab kulit kepala gatal dan bentol.

Mengatasi Kulit Kering di Kepala

Tanpa perawatan yang tepat untuk cara menghilangkan kulit kepala kering, Anda akan sulit memulihkan kondisi kulit kepala dengan baik. Kondisi tersebut bisa berubah menjadi kronis yang mengarah kepada gatal dan ketombe.

1. Pijat Kulit Kepala

Cara menghilangkan kulit kepala kering ini mungkin paling efektif. Anda bisa memijat kulit kepala sendiri dengan menggosokkan ujung jari dalam gerakan lembut dan melingkar pada kulit kepala dengan menggunakan minyak esensial. Pijat kulit kepala bisa menstimulasi produksi minyak alami dan meningkatkan peredaran darah pada folikel rambut, yang artinya akan menerima lebih banyak nutrisi dan mendorong pertumbuhan rambut. Gunakan minyak hangat sebagai terapi pada kulit kepala dan mencegah penyebab kulit kepala gatal.

2. Perawatan kondisioner

Terkadang ketika kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak alami, dapat menyebabkan rambut tampak kusam dan terasa gatal atau ada serpihan kulit yang mengelupas. Dengan melakukan perawatan kulit kepala, Anda akan dapat membereskan masalah secara instan dan memperbaiki penyebab utama kekeringan dan gatal. Sangat penting untuk memilih tipe perawatan masker rambut yang tepat untuk jenis rambut Anda dan yang mengandung banyak bahan – bahan alami. Perawatan kulit kepala yang tepat seharusnya dilakukan setidaknya selama 20 menit untuk benar – benar menembus kulit kepala. Ketika perawatan sudah selesai, bilas rambut dengan air dingin untuk menutup pori – pori dan menyegel kelembaban maksimal.

3. Mengganti produk perawatan rambut

Kulit kepala kering bisa disebabkan karena keramas terlalu sering atau menggunakan produk yang terlalu keras untuk kulit kepala dan rambut. Saran yang paling baik adalah untuk menghindari keramas setiap hari, atau memilih formula yang lembut yang khusus dibuat untuk rambut kering. Mencuci rambut terlalu sering dengan air panas dan produk rambut yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab kulit kepala mengering dan memperburuk kondisi Anda. Memilih sampo baru bisa menjadi kegiatan trial dan error, namun sampo yang tepat bisa membuat perbedaan besar dalam membersihkan dan menghidrasi kulit kepala.

4. Berhenti menata rambut berlebihan

Cara menghilangkan kulit kepala kering bisa Anda lakukan dengan berhenti sementara menggunakan alat penata rambut bersuhu panas seperti hair dryer, atau juga melakukan perawatan rambut lain seperti rebonding, smoothing, catok, cat rambut, bleaching, perming dan lainnya. Semua bahan kimia dan suhu panas yang digunakan akan mempengaruhi kulit kepala terlebih lagi jika dilakukan secara intensif. Beri kulit kepala Anda waktu istirahat yang cukup untuk melepaskan diri dari siksaan penataan rambut, dan melakukan cara mengatasi kulit kepala gatal serta membubuhkan hair tonic untuk kulit kepala gatal.

5. Perubahan menu makanan

Kebiasaan makan yang buruk dan kekurangan nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan kulit bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan kulit kepala kering. Dengan mengikuti diet makanan sehat dan menu seimbang, banyak orang mendapatkan kelegaan dalam kondisi mereka. Cukupi kebutuhan zinc, asam lemak omega 3, vitamin A, kurangi gula dan garam, juga kafein serta rokok dan minuman beralkohol untuk cara mengatasi kulit kepala kering.

6. Menjaga hidrasi kulit

Menjaga kulit dan tubuh tetap terhidrasi adalah kondisi yang penting untuk mendapatkan kulit sehat, karena dehidrasi juga dapat menjadi penyebab kulit kepala kering. Ketika tubuh dehidrasi, kulit pasti akan terlihat kering. Begitu juga dengan gejala lain seperti kelelahan dan mungkin serangan penyakit. Kulit kepala bisa menjadi kering karena sering terekspos matahari, tidak diberi pelembab dan  tidak terhidrasi sebagaimana seharusnya. Semua faktor itu bisa menyebabkan kering, gatal dan mengelupas. Minum enam sampai delapan gelas air perhari untuk hidrasi optimal, tergantung iklim dan aktivitas Anda untuk cara menghilangkan ketombe di kulit kepala dan cara menghilangkan busik di kulit kepala.

Kulit kepala yang terlalu kering bisa mengarah kepada keropeng di kulit kepala  yang membuat Anda merasa bahwa kulit semakin tertarik atau mengencang. Begitu juga dengan rasa gatal yang amat sangat dan merupakan gejala paling buruk dari kulit kepala kering. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk bereaksi secepat mungkin dalam cara menghilangkan kulit kepala kering untuk menemukan perawatan yang bagus agar dapat menenangkan dan mengobati kondisi kulit kepala yang benar – benar kering sebelum menjadi masalah besar pada kepala Anda.