7 Cara Merawat Kulit dari Dalam Secara Alami

Cuaca di Indonesia yang mulai kurang bisa diprediksi membuat kondisi kulit juga menjadi tidak menentu. Sebentar kering, sebentar lembab, dst.

Padahal, kondisi kulit perlu dijaga agar dapat bertahan di segala cuaca. Terlebih, kulit yang sehat akan berdampak pula pada rasa bahagia pemiliknya.

Dan juga, kulit yang sehat merupakan cerminan dari keseluruhan kondisi tubuh yang sehat pula. Merawat kulit dengan produk kecantikan, seperti serum, pelembab dan lotion memang perlu. Namun, merawat kulit dari dalam secara alami juga tak kalah pentingnya. Simak caranya berikut ini:

1. Omega-3

Cara merawat kulit dari dalam secara alami yang pertama adalah omega-3. Omega-3 memang sudah dikenal baik untuk kulit.

Omega-3 akan membuat membran-membran dalam sel tubuh menjadi sehat dan kuat. Membran sel yang sehat akan menjadikan kulit lembut, lembab dan sehat pula.

Manfaat lain dari omega-3 untuk kulit, antara lain:

  • Melindungi dari resiko terbakar sinar matahari
  • Mengurangi jerawat
  • Mencegah kulit kering, kemerahan dan gatal
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengurangi resiko kanker kulit

Mendapatkan asupan omega-3 yang cukup dapat melalui makanan. Selain mudah, makanan tentu bisa menjadi alternatif yang lebih murah, daripada harus membeli suplemen atau multivitamin.

Makanan yang kaya akan omega-3 antara lain salmon, kacang kenari, ikan tuna dan ikan berlemak tinggi lainnya, serta biji chia.

2. Stress

Stress, apalagi yang dibarengi dengan kecemasan, tidak hanya buruk untuk hati dan pikiran, namun juga tak baik untuk kulit. Bahkan, kulit dapat menunjukkan kondisi seseorang yang sedang stress.

Dikutip dari Harvard Heatlh Blog, bahwa stress dapat menunjukkan kondisi seseorang yang tengah stress, terlebih stress yang dialami sudah tergolong berat dan kronis. Stress dapat mempengaruhi kondisi kulit, yaitu membuat kulit menjadi:

  • Pecah-pecah
  • Ruam
  • Gatal-gatal
  • Psoriasis
  • Eksim
  • Jerawat

Oleh karenanya, perlu mengelola stress dalam diri. Memang, stress bisa menjadi suatu hal yang tak terhindarkan, namun bukan berarti tak bisa dikelola. Mengelola stress sebenarnya cukup mudah, yaitu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Meditasi
  • Gaya hidup sehat
  • Makanan bergizi
  • Cukup tidur
  • Yoga
  • Tarik nafas panjang
  • Menulis
  • Bersantai
  • Jalan-jalan

3. Olahraga

Bagaimana dengan berolahraga dapat menjadi salah satu cara untuk merawat kulit dari dalam secara alami? Manfaat olahraga adalah membuat jantung menjadi lebih sehat. Jantung yang sehat akan dapat bekerja dengan sempurna.

Jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Aliran darah yang baik, cukup dan sehat akan membawa nutrisi dan oksigen secara optimal, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Selain itu, manfaat lain dari olahraga untuk kulit, adalah:

  • Keringat sebagai pembersih kulit
  • Kulit menjadi elastis dan tampak lebih muda
  • Mengurangi stress

4. Buah

Buah sudah terkenal memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk untuk kesehatan kulit. Buah dapat ditambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari dan akan membuat kulit menjadi berseri-seri.

Pastikan buah yang akan dikonsumsi adalah buah yang sedang musim dan matang secara sempurna. Juga, lebih baik untuk tidak mencampur buah dengan produk olahan susu, seperti susu dan yoghurt.

Hal ini dikarenakan buah yang bagus untuk kulit dengan campuran dengan produk olahan susu akan memicu masalah pada kulit. Jadi, hindarilah smoothies atau milkshake agar manfaat buah dapat terserap dengan sempurna ke dalam kulit.

Berikut adalah daftar buah yang dapat membuat menjadi cerah, sehat dan berseri:

  • Alpukat
  • Jeruk
  • Nanas
  • Delima
  • Pepaya
  • Pisang
  • Kiwi
  • Ketimun
  • Tomat

5. Green Tea

Sekarang ini banyak produk kecantikan yang menjadikan green tea sebagai bahan utamanya. Ternyata hal ini bukan tanpa alasan.

Green tea dikenal memiliki kandungan anti-aging sebagai cara mencegah kerutan di wajah, penenang dan antioksidan. Karenanya, green tea menjadi diminati sebagai bahan untuk menjaga kesehatan kulit.

Green tea dapat dikonsumsi kapan saja, misalnya diseduh hangat di pagi hari atau memesan matcha di kafe pada siang hari. Apalagi, jika green tea yang akan dikonsumsi ditambah dengan sari jeruk.

Sari jeruk yang ditambahkan pada minuman green tea akan membuat antioksidan dalam tubuh bertahan lebih lama. Namun, mohon hindari konsumsi green tea apabila sedang mengonsumsi obat-obatan seperti:

  • Antibiotik
  • Pil KB
  • Antidepresan
  • Amfetamin
  • Obat keras lainnya

6. Air

Meminum air yang cukup setiap harinya memiliki dampak yang baik terhadap kesehatan dan kelembaban kulit . Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology.

Bahkan, para artis tingkat dunia, seperti Jennifer Aniston dan Beyonce, juga menyetujuinya. Kulit dapat pula menunjukkan kondisi hidrasi tubuh secara keseluruhan.

Apabila tubuh kekurangan air, kulit akan menjadi kering. Dan juga, asupan air yang cukup juga akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Namun, meminum air tidak perlu terlalu banyak. Terlalu banyak air justru akan menyebabkan mabuk air atau disebut juga dengan water intoxication.

Pada pria, disarankan untuk meminum sekitar 13 cangkir air setiap harinya. Sedangkan pada wanita, sembilan cangkir sudah cukup memadai kebutuhan air sehari-hari.

7. Kolagen

Kolagen adalah salah satu bagian dari protein yang paling banyak berada dalam tubuh manusia. Kolagen memiliki banyak fungsi, yang salah satunya adalah menjadi bahan utama pembentuk kulit.

Selain itu, kolagen juga akan membuat kulit menjadi:

  • Kuat
  • Elastis
  • Terhidrasi
  • Awet muda
  • Bebas jerawat

Keberadaan kolagen dalam tubuh perlu dijaga. Sebab, semakin bertambahnya usia seseorang, jumlah kolagen dalam tubuh akan menurun.

Kekurangan kolagen dalam tubuh akan membuat kulit menjadi kering, berkerut dan muncul masalah kulit lainnya. Untuk itu, perlu adanya asupan kolagen tambahan, baik dari suplemen maupun makanan.

Berikut merupakan makanan yang mengandung kolagen :

  • Kaldu tulang
  • Kulit ayam
  • Daging
  • Ikan
  • Jeruk
  • Brokoli
  • Paprika