5 Cara Pakai Serum Dengan Benar

Sebagai salah satu jenis produk kecantikan, serum seringkali membingungkan bagi banyak wanita. Serum berfungsi untuk melembapkan, tetapi Anda tetap harus menggunakan pelembap khusus kulit. Serum juga bisa berminyak, tetapi bukan merupakan face oil. Selain itu sulit menentukan kapan seharusnya serum digunakan, mengapa, dan jenis serum mana yang cocok untuk dipakai. Jika Anda mengaplikasikan serum dengan cara yang salah, pemakaiannya akan menjadi aktivitas yang sia – sia dan membuang waktu. Tetapi jika digunakan dengan tepat, serum akan sangat menambah keuntungan dan manfaat pada rutinitas perawatan kulit Anda. Serum akan membawa nutrisi dalam jumlah besar langsung pada kulit wajah dan meresap dalam ke kulit, tidak hanya melapisi permukaannya seperti moisturizer. Serum akan bekerja dengan baik untuk masalah khusus seperti jerawat, kulit kering, membuat kulit cerah dan mengatasi keriput. Berikut ini adalah cara pakai serum yang benar dan efektif pada kulit wajah Anda.

1. Aturan Memakai Serum

Serum mengandung konsentrasi tinggi dan bahan aktif yang berarti harus diaplikasikan pertama pada kulit yang bersih. Dengan cara pakai serum seperti ini, semua bahan aktif akan mudah menembus kulit. Aturan umum yang digunakan ketika mengaplikasikan skincare adalah mulai dari produk yang paling encer hingga ke produk yang paling kental. Semakin encer konsistensinya, akan semakin awal Anda harus mengaplikasikannya. Jadi pada dasarnya Anda harus mengaplikasikan serum, lalu minyak, gel dan akhirnya krim, lalu tabir surya sebagai lapisan terakhir. Pastikan untuk memberi jeda beberapa menit antara setiap aplikasi agar produk dapat menyerap dengan baik sekitar 1 – 3 menit dan ketahui juga apa perbedaan serum dan toner.

2. Bersihkan Wajah

Sebelum melakukan cara pakai serum, bersihkan wajah dengan facial wash atau scrub. Basahi wajah Anda lalu pijat di area dahi, pipi, hidung dan dagu. Lakukan gerakan melingkar menggunakan jari lalu bilas segera untuk menghilangkan kotoran serta minyak sedangkan eksfoliasi akan membersihkan pori – pori Anda. Bersihkan wajah setiap hari dan eksfoliasi kulit Anda 3 – 4 kali dalam sehari. Jangan gunakan eksfoliator manual atau eksfoliator kimia seperti asam glikolat di hari yang sama. Gunakan air hangat atau suam kuku untuk membersihkan wajah karena air dingin akan menutup pori – pori sehingga serum kurang berfungsi maksimal, sedangkan air panas akan membuat kulit berkeringat sehingga menghalangi penyerapan serum. Anda bisa menggunakan handuk hangat untuk melembapkan wajah seusai mencuci wajah dan sebelum memakai serum.

3. Melembapkan Kulit

Sebagian orang menyatakan bahwa kulit yang lembap 10 kali lebih berpori daripada kulit kering, jadi cara pakai serum bisa digunakan pada kulit yang lembap setelah dibersihkan. Anda juga bisa melembapkan kulit dengan toner bebas alkohol untuk penyerapan yang cepat dan mendalam. Serum adalah produk yang sangat terkonsentrasi, maka Anda hanya perlu menggunakannya beberapa tetes sebesar lebih kecil dari kacang polong. Lebih dari itu adalah suatu kesia – siaan. Manfaat serum hanasui biru, dan manfaat serum hanasui pink perlu Anda ketahui juga untuk memilih merk serum pemutih wajah di apotik.

4. Mengaplikasikan Serum

Walaupun hanya perlu menggunakannya sedikit, namun penggunaan serum akan tergantung pada konsistensinya. Jika menggunakan serum yang tipis, Anda hanya perlu mengoleskannya sedikit saja. Oleskan satu tetes di setiap area wajah dengan jari dan usapkan ke arah atas. Jika Anda mengaplikasikan serum yang kental akan perlu dihangatkan lebih dulu sebelumnya. Teteskan beberapa serum ke telapal tangan lalu gosok tangan bersamaan. Cara ini akan mendistribusikan produk di kedua tangan secara merata. Lalu gunakan gerak menekan lembut untuk mengaplikasikannya di wajah Anda. Tepuk – tepuk kulit selama 30 – 60 menit sampai serum terserap. Setelah Anda menggosokkan serum ke kulit, taruh jari pada pipi dan tekan dengan gerakan melingkar kecil. Ulangi pada seluruh wajah Anda selama satu menit. Dengan cara pakai serum ini, serum akan menyerap dalam pada kulit wajah.

5. Tunggu Hingga Menyerap

Berikan waktu selama satu menit untuk mengaplikasikan pelembap ke wajah Anda. Serum akan menyerap seluruhnya pada kulit setelah satu menit. Lalu tuangkan pelembap seukuran koin ke telapak tangan dan aplikasikan pada wajah.  Pelembap akan menyegel semua khasiat nutrisi dari serum sehingga kulit akan terlihat bercahaya dan glowing sepanjang waktu. Jika Anda melakukan cara pakai serum ini di pagi hari, Anda bisa mengaplikasikan make up setelah pelembap. Tunggu pelembap mengering selama satu menit sebelum memulai rutinitas make up. Anda dapat memilih merk serum vitamin C untuk wajah  di apotik dengan melalui berbagai riset pada review pengguna yang banyak terdapat di internet. riset juga akan membantu dalam cara membedakan serum animate asli dan palsu, serta membuat Anda memahami bahaya serum vit C yang mungkin ada.

Jika Anda merasakan kulit terasa tergelitik ketika mengaplikasikan serum, jangan khawatir. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa bahan aktif serum sedang bekerja menembus lapisan kulit dengan cara pakai yang benar. Bahan – bahan aktif dalam serum adalah alasan mengapa serum memiliki harga lebih tinggi daripada pelembap biasa. Salah satu poin yang harus diingat adalah bahwa tidak semua serum dapat bekerja dengan pelembap. Jika Anda tidak yakin, gunakan serum dan pelembap dalam satu merk atau periksa kemasan serum untuk meyakinkan apakah bisa digunakan dengan produk lain dalam urutan perawatan kecantikan Anda. Ini berarti tidak ada bahan yang akan bereaksi dengan produk pelembap. Selalu baca instruksi pada produk. Banyak wanita mengaplikasikan serum terlalu banyak dan lalu mengeluh karena tidak menyerap.