4 Merk Kosmetik Aman Untuk Anak yang Bisa Digunakan

Kebanyakan wanita pasti ingat kapan tepatnya pertama kali memakai make up, menggunakan simpanan kosmetik ibu dan mencobanya, atau bahkan bermain menggunakan lipstik dan alat make up milik ibu  seperti mencoba cara membuat kuku palsu dan merias wajahnya. Sudah sewajarnya apabila anak – anak terutama anak perempuan tertarik dan penasaran pada warna warni produk kosmetik ibunya terlebih jika mereka sering melihat sang ibu bereksperimen dan mematut diri dengan make up yang sempurna. Konon sebagian besar anak perempuan akan mencapai titik dimana mereka ingin memiliki peralatan make upnya sendiri.

Mungkin ibu saat ini sedang dipusingkan karena peralatan make upnya selalu habis dan rusak karena ulah si kecil, atau karena sang anak gadis sudah mulai meminta peralatan make upnya sendiri padahal usianya sama sekali belum mencukupi untuk menggunakan kosmetik dewasa. Anak – anak kerap kali senang mencoba make up sebagai bagian dari permainan mereka. Hal itu memungkinkan mereka berkreasi dan berimajinasi. Memberi make up orang dewasa kepada anak tentunya beresiko kurang aman karena bisa menimbulkan alergi dan masalah kulit lainnya, walaupun Anda menggunakan merk kosmetik yang aman untuk wajah. Jika Anda ingin memberi kesempatan pada anak untuk berkreasi dengan make up, sebaiknya pilihkan merk kosmetik aman untuk anak yang lebih cocok.

1. Luna Organics

Merk kosmetik aman untuk anak ini didirikan berawal dari kekhawatiran dua orang ibu yang tidak dapat menemukan kosmetik yang cocok untuk putri – putrinya yang mulai senang berdandan. Mereka kemudian memutuskan untuk memproduksi make up berbahan dasar alami sendiri, non toxic dan bebas alergi. Menggunakan bahan dasar yang sudah disetujui oleh FDA di Amerika, seri kosmetik ini cukup lengkap jenisnya. Mulai dari foundation, blush on, eyeshafow, lip balm, make up remover dan brush make up.

2. Amara Makeup

Ini adalah merk kosmetik aman untuk anak yang didistribusikan oleh PT. Gloria Origita Cosmetic yang masih berada satu group perusahaan dengan Purbasari. Kemasannya berbentuk hati, terbuat dari plastik berwarna pink dan bergambar fairy princess. Di belakang kemasan dusnya tertera produsen kosmetik ini yaitu Fuqing Jianing Cosmetics Co.Ltd, Fujian – China. Kosmetik ini mengandung bahan food grade sehingga aman jika tertelan atau masuk ke mulut secara tidak sengaja. Satu paket make up Amara berisi compact powder, blush on, eyeshadow, lipstick, lipgloss, aplikator dan brush make up. Harga produk ini di online shop sekitar 135 – 150 ribu rupiah.

3. FoxPrint My First Princess Make Up Kit

Merk kosmetik aman untuk anak ini terdiri dari 12 item make up dalam satu set dan merupakan pretend make up washable untuk anak perempuan. Paket ini berisi make up asli dalam wadah lucu yang disukai anak – anak seperti wadah eyeshadow yang berbentuk bunga daisy, lip gloss dengan tutup berbentuk mahkota, dan cat kuku dalam botol berbentuk hati. Mainan make up untuk anak perempuan ini memiliki segala yang dibutuhkan anak perempuan untuk bermain peran dan berdandan. Anda bisa membelinya di Amazon seharga 19,99 dolar.

4. IQ Toys Vogue Me

Produk kosmetik untuk anak ini memiliki lipstik berwarna merah, lip gloss pink dan delapan macam bedak padat. Kosmetik ini sesuai untuk anak yang lebih tua dan sudah mengembangkan kemampuan motoriknya dengan baik. Mereka akan sangat senang untuk menciptakan penampilan yang dramatis dengan pensil mata dan bibir, begitu juga dengan maskara berwarna hitam. Kini juga ada pelembap wajah untuk anak yang aman dan biasa digunakan oleh bayi hingga balita,  dan sabun cuci muka untuk anak 12 tahun serta pembersih muka untuk anak 16 tahun yang bisa digunakan oleh anak pra remaja dan remaja Anda jika mereka sudah membutuhkannya.

Tips Memilih Kosmetik Anak

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak mencari merk kosmetik aman untuk anak yaitu:

  • Perhatikan bahan – bahan yang menjadi formula kosmetik anak tersebut. Bahan – bahannya harus sangat aman dan bahkan masuk ke dalam kategori food grade.
  • Merk terkenal tidak selalu aman, karena bisa saja tetap mengandung bahan – bahan yang dapat memicu alergi kulit pada anak. Periksa bahan yang tertera dalam kemasan produk yang akan Anda beli, apapun merknya. Hal ini menjadi salah satu masalah penting yang harus diperhatikan.
  • Pastikan bahwa produk tersebut sudah melewati serangkaian pengujian khususnya untuk lipstik, blush on, dan eye shadow untuk memastikan bahwa make up anak sudah bebas dari bahan kimia beracun.
  • Make up wanita dewasa sama sekali tidak cocok untuk anak kecil. Kulit anak jauh lebih sensitif daripada orang dewasa, jadi bahan dan formulanya pun harus sesuai dengan kulit mereka yang lembut. Formula make up orang dewasa bisa mengandung berbagai bahan tambahan yang bisa membuat kulit anak bermasalah.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa produk. Kosmetik anak biasanya memiliki tanggal kadaluarsa antara 1 hingga 1,5 tahun untuk yang belum dibuka dan maksimal 6 bulan untuk yang sudah dibuka segelnya.
  • Hindari bahan UV protection dalam kosmetik anak, dan pastikan bahwa produknya mudah dicuci agar mudah dibersihkan.

Kosmetik anak bisa menjadi dilema untuk sebagian besar ibu ketika mencoba menentukan di usia berapakah yang pantas untuk membelikan si gadis kecil set make up nya sendiri. Panduan make up untuk anak biasanya diperuntukkan bagi anak perempuan berusia 5 – 6 tahun. Untuk anak yang berusia dibawah itu, sebaiknya Anda membelikan mainan set make up palsu yang juga banyak terdapat di pasaran untuk menghindari bahaya tertelan. Memberi merk kosmetik aman untuk anak sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan orang tua untuk menghindari bahaya yang mungkin saja muncul, karena seperti kita ketahui bahwa kreativitas anak seringkali bekerja di luar perkiraan orang dewasa. Perhatikan juga produknya sebelum membeli, pastikan Anda hanya membeli produk asli dari produsen make up yang terpercaya untuk menghindari bahaya kandungan paraben pada kosmetik dan cream yang mengandung mercury dan hydroquinon pada kosmetik anak.