5 Obat Kulit Belang Alami Untuk Wajah dan Tubuh

Semua orang pastinya ingin memiliki kulit yang tampak sehat dan segar. Warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan karena berbagai faktor, termasuk penyakit atau infeksi. Kulit belang akan terlihat jika Anda mengamati bahwa warna kulit di beberapa bagian tubuh dan wajah berbeda dengan bagian lainnya. misalnya area di sekitar mulut tampak lebih gelap daripada area wajah yag lain atau kulit wajah lebih cerah daripada kulit di leher. Seringnya penyebab warna kulit tidak merata ini adalah sebuah kondisi yang disebut hiperpigmentasi, yang sebenarnya merupakan produksi melanin berlebihan.

Pigmen melanin bertanggung jawab akan warna rambut dan kulit, juga memiliki fungsi perlindungan pada kulit dari sinar UV yang berbahaya. Ketika melanin diproduksi dalam jumlah normal biasanya akan terlihat pada tubuh tetapi ketika produksinya berlebihan maka kulit akan tampak tidak seimbang. Terlalu banyak paparan sinar matahari menjadi penyebab utamanya, selain itu juga perubahan hormon dan kerusakan struktur kulit. Ada berbagai produk perawatan kulit yang ditujukan untuk menyeimbangkan rona kulit dan memperbaiki rona kulit tetapi seringkali berharga mahal dan tidak efektif atau tidak sesuai dengan kulit yang lebih sensitif. Untuk itu, masih ada obat kulit belang alami yang tidak memerlukan biaya tinggi dan lebih aman dari bahan kimia.

1. Susu Kambing, Tepung Gram dan Baking Soda

Susu kambing bertekstur lembut dan diantara semua jenis susu memiliki tingkat keasaman yang paling dekat dengan kulit kita. Susu kambing dapat mengelupas sel kulit mati untuk menyamakan warna kulit. Tepung gram akan membuat kulit menjadi kencang dan baking soda juga merupakan pengelupas kulit alami. Kombinasi ketiga bahan ini akan menjadi cara menghilangkan kulit belang dan cara menghilangkan belang di muka yang baik.

  • Siapkan dua sendok teh susu kambing, satu sendok teh tepung gram dan satu sendok teh baking soda.
  • Campur semua bahan dalam mangkuk dan aplikasikan pada wajah serta bagian kulit lain yang belang.
  • Biarkan mengering lalu bilas dengan air dingin dengan perlahan.

2. Lemon, Gula dan Minyak Kelapa

Air lemon memiliki manfaat sebagai astringent yang dapat menghilangkan titik hitam dan noda sehingga kulit tampak merata warnanya. Gula mengelupas sel kulit mati dan minyak kelapa menjaga kulit tetap lembap. Ramuan ini juga bisa menjadi cara menghilangkan belang di tangan.

  • Siapkan satu sendok teh minyak kelapa, satu sendok makan gula pasir, dan setengah sendok teh air lemon.
  • Campur semua bahan dalam satu mangkuk sampai merata.
  • Aplikasikan pada wajah dan kulit bagian tubuh lain yang belang.
  • Gosok perlahan, hindari bagian mata dan bilas dengan air hangat lalu keringkan.

3. Puree Tomat

Tomat dikenal dengan manfaatnya bagi kulit seperti menyeimbangkan tingkat keasaman kulit, mengecilkan pori – pori, merawat luka bakar, mengurangi iritasi, mengobati jerawat dan memperbaiki rona kulit. Tomat mengandung lycopene dan vitamin A serta C sehingga bisa menjadi cara memutihkan wajah agar tidak belang.

  • Parut setengah tomat yang sudah dicuci dan gunakan kapas untuk mengusapkannya pada kulit.
  • Tunggu sekitar 15 menit agar dapat meresap ke kulit.
  • Cuci wajah atau bagian tubuh lainnya dengan air dingin untuk mengencangkan pori – pori.
  • Anda dapat mengaplikasikan masker ini dua kali sehari untuk mendapatkan perubahan yang menakjubkan pada rona kulit dalam waktu seminggu saja.

4. Cendana

Cendana telah menjadi salah satu ramuan kecantikan yang paling populer di India selama berabad – abad dan digunakan sebagai salah satu herbal paling umum di metode Ayurveda, juga dapat digunakan sebagai obat kulit belang alami dan cara memutihkan kulit tangan belang.

  • Siapkan satu sendok teh bubuk cendana
  • Taruh dalam mangkuk dan tambahkan sedikit cairan seperti susu, madu, air, air mawar, susu almond) hingga membentuk pasta.
  • Ketika Anda mendapatkan pasta yang lembut, oleskan pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Pasta ini akan mengering dengan cepat, tetapi Anda harus membiarkannya paling tidak selama 30 menit sebelum dibilas.
  • Kulit Anda mungkin akan berwarna sedikit kekuningan setelahnya tetapi tidak usah khawatir, residu kuning akan memudar dengan cepat dan kulit Anda akan tetap cantik.
  • Gunakan masker ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan perubahan yang berarti.

5. Pepaya

Kandungan vitamin A yang tinggi pada pepaya memberinya manfaat antioksidan yang kuat. Pepaya juga mengandung papain, enzim yang memecah protein tidak aktif dan sel kulit mati. Papain akan mengeksfoliasi kulit dan memberi penampilan segar serta muda, sehingga cocok sebagai obat kulit belang alami. Anda juga bisa menggunakan pepaya sebagai cara menghilangkan belang di kaki dan cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari.

  • Kupas buah pepaya secukupnya dan gosokkan kulit pepaya pada permukaan kulit Anda menggunakan bagian dalamnya.
  • Tunggu selama lima menit lalu bilas wajah Anda dengan air.
  • Perhatikan jika kulit pepaya didiamkan untuk jangka waktu lama maka bisa menyebabkan kulit kering atau iritasi pada pemilik kulit sensitif.

Tips Mencegah Kulit Belang

Untuk menghindari perlunya menggunakan obat kulit belang alami, Anda bisa melakukan berbagai cara agar dapat mencegah kulit menjadi belang.

  • Gunakan tabir surya setiap hari karena ekspos terhadap sinar matahari akan memicu bintik hitam, age spot, noda atau bercak gelap dan hiperpigmentasi. Jangan lupa untuk mengaplikasikan lotion sunscreen ke semua area yang diekspos matahari yang dapat mengaktifkan produksi melanin.
  • Gunakan produk perawatan kulit anti radang untuk mencegah jerawat atau alergi pada kulit yang seringkali meninggalkan bekas yang sulit untuk dihapus, serta mengakibatkan kulit Anda tampak gelap dan berubah warna.
  • Menjaga menu makanan akan membantu menjaga kulit dan tubuh tetap sehat. Tubuh akan dapat menggunakan vitamin dan nutrisi dari makanan untuk mempercepat penyembuhan. Hindari makanan manis, pedas, makanan olahan, keripik, produk susu non organik, makanan berlemak, alkohol, kafein

Hampir semua orang mengalami berbagai bentuk hiperpigmentasi. Obat kulit belang alami dapat membantu meminimalkan penampilan kulit belang dan kerusakan apapun di masa depan. Jika Anda mengabaikan bercak – bercak hitam dan noda pada kulit selama ini, maka sudah waktunya Anda mencoba berbagai ramuan ini untuk meratakan warna kulit yang belang.