12 Cara Membersihkan Jam Tangan Dengan Aman

Sebuah jam tangan yang bagus adalah aksesoris yang dapat memadukan fungsi dan bentuk sekaligus. Anda bisa saja menghabiskan uang banyak untuk sebuah jam tangan dengan berbagai jenis ketika melakukan tips memilih jam tangan wanita. Ada jam yang dapat mencatat aktivitas Anda, mengambil rekaman video, bahkan menjadi petunjuk arah. Anda juga dapat memilih jam tangan berbahan polyurethane, kayu, stainless steel, bahkan yang mencantumkan kata – kata daripada angka sebagai tips memilih jam tangan wanita sesuai warna kulit. Jam tangan merupakan jenis aksesoris wanita yang sering digunakan setiap hari dan akan cepat kehilangan kilauannya karena kotoran serta minyak dari kulit, lotion, dan produk lainnya. Gelang atau talinya yang terbuat dari beragam bahan akan lebih mudah dibersihkan jika dilepas. Sebuah jam tangan yang menjadi favorit Anda bisa bertahan selama berdekade – dekade dengan perawatan yang tepat, dan itu berarti cara membersihkan jam tangan yang benar. Pembersihan jam secara rutin akan menjaga kotoran tetap minimal dan menjauhkan bau yang tidak diinginkan. Ada dua bagian jam tangan yang harus Anda bersihkan, yaitu tali dan mesinnya.

Membersihkan Permukaan Jam

  1. Untuk membersihkan bagian utama jam, isi sebuah baskom atau mangkuk dengan air hangat dan sedikit deterjen ringan seperti sabun pencuci piring.
  2. Celupkan lap halus atau sikat gigi lembut pada air sabun, lalu sikat perlahan bagian atasnya.
  3. Pastikan air tidak berlebihan agar tidak merusak bagian mesinnya.
  4. Jangan menekan atau menggosok dengan kasar ketika sedang melakukan cara membersihkan jam tangan.
  5. Jika permukaan jam tangan Anda memiliki hiasan atau batuan tertentu, gunakan cotton bud. Lembabkan cotton bud dan gulirkan di permukaan jam. Berhati – hatilah agar tidak menghilangkan catnya bersama kotoran.
  6. Jika Anda memiliki jam tangan kuno, bawalah ke toko perhiasan khusus. Banyak jam yang dibuat pada awal abad ke 20 mengandung radium yang bisa mematikan. Jangan membuka permukaan jam dan mencoba membersihkan angka – angkanya karena memerlukan alat khusus. Lagipula bagian dalam jam Anda belum tentu kotor karena tidak terkena udara terbuka. Selain melakukan cara membersihkan jam tangan, Anda juga dapat melakukan cara menghilangkan belang di tangan karena bekas jam dan cara membersihkan kuku agar penampilan tangan Anda semakin maksimal.

Membersihkan Tali Jam

  1. Cara membersihkan jam tangan akan tergantung pada bahan apa yang digunakan untuk membuatnya. Kulit, stainless steel, nilon, dan karet adalah jenis utama dari tali jam. Jika memungkinkan, lepas tali jam sebelum membersihkannya sehingga Anda bisa menyekanya tanpa merusak permukaan jam.
  2. Bahkan jika jam tangan Anda anti air, talinya akan harus dilepas lebih dulu untuk memastikan resiko kerusakan minimal pada saat membersihkan. Jika tidak bisa dilepaskan, pastikan agar tidak membasahi mesinnya. Isi mangkuk kecil sebanyak setengah mangkuk dengan air dan tambahkan sedikit sabun pencuci piring. Celupkan tali jam ke dalam air dan biarkan selama beberapa detik sambil memegangnya agar bagian mesin tidak basah. Gunakan lap atau sikat lembut untuk menyeka kotorannya, lalu bilas di bawah air mengalir dan keringkan.
  3. Jam tangan berbahan kulit termasuk kulit binatang seperti sapi, burung unta dan buaya harus diseka menggunakan lap basah. Anda bisa menambahkan setetes sabun tangan pada kain lap jika tali jam sangat kotor dan memiliki bau aneh. Keringkan perlahan dengan lap bersih sebelum dipasangkan kembali. Tali jam kulit lebih rentan mengalami kerusakan dari keringat dan kelembapan daripada jam tangan berbahan logam. Anda bisa melepasnya ketika sedang berolahraga dan menyekanya setiap hari dengan lap kering untuk menghilangkan penumpukan kotoran. Untuk tali kulit, pastikan tetap bersih dan lembap. Jika menggunakan pembersih khusus, pastikan produk tersebut sudah dites alergi dan tidak akan menyebabkan ruam di pergelangan tangan Anda atau merubah warna talinya. Tali kulit dapat dibersihkan menggunakan sedikit cuka putih dan air dan tidak menggunakan sabun pencuci piring.
  4. Tali jam yang terbuat dari logam sepert stainless steel, perak, emas dan lainnya bisa mengalami karat. Stainless steel terbuat dari lapisan oksida yang menutupinya, yang bisa menjadi karat apabila kekurangan oksigen, maka pastikan jam terekspos udara terbuka ketika Anda tidak memakainya. Garam dan keringat juga bisa menimbulkan karat, jangan membersihkannya perlu dilakukan dengan sikat lembut dan air sabun hangat.
  5. Tali jam berbahan nilon lebih mudah dibersihkan, sedangkan tali jam berbahan karet membutuhkan perawatan yang kurang lebih sama dengan tali berbahan dasar logam. Karet sebenarnya bisa menyerap minyak dan keringat sehingga bisa pecah atau retak apabila tidak dibersihkan dengan benar.
  6. Jika Anda menggunakan jam tangan di air asin, bilas segera setelah digunakan. Anda juga bisa menggunakan pelindung karet untuk menjaga talinya tetap lembut dan juga mencegahnya retak.

Semua cara membersihkan jam tangan yang ada di dunia tidak akan berguna jika Anda tidak menyimpan jam secara layak. Banyak jam tangan kuno telah rusak oleh kelembapan, jamur dan korosi karena disimpan di dalam box atau penyimpanan selama bertahun – tahun sebelum nilainya diketahui. Gunakan box penyimpanan yang khusus untuk jangka waktu lama, hindari panas atau dingin ekstrim serta kelembapan pada tempat penyimpanan. Jam tangan adalah instrumen yang rapuh sehingga memerlukan perawatan yang telaten. Anda juga dapat melakukan cara merawat kuku agar tidak kuning dan bersih misalnya menggunakan cara mengkilapkan kuku dengan pasta gigi.