5 Perbedaan Kulit Tebal dan Kulit Tipis

Kulit tipis dan kulit tebal atau kulit normal tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Penipisan pada kulit biasanya terjadi diakibatkan oleh berbagai hal, salah satunya karena penggunaan kosmetik. Nah, penting untuk mengetahui perbedaan kulit tebal dan kulit tipis agar anda bisa melakukan perawatan yang tepat. Berikut ini perbedaan kulit tebal dan kulit tipis yang dapat anda simak.

Perbedaan Kulit Tebal dan Kulit Tipis

Adapun perbedaan kulit tebal dan kulit tipis yaitu seperti berikut.

1. Reaksi Terhadap Lingkungan

Ciri-ciri kulit wajah tipis biasanya akan lebih mudah bereaksi dengan lingkungan tempat tinggal. Pada saat-saat tertentu, misalkan ketika cuaca sedang panas pemilik wajah sensitif akan merasakan sensasi terbakar, gatal dan perih. Berbeda halnya dengan kulit tebal yang biasanya kondisi kulitnya normal.

2. Kondisi Kulit

Ciri-ciri kulit tipis tentu akan terlihat lebih tipis dibandingkan kulit wajah pada umumnya. Karena kulit yang tipis biasanya pembuluh darah akan lebih jelas terlihat. Sedangkan kulit wajah yang tebal tidak akan memperlihatkan pembuluh darah seperti kulit wajah yang tipis.

3. Perubahan Warna Kulit

Pada wajah yang memiliki kulit tipis biasanya akan dengan mudah mengalami perubahan pada warna wajahnya. Biasanya warna kulit akan memerah mengikuti suhu lingkungan yang ditinggali.

4. Sensitif

Kulit wajah yang tipis biasanya akan lebih sensitif dibandingkan kulit wajah tebal. Akibatnya kulit akan lebih mudah mengalami masalah.

5. Tekstur Kulit

Kulit yang tipis juga biasanya akan terasa halus saat disentuh seperti dilapisi plastik.

Cara Menebalkan Kulit

Untuk anda yang memiliki kulit tipis, agar kulit kembali normal anda dapat melakukan perawatan untuk kembali menebalkan kulit.

Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab sangat penting sebagai cara melembabkan kulit. Anda juga dapat menjaga kelembaban kulit dengan menghidrasi kulit, caranya yaitu memenuhi kebutuhan cairan. Dianjurkan untuk minum sebanyak 2 liter dalam sehari. Penting untuk menghidrasi kulit tipis untuk mencegah kulit kering, serta masalah kulit yang lainnya.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Penting untuk selalu menjaga asupan nutrisi. Nutrisi yang baik dan sehat bagi kulit akan membantu merangsang sel kulit baru tumbuh. Nutrisi yang penting untuk kulit di antaranya yaitu makanan yang mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin C dan lain sebagainya.

Olahraga

Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga bermanfaat untuk kulit. Jika anda rutin melakukan olahraga maka akan dapat meningkatkan sirkulasi, serta pada tubuh distribusi nutrisi akan lancar. Efeknya kulit akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga kulit akan menjadi lebih kencang dan tebal.

Melindungi Kulit

Jika anda hendak melakukan kegiatan di luar ruangan, anda harus melindungi kulit dengan baik. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunblock dengan kandungan SPF yang dibutuhkan agar kulit tetap sehat dan tidak terbakar sinar matahari.

Hindari Kosmetik

Salah satu penyebab kulit menipis yaitu karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Maka dari itu, sebagai cara menebalkan kulit wajah secara alami atau untuk kembali menormalkan lagi kulit anda, sebaiknya hindari kosmetik sementara waktu.

Lakukan Pemeriksaan Pada Dokter Kulit

Cara menebalkan kulit wajah yang menipis terbaik yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada dokter. Dokter akan memberikan saran yang tepat untuk mengatasi masalah kulit yang anda alami tersebut.

Demikian beberapa perbedaan kulit tipis dan kulit tebal atau kulit normal, serta perawatan kulit tipis agar kembali normal. Semoga bermanfaat.