Inilah 10 Ciri Ciri Wajah yang Tidak Cocok Memakai Kosmetik yang Bakal Terjadi

Kosmetik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi wanita. Jenis-jenis kosmetik hadir dalam berbagi merk. Namun, pengggunaan kosmetik yang tidak cocok akan menimbulkan masalah baru bagi wajah salah satunya adalah penyebab wajah merah dan kusam. Berikut ulasannnya!

Berikut adalah beberapa ciri ciri wajah yang tidak cocok memakai kosmetik, diantaranya adalah:

  1. Mengalami ruam

Ruam terjadi karena beberapa faktor, tetapi juga disebabka akibat adanya reaksi atau respon yang timbul setelah menggunakan salah satu produk kosmetik. Tidak bisa dipungkiri, kosmetik biasanya mengandung bahan pembuat alergi guna menambah kualitas penampilan dan aroma kosmetik. Sebab, pengawet dan wewangian yang terkandung dalam kosmetik ini bisa menyebabkan ruam pada kulit Anda.

  1. Mengalami gatal-gatal

Gatal-gatal juga menjadi salah satu respon wajah saat tidak cocok dengan produk kosmetik tertentu. meskipun gatal-gatal ini bisa menghilang dalam jangka waktu tertentu, tetapi tetap saja hal ini perlu untuk diperhatikan. Jika penyebab gatal-gatal tersebut karena penggunaan kosmetik tertentu, segera hentikan pemakaian dan lakukan cara menghilangkan gatal di wajah akibat kosmetik.

  1. Munculnya jerawat

Jerawat di area wajah bisa muncul karena sesuatu yang tidak cocok masuk pada kulit Anda. Untuk mencari penyebab jerawat yang muncul, Anda biarkan kulit untuk menyesuaikan diri dengan produk tersebut selama beberapa minggu. Jika memang produk kosmetik yang menjadi penyebabnya segera hentikan pemakaian.

  1. Kulit seperti tertarik

Ciri-ciri wjaah yang tidak cocok memakai kosmetik selanjutnya adalah kulit seperti tertarik. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok tersebut bisa menghilangkan minyak alami sehingga kulit akan dehidrasi, iritasi bahkan kekeringan. Jika terjadi hal seperti ini, gunakan produk kosmetik yang memiliki PH seimbang.

  1. Munculnya bentol-bentol

Apabila kulit dirasa mengalami bentol-bentol atau beruntusan, Anda mungkin salah menggunakan produk kosmetik. Zat seperti oxybenzone pada produk tabir surya biasanya akan menyumbat pori-pori dan berbahaya bagi seseorang yang sedang mengalami jerawat. Selalu perhatikan ciri ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM agar Anda terhindar dari masalah ini.

  1. Mengalami biduran

Biduran biasanya muncuk beberapa menit atau satu jam setelah penggunaan kosmetik. Namun, di beberapa kasus, gejala ini biasanya akan mereda sendiri dalam waktu 24 jam. Biduran terjadi saat wajah bereaksi dengan zat yang bersifat alergen. Gejala biduran biasanya kulit terasa panas, serta muncul seperti kesemutan.

  1. Mengalami dermatitis kontak

Hampir 80% alergi kosmetik akan menimbulkan dermatitis kontak yang berkembang sekitar 12 jam sampai 48 jam setelah kontak terjadi antara kulit dan alergen. Gejala yang ditimbulkan adalah kulit memerah, bengkak, gatal, dan muncul jerawat yang tidak normal. Hal ini juga dapat mengakibatkan komedo dan warna lebih gelap dari sebelumnya.

  1. Kulit menjadi berminyak

Bagi orang yang jarang mengalami kulit berminyak, hal ini tentu menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Kulit memiliki lapisan pelindung alami berupa minyak. Apabila produk berbahan keras merusak lapisan tersebut, kulit akan memperbaiki dengan memproduksi minyak lebih banyak dari sebelumnya. Gunakan produk yang dapat menghidrasi kulit atau masker arang guna mencegah minyak berlebihan.

  1. Wajah seperti terbakar

Zat-zat tertentu pada kosmetik bisa menjadi terlalu kuat bagi tipe kulit tertentu terlebih bagi wajah yang sangat sensitif. Reaksi ini akan menimbulka efek seperti terbakar di wajah. Jika hal ini terjadi segera cuci wajah Anda dengan air dan tetap waspada dengan kosmetik-kosmetik berbahaya yang merusak kulit wajah Anda.

  1. Kulit kasar dan mengelupas

Jika kulit menjadi kasar dan mengelupas bisa jadi adalah tanda bahwa wajah Anda tidak cocok menggunakan kosmetik tertentu. Produk kosmetik tersebut biasanya mengandung asam yang kuat sehingga menjadi keras saat diaplikaskan pada kulti wajah Anda. Jadi, segera mecari dokter kulit untuk mengatasi wajah yang kasar dan mengelupas tersebut.

Demikian artikel ini dan semoga bermanfaat.