5 Macam Scrub Wajah Dengan Garam Laut

Berasal dari laut dan air laut, garam laut adalah produk paling murni yang dihasilkan oleh matahari dan laut. Garam laut adalah salah satu material yang tersedia dalam jumlah banyak dan alami yang ada di dunia, berasal dari penguapan air laut dengan sedikit atau tanpa pemrosesan sama sekali setelah penguapan tersebut. Karena dihasilkan langsung dari lautan, garam laut diperkaya dengan nutrisi dan mineral yang masih murni dan tidak tercemar. Nutrisi dan mineral tersebut termasuk magnesium, tembaga, potasium dan sodium, semua yang dapat memberi manfaat pada makanan, untu mengatasi masalah kulit, atau digunakan dalam perawatan kecantikan wanita termasuk untuk wajah.

Garam laut bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit, mengurangi jaringan parut yang terbentuk karena luka, melembutkan kulit, membersihkan jerawat atau noda di kulit, mengeluarkan sumbatan pori – pori dan dapat digunakan dalam manfaat eksfoliasi wajah sebagai bahan scrub. Eksfoliasi wajah secara teratur akan membuat kulit Anda tetap segar dan cerah serta menghindari kekusaman. Menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan kotoran lainnya perlu dilakukan dalam perawatan kulit yang layak. Beberapa cara scrub wajah dengan garam berikut ini akan memberikan banyak manfaat air garam untuk wajah Anda.

1. Scrub garam dasar

Siapkan satu cup atau 300 gram garam, setengah cup atau 118 ml minyak carrier, dan 5 – 15 tetes minyak esensial pilihan Anda untuk mencoba khasiat garam untuk wajah. Scrub wajah dengan garam bisa menggunakan berbagai jenis garam, tetapi paling baik menggunakan garam laut atau garam epsom yang paling sering dijadikan bahan scrub wajah. Minyak carrier adalah minyak dasar yang akan menahan garam agar tidak terurai, tetapi juga akan melembutkan kulit. Anda bisa memilih minyak seperti minyak biji anggur, minyak jojoba, minyak almond manis, minyak canola, minyak kelapa dan lainnya. Perhatikan bahwa minyak castor adalah minyak yang kental dan sulit untuk dibersihkan. Untuk minyak esensial digunakan sebagai tambahan pada ramuan scrub wajah dengan garam. Anda bisa menggunakan minyak citrus, minyak bebungaan, lavender, vanila, dan lainnya. simpan sisa scrub garam di toples bersih untuk digunakan kemudian di tempat yang kering dan dingin seperti lemari kamar mandi. Karena garam bersifat pengawet, scrub garam bisa bertahan selama 1 – 2 tahun tanpa menjadi tengik. Jika sudah tengik sebelum perkiraan waktu tersebut, segera buang.

2. Scrub garam untuk jerawat

Mineral yang ada pada garam laut dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, menyerap kelebihan minyak yang akan mengeringkan jerawat Anda dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit. Manfaat garam bagi wajah juga dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori dengan garam yang menyebabkan semua masalah kulit berminyak dan juga ada cara menghilangkan komedo dengan garam. Anda bisa membuat ramuan garam untuk wajah dengan mencampur satu sendok teh garam laut dengan air hangat secukupnya. Simpan dalam botol spray dan gunakan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang baik.

3. Scrub garam untuk anti penuaan

Kandungan tinggi magnesium dalam garam laut meningkatkan pergantian sel yang berarti kulit akan mempebarui selnya lebih cepat. Tidak hanya akan memastikan memperlambat penuaan dini, tetapi juga berarti kulit akan tampak lebih bercahaya. Untuk membuat scrub anti aging bagi diri Anda sendiri, kombinasikan satu sendok teh garam laut, satu sendok teh madu dengan dua tetes minyak mawar dalam satu mangkuk kecil. Aplikasikan scrub ini pada wajah dan biarkan selama sepuluh menit. Bilas untuk mengungkap kulit yang lembut dan kenyal dibaliknya, juga sebagai cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam.

4. Scrub garam dan madu

Scrub wajah dengan garam bisa Anda kombinasikan dengan madu. Campur dua sendok teh garam laut halus dengan dua sendok teh madu murni. Aplikasikan merata pada wajah yang sudah dibersihkan, hindari area mata. Biarkan selama 10 – 15 menit. Sebelum membilas, rendam waslap dalam air hangat dan peras. Taruh waslap hangat di wajah selama 30 detik. Gunakan jari tangan yang bersih untuk mengeksfoliasi secara perlahan dalam gerakan melingkar sementara membilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan wajah rutin Anda seperti biasanya.

5. Scrub garam dan kopi

Scrub wajah dengan garam dan kopi menjadi cara yang bagus untuk memulai pagi hari Anda dan menjadi cara alternatif untuk scrub wajah. Siapkan garam dan kopi giling secukupnya, jangan gunakan kopi sachetan jika memungkinkan. Tambahkan minyak kelapa dalam suhu ruang agar tidak membeku. Aduk merata dan aplikasikan pada wajah. Gosok perlahan dan jangan terburu – buru, biarkan beberapa menit sampai agak mengering dan bilas menggunakan air hangat.

Memilih jenis garam yang tepat untuk aktivitas scrub wajah dengan garam adalah tindakan yang sangat penting untuk mendapatkan penampilan wajah yang Anda inginkan. Garam meja biasa memiliki butiran yang terlalu kecil untuk dapat mengeksfoliasi dengan baik. Pilihlah garam berbutiran sedang dari garam laut atau garam epsom yang keduanya dapat ditemukan di toko makanan sehat atau di bagian kecantikan dan kesehatan supermarket besar. Kunci untuk eksfoliasi wajah yang benar adalah sentuhan yang lembut dan menghindari area mata serta mulut. Tetapi perlu diperhatikan agar tidak mencoba scrub ini jika kulit wajah sangat kering atau sedang mengalami breakout parah, juga bagi Anda yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif untuk menghindari efek samping garam untuk wajah.