7 Cara Mengetahui Rambut Kering Atau Berminyak Dari Kulit Kepala

Menentukan jenis rambut seseorang bisa sangat memusingkan khususnya pada bagian ketika menentukan sampo yang akan dipakai, karena banyaknya jenis sampo yang tersedia di pasaran. Seseorang dengan rambut kering mungkin mencari sampo dengan kelembaban maksimal atau produk rambut yang memperbaiki kondisi kekeringan tersebut.

Sementara orang yang memiliki rambut berminyak mungkin akan mencari sampo yang dilabeli dengan istilah seperti ‘clarifying’ atau ‘deep cleansing’. Dalam banyak kasus, jenis rambut berhubungan erat dengan kondisi kulit kepala, begitu juga dengan faktor lain seperti genetika, kebersihan pribadi, hormon dan nutrisi. Jenis kelamin dan panjang rambut tidak mempengaruhi jenis rambut.

Menentukan Jenis Rambut Berminyak

Sangat umum dialami oleh orang yang memiliki kulit berminyak untuk juga memiliki jenis rambut berminyak. Jenis kulit tidak bervariasi antara permukaan yang dapat dilihat dan kulit kepala karena memiliki rambut yang berminyak. Kulit berminyak berarti kulit kepala yang juga berminyak dan rambut Anda akan otomatis berjenis rambut berminyak. Penyebab rambut berminyak berasal dari produksi minyak di kulit kepala. Walaupun produksi minyak didesain untuk melindungi rambut dan melembabkan kulit kepala, kelebihan minyak juga menyebabkan kondisi sekunder kulit kepala yang berhubungan dengan kulit kepala kering. Cara mengetahui rambut kering atau berminyak adalah dengan memperhatikan beberapa ciri berikut ini:

  1. Rambut tampak kusam dan tak bersinar di sebagian besar waktu
  2. Seberapapun banyaknya Anda keramas dengan sampo , rambut tetap akan tampak berminyak dan lemas dengan segera. Penyebab rambut berminyak setelah keramas yang utama adalah produksi minyak yang berlebihan.
  3. Kelebihan produksi minyak menyebabkan ketombe yang pada akhirnya mengakibatkan banyak rambut rontok.

Perawatan untuk jenis rambut berminyak ini dapat Anda lakukan secara rutin untuk mengurangi jumlah minyak yang diproduksi oleh kulit kepala. Beberapa tips untuk merawat rambut berminyak antara lain:

  • Keramas secara teratur menggunakan sampo untuk rambut berminyak.
  • Bilas dengan larutan asam yang telah diencerkan seperti lemon, cuka apel atau bir.
  • Hindari menyentuh rambut Anda karena minyak bisa berpindah dari tangan ke rambut Anda.
  • Hindari pemijatan kulit kepala menggunakan minyak karena akan semakin menstimulasi sekresi minyak berlebihan.
  • Pilih suhu ruang atau air dingin untuk mencuci rambut, karena air panas juga akan menstimulasi lebih banyak lagi produksi minyak.
  • Hindari pemakaian kondisioner pada akar rambut.

Menentukan Jenis Rambut Kering

Sebaliknya, kelenjar minyak yang tidak aktif akan menjadi penyebab rambut kering, lebih tepatnya kelenjar minyak yang tidak bekerja efektif. Jika Anda memiliki kulit kering maka kemungkinan besar Anda juga akan memiliki jenis rambut kering. Ini adalah hasil dari produksi sebum yang tidak mencukupi dari kelenjar di kulit kepala. Penyebab kulit kepala kering bisa dikenali melalui produksi alami hormon tubuh. Hormon androgen yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal bertanggung jawab untuk mengatur produksi minyak di antara folikel – folikel rambut. Paparan sinar matahari dan proses secara kimia akan mengeringkan produksi minyak, merusak kulit kepala dan helaian rambut. Cara mengetahui rambut kering atau berminyak adalah dengan memperhatikan beberapa ciri berikut ini untuk rambut kering:

  1. Rambut yang kering dan kusut karena paparan sinar matahari berlebihan, menggunakan sampo berbahan kimia keras dan perawatan berbahan kimia.
  2. Pada rambut terlihat ada ujung yang bercabang. Penyebab rambut bercabang adalah karena kekurangan nutrisi sehingga menjadi sangat kering.
  3. Mengalami rambut patah berlebihan dan rontok.
  4. Kulit kepala terasa gatal dan kulit kepala mengelupas serta rontok.

Untuk rambut kering, perawatan yang dilakukan juga merupakan kebalikan dari rambut berminyak. Rambut kering harus mendapatkan kelembaban semaksimal mungkin agar dapat mengurangi kekeringannya. Beberapa cara perawatan untuk jenis rambut kering yaitu:

  • Pijat dengan menggunakan minyak herbal panas.
  • Deep conditioning atau bahkan kondisioner leave in, contohnya L’Oreal Total Repair sebagai cara merawat rambut kering secara alami.
  • Menghindari penggunaan setrika rambut atau alat pemanas lainnya.
  • Menghindari keramas setiap hari karena akan semakin membuat rambut menjadi kering. Gunakan shampo yang cocok untuk rambut kering.
  • Pilihlah perawatan rumahan seperti masker rambut alpukat dan lainnya. 

Tips Menentukan Jenis Rambut

Cara mengetahui rambut kering atau berminyak perlu diketahui untuk dapat menentukan cara perawatan yang tepat. Jika Anda ingin mengetahui jenis rambut yang dimiliki, cobalah cara tes sederhana berikut ini. Tempelkan tisu pada kulit kepala di hari kedua setelah keramas.

  • Jika terdapat noda minyak pada tisu, maka rambut Anda berjenis normal.
  • Jika tisu tidak menunjukkan adanya noda apapun, maka jenis rambut yang Anda miliki adalah kering.
  • Jika helaian rambut menempel satu sama lain, berminyak maka Anda memiliki jenis rambut yang berminyak.

Kondisi sekunder dalam cara mengetahui rambut kering atau berminyak bisa dihasilkan dari rambut yang terlalu berminyak atau terlalu kering, dari resiko iritasi hingga kerusakan kulit kepala. Ketombe dan jerawat adalah dua dari kondisi sekunder yang paling umum pada kulit kepala yang bisa terjadi. Ketombe diketahui menyebabkan pengelupasan kulit kepala dan gatal, membuat pakaian dan rambut ternoda serpihan putih dari kulit kepala. Jerawat pada kulit kepala muncul di sekitar garis rambut ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit yang meluruh, bakteri dan minyak. jenis jerawat yang paling parah adalah scalp folliculitis, yang tampak seperti breakout dan terkadang membutuhkan perawatan secara medis.