11 Efek Semir Rambut Hitam yang Perlu Diwaspadai

Memiliki rambut hitam dan indah tentu menjadi dambaan untuk setiap wanita. Hanya saja, karena terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, rambut menjadi merah atau kecoklatan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mewarnai rambutnya dengan menggunakan semir rambut hitam. Semir rambut hitam memang menjadi cara paling praktis menghitamkan rambut dalam waktu sekejap. Namun, tahukah anda? Ternyata semir rambut hitam memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Dan berikut ini beberapa bahaya cat rambut atau efek semir rambut hitam.

1. Perubahan Warna Rambut

Penggunaan semir rambut hitam akan menjadikan perubahan pada warna rambut. Karena pemakaian semir rambut, maka pigmen rambut akan menjadi terganggu, serta kualitasnya menjadi berkurang. Sehingga dengan begitu warna rambut tidak akan menjadi hitam alami seperti sebelumnya.

2. Pigmentasi Kulit

Semir rambut berwarna hitam akan menyebabkan pigmentasi kulit. Oleh karena itu, untuk menghindari efek sampingnya, sebaiknya hindari menggunakan semir rambut hitam.

3. Gatal Pada Kulit Kepala

Gatal-gatal pada kulit kepala akan anda rasakan jika menggunakan semir rambut hitam. Karena seperti itu, penting untuk melakukan cara menghilangkan gatal di kepala dengan tepat agar tidak semakin bertambah parah. Semir rambut yang mengandung baha kimia yang kuat akan menyebabkan kulit kepala gatal dan teriritasi. Selain gatal, kulit kepala juga akan kemerahan atau terbakar.

4. Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat di area dahi menjadi efek semir rambut hitam yang dirasakan oleh banyak orang. Keadaan ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, serta area dahi yang kotor disebabkan karena paparan semir rambut. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena rambut berminyak. Maka dari itu, penting mengetahui cara mengatasi rambut berminyak dengan tepat.

5. Iritasi Mata

Tidak menutup kemungkinan semir rambut hitam dapat menjadikan mata teiritasi. Bahan kimia yang terkandung pada semir bisa saja mengenai mata sehingga pada akhirnya mata akan menjadi teriritasi.

6. Iritasi Kulit Kepala

Belum tentu bahan kimia yang terkandung pada semir rambut cocok untuk kulit kepala anda. Bahan atau zat kimia bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit kepala anda. Kulit kepala akan terasa panas dan seperti terbakar.

7. Hormon Terganggu

Penggunaan semir rambut ternyata dapat menyebabkan terganggunya hormon. Dalam semir rambut biasanya mengandung alkylphenool etoksilat (APE) untuk membasmi serangga, seperti halnya yang dipakai dalam pestisida. Sehingga dengan begitu terkadang tidak cocok dengan kulit dan menjadikan hormon terganggu.

8. Menyebabkan Rambut Rontok

Rambut anda akan menjadi mudah rontok dengan sering menyemir rambut. Akar rambut pada kulit kepala anda akan menjadi lemah karena paparan bahan kimia yang terkandung dalam semir rambut. Maka dari itu, anda harus tahu cara alami mengatasi rambut rontok dan perawatan rambut rontok parah .

9. Terjadi Peradangan

Apabila sudah terpapar berbagai zat kimia yang terkandung dalam semir, maka akibatnnya peradangan akan terjadi.  Jika efeknya sudah sampai tahap ini, maka tubuh anda akan bereaksi buruk terhadap bahan kimia yang terkandung.

10. Rambut Rusak

Alih-alih mendapatkan rambut hitam dan sehat, menggunakan semir rambut hitam justru akan menjadikan rambut rusak. Rambut anda akan nampak kusam dan kilaunya akan hilang. Untuk mengatasinya, lakukan perawatan rambut rusak dengan baik dan benar.

11. Kanker Payudara atau Kelainan Janin

Bagi wanita hamil sebaiknya menghindari menggunakan semir rambut atau cat rambut. Kandungan bahan kimia dalam cat rambut dapat mengganggu kesehatan janin, bakan dapat menyebabkan kematian pada janin.

Itulah beberapa efek semir rambut hitam. Setelah mengetahui efeknya, anda bisa berpikir dua kali untuk menggunakan semir rambut.