7 Manfaat Smoothing Rambut Wanita Bagi Kecantikan

Rambut adalah bagian tubuh yang kerap menjadi subyek iri hati dan kekaguman di seluruh dunia. Memiliki rambut yang indah adalah suatu anugerah yang didapatkan oleh sebagian orang, sementara sebagian lainnya harus bergulat dengan masalah rambut setiap hari. Masalah tersebut biasanya disebabkan karena rambut yang sulit diatur, mengembang, keriting dan kusut, sementara orang lain memiliki rambut lurus yang indah dengan mudahnya. Mau tidak mau, rambut lurus masih selalu menjadi standar kecantikan wanita sejak dulu, walaupun sudah banyak pula wanita yang memiliki rambut ikal dan keriting tetap percaya diri dengan penampilannya. Hal ini sebagian besar disebabkan karena memiliki rambut lurus berarti lebihmudah menata dan merawatnya daripada dengan jenis rambut ikal atau keriting. Tetapi seiring dengan kemajuan zaman, dengan perkembangan di dunia kecantikan saat ini, tercapai suatu teknik untuk membantu meluruskan rambut yang disebut Smoothing.

Bagaimana Proses Smoothing Dilakukan

Smoothing adalah perawatan sementara pada rambut yang juga dikenal dengan nama lain brazilian blow out, perawatan keratin dan perawatan protein. Proses smoothing dilakukan dengan melapisi rambut menggunakan larutan formaldehide yang diikuti dengan proses pengeringan dan menggunakan flat iron untuk menahan rambut tetap lurus. Smoothing dilakukan dengan mengaplikasikan obat untuk memecah ikatan helaian rambut, yang disatukan kembali dengan bantuan suhu panas. Bahan kimia yang digunakan untuk smoothing rambut tidak sekuat yang digunakan pada perawatan hair straightening, sehingga resiko kerusakan lebih sedikit. Rebonding rambut mengandung bahan kimia kuat dan memerlukan perawatan yang sering, sementara smoothing hanya memerlukan sedikit perawatan dan mengandung lebih sedikit bahan kimia berbahaya.

Manfaat smoothing rambut wanita tidak akan merubah struktur rambut secara drastis seperti para proses hair straightening. Pada hair straightening, kimia yang digunakan akan memecah ikatan dari helaian rambut secara permanen, diikuti oleh aplikasi suhu panas untuk membentuk kembali struktur rambut dan bahan kimia yang digunakan untuk melapisi ikatan helai rambut yang baru. Proses ini akan menyebabkan kerusakan lebih daripada smooothing tetapi dapat meluruskan bahkan rambut yang paling keriting secara permanen. Itu artinya rambut akan tetap lurus sampai akar rambut yang baru tumbuh. Efek dari perawatan smoothing bisa bertahan selama 2 – 5 bulan. Akan tetapi hair smoothening tidak dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Sementara rebonding lebih cocok untuk rambut yang keriting dan sangat susah diatur, smoothing cocok untuk orang dengan rambut berombak yang mudah kusut.

Keuntungan Smoothing Rambut

Dalam perawatan keratin, rambut akan diberi protein alami yang akan menghilangkan kekusutan pada rambut dan membuat rambut Anda berkilau. Berikut ini adalah manfaat smoothing rambut wanita:

  1. Manfaat smoothing rambut wanita akan memerlukan perawatan lebih sedikit jika dibandingkan dengan proses hair straightening.
  2. Hair smoothing bisa lebih mudah dilakukan sendiri di rumah.
  3. Manfaat smoothing rambut wanita akan membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.
  4. Manfaat smoothing rambut wanita membuat rambut lebih rapi, licin dan lurus.
  5. Menghilangkan kekusutan dan rambut keriting.
  6. Tidak ada kerusakan akibat suhu panas kecuali yang digunakan saat perawatan.
  7. Rambut tidak mudah kusut. Lakukan cara masker rambut sendiri setelah smoothing untuk memelihara kondisinya tetap sehat.

Serba Serbi Smoothing Rambut

Beberapa produk untuk perawatan smoothing menggunakan formaldehida yang diketahui berkaitan dengan berbagai masalah seperti sakit kepala, mata berair dan ruam pada kulit. Ekspos formaldehida lebih besar resikonya pada orang – orang yang kerap bekerja menggunakannya seperti para pekerja salon dan itu berarti pemakaiannya harus dibatasi. Pastikan untuk memilih salon yang melakukan perawatan di area berventilasi baik, ketahui produk apa yang digunakan apakah aman atau tidak. Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai proses smoothing rambut yaitu:

  • Perawatan smoothing rambut memerlukan waktu sekitar 3 – 4 jam. Pastikan Anda sudah makan sebelum memulai perawatan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar karena semakin Anda nyaman, prosesnya tidak akan terasa mengganggu.
  • Ketika smoothing rambut telah selesai, Anda akan melihat rambut tampak berminyak dan lepek tetapi ketika rambut sudah dicuci maka kondisi tersebut akan hilang.
  • Anda tidak perlu mencuci rambut selama setidaknya 3 hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Lakukan cara merawat rambut smoothing agar tidak rontok sehingga Anda tidak perlu melakukan cara merawat rambut rusak akibat smoothing.
  • Pilih salon rambut yang bagus untuk mendapatkan manfaat smoothing rambut wanita yang terbaik. Jangan memilih salon hanya karena harga murah. Carilah salon yang memiliki tenaga profesional berkualitas.
  • Jika rambut Anda sangat tipis dan tidak bervolume, sangat tidak disarankan untuk melakukan perawatan ini karena rambut akan tampak lepek dan tidak memiliki kehidupan.
  • Hindari menggunakan suhu panas setelah perawatan. Anda dapat melakukannya sesekali, tetapi melakukannya dalam kegiatan rutin dapat mempengaruhi kualitas rambut smoothing dan bisa mengakibatkan rambut rontok, bercabang, serta kusut.
  • Cara perawatan rambut smoothing harus dilakukan secara telaten. Pastikan Anda memberi minyak pada rambut secara teratur, melakukan hair spa di rumah dan menggunakan sampo yang berkualitas. Beli shampo untuk rambut smoothing  dan kondisioner buatan profesional dari salon untuk mendapatkan manfaat smoothing rambut wanita secara maksimal dan untuk cara merawat rambut setelah  smoothing agar tidak kaku. Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas rambut yang sudah di smoothing.

Untuk smoothing rambut berulang, Anda setidaknya perlu memberi jeda waktu setahun sebelum kembali melakukan manfaat smoothing rambut wanita. Rawat rambut dengan baik selama jeda waktu setahun tersebut dengan mengonsumsi makanan yang sehat, mengonsumsi vitamin rambut, memberi minyak rambut dan berolahraga untuk menghindari bahaya smoothing rambut. Smoothing rambut akan bekerja dengan baik pada rambut yang berkualitas bagus dan sehat. Beri sedikit waktu dan rawat rambut Anda untuk cara merawat rambut smoothing agar tahan lama. Dengan perawatan rambut yang baik pula, rambut smoothing dapat bertahan lebih dari 12 bulan.