8 Perbedaan Masker Rambut Dan Creambath Untuk Merawat Rambut

Perawatan rambut merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari rutinitas perawatan tubuh dan kecantikan, bahkan perawatan rambut ini tidak hanya identik dilakukan oleh wanita namun juga banyak dilakukan oleh kaum pria. Perawatan rambut menjadi penting bagi pria dan wanita, sebab keduanya merupakan mahkota bagi semua orang. Kondisi rambut yang tidak sehat akan sangat berpengaruh kepada penampilan dan kepercayaan diri seseorang, termasuk para pria.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan jenis – jenis perawatan rambut di salon yang juga bisa dilakukan di rumah, biasanya juga sudah tidak asing lagi dengan istilah creambath dan masker rambut atau hair mask. Kedua istilah itu merujuk kepada aktivitas yang bertujuan untuk merawat rambut agar lebih sehat dan tetap cantik, namun keduanya memiliki cara dan bahan yang berbeda. Kedua jenis perawatan rambut ini dapat memberikan sensasi relaksasi pada kulit kepala dan rambut, juga sama – sama bertujuan mengatasi berbagai masalah rambut yang dialami, bisa dilakukan oleh wanita maupun pria.

Bedanya Masker Rambut dan Creambath

Walaupun tujuan kedua jenis perawatan ini sama sama untuk menjaga dan merawat kondisi rambut, namun kebanyakan orang tidak memahami adanya perbedaan dari keduanya sehingga tidak paham kapan harus melakukan creambath atau masker rambut. Untuk dapat menentukan jenis perawatan mana yang Anda butuhkan, simak perbedaan masker rambut dan creambath berikut ini:

1. Kondisi rambut saat dilakukan perawatan

Creambath biasanya digunakan untuk rambut yang belum pernah terkena bahan – bahan kimia dari berbagai perawatan rambut lainnya seperti dicat, smoothing, rebonding dan lain sebagainya. Walaupun demikian, rambut yang telah mengalami berbagai bahan perawatan juga tetap dapat menggunakan perawatan dengan cara creambath. Manfaat hair mask untuk rambut biasanya digunakan untuk rambut yang sudah dalam keadaan kurang sehat karena terlalu sering terekspos produk perawatan berbahan kimia, atau sering sekali mengalami proses penataan rambut seperti menggunakan catok dan suhu panas lainnya.

2. Bahan yang digunakan

Masker rambut menggunakan krim yang mudah ditemukan di swalayan atau toko kosmetik biasa dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan alami di rumah. Sedangkan krim untuk creambath biasanya diformulasikan lebih lengkap dan sulit untuk ditemukan di swalayan, kecuali apabila Anda memesan secara online atau di toko khusus perlengkapan salon. Anda juga dapat melakukan cara masker rambut sendiri setelah smoothing di rumah.

3. Cara atau metode perawatan

Perbedaan masker rambut dan creambath berikutnya adalah pada cara perawatannya. Anda dapat melakukan masker rambut sendiri di rumah dengan mudah, sementara creambath biasanya memiliki metode yang sedikit lebih rumit sehingga lebih nyaman untuk dilakukan di salon. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat melakukan creambath sendiri di rumah. Cara membuat masker rambut alami bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan berbagai bahan yang ada di dapur, misalnya cara membuat masker rambut dari kemiri.

4. Rentang waktu perawatan

Waktu pengerjaan adalah perbedaan masker rambut dan creambath berikutnya. Creambath dapat dilakukan selama sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sedangkan Anda tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan masker rambut yang bisa dilakukan satu minggu  sekali.

5. Manfaat creambath dan masker rambut

Perbedaan masker rambut dan creambath juga terletak pada manfaatnya masing – masing. Manfaat creambath rambut di salon lebih efektif karena di salon terdapat berbagai peralatan yang dibutuhkan sebagai salah satu perawatan salon untuk rambut rontok dan berketombe. Creambath dapat membuat rambut menjadi lebih halus, mengatasi masalah rambut bercabang, mencegah kerusakan pada rambut. Sedangkan masker rambut dapat meningkatkan kualitas rambut Anda, memperbaiki kualitas kesehatan rambut yang menurun, dan juga lebih mudah dilakukan dan lebih hemat dari segi biaya. 

6. Lama penyerapan produk

Produk untuk creambath biasanya perlu digunakan dengan cara memijat kulit kepala selama beberapa waktu agar cepat menyerap, namun berbahan dasar air sehingga mudah larut dan mudah dibersihkan serta tidak lengket. Sedangkan produk masker rambut biasanya hanya cukup dioleskan ke kepala selama beberapa waktu tanpa dipijat kemudian dibilas.

7. Waktu penggunaan

Masker rambut biasanya digunakan dalam waktu singkat dan dilakukan setelah keramas serta tidak perlu lagi membubuhkan kondisioner, sebab memiliki fungsi yang hampir sama dengan kondisioner. Sedangkan creambath juga dilakukan setelah keramas, namun selain pijatan juga memerlukan suhu panas untuk memudahkan penyerapannya ke kulit kepala.

8. Tujuan perawatan

Masker rambut biasanya digunakan untuk rambut yang mengalami berbagai masalah cukup berat antara lain kerontokan, ketombe, rambut rapuh, kering dan bercabang, kusam dan berbagai masalah lainnya. Sedangkan creambath lebih ditujukan kepada perawatan untuk menjaga kondisi rambut agar tidak bermasalah.

Perbedaan masker rambut dan creambath ini perlu Anda ketahui agar berguna untuk menentukan jenis perawatan rambut mana yang akan memberi manfaat maksimal pada rambut. Apabila Anda sudah dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi pada rambut Anda, maka Anda dapat memutuskan apakah rambut memerlukan perawatan berupa masker atau creambath. Lakukan perawatan rambut secara rutin untuk membuat rambut tampak berkilau dan mudah diatur serta terawat. Jangan melakukan perawatan secara berlebihan yang justru dapat merusak rambut, karena itu ikutilah aturan perawatan dengan benar.