20 Cara Membuat Masker Rambut dari Kemiri Untuk Rambut Indah

Kemiri atau dikenal dalam bahasa Latin Aleurites Moluccana adalah jenis tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Pohon kemiri dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 15 -25 meter. Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, kemiri juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, khususnya yang berhubungan dengan rambut. Nutrisi yang ada di dalam kemiri antara lain saponin, flavonoid, polyfenol, dan sejumlah protein serta karbohidrat. Mineral yang ada di dalam kemiri adalah fosfor, potasium, kalsium dan magnesium.

Selain itu juga ada kandungan yang tidak kalah pentingnya seperti vitamin A, vitamin B1, folat dan phytosterol yang dapat menghalangi pembentukan kolesterol. Kemiri mentah yang belum diproses masih mengandung saponin dan phorbol yang bisa menjadi zat beracun. Kemiri biasanya diproses untuk diambil minyaknya. Kelebihan minyak kemiri yaitu tidak mengiritasi bahkan jika terkena area mata. Ada banyak cara untuk memproses kemiri agar bisa mendapatkan minyaknya, antara lain dengan cara merebus atau cara membuat minyak kemiri dengan disangrai.

Zat Penting Dalam Kemiri

Sejak zaman dulu nenek moyang kita sudah menggunakan kemiri untuk merawat kondisi rambutnya dan mempertahankan kecantikan rambut. Diatas telah dibahas mengenai apa saja kandungan zat yang berguna di dalam kemiri untuk perawatan rambut. Lebih detilnya akan dibahas mengenai zat – zat tersebut antara lain:

  • Zat – zat mineral yang terkandung dalam kemiri antara lain kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga dan selenium. Semua mineral ini berperan penting dalam memelihara kesehatan rambut, karena itulah juga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan perawatan rambut.
  • Kandungan vitamin, folat dan adanya fitosterol yang dapat merusak enzim pembentuk kolesterol yang ada di dalam hati sehingga dapat menghalangi pembentukan kolesterol.
  • Adanya kandungan asam amino esensial . Asam amino esensial yang terdapat di semua jaringan tubuh antara lain berfungsi untuk [ertumbuhan karena dapat membentuk protein dan antibodi.
  • Kandungan asam amino non esensial pada kemiri yaitu asam glutamat dan asam aspartat.
  • Mengandung zat gizi mikro berupa protein, karbohidrat dan lemak.
  • Mengandung zat non gizi berupa saponin, flavonoid dan polifenol.

Kemiri Untuk Masker Rambut

Fungsi utama kemiri yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan adalah untuk menghitamkan rambut atau cara menghilangkan uban dengan kemiri dan juga mengatasi masalah pertumbuhan rambut. Cara membuat masker rambut dari kemiri adalah:

A. Minyak Kemiri

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak dan cara membuat minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut seringkali digunakan sebagai bahan yang ampuh untuk perawatan rambut.

  1. Siapkan 20 butir kemiri yang telah dikupas, kondisinya masih segar dan tidak busuk.
  2. Potong – potong kemiri menjadi bagian yang kecil – kecil dan sama ukurannya.
  3. Sangrai potongan kemiri di wajan dengan api kecil sampai matang hingga ke dalamnya dan tidak gosong. Sangrai sampai berwarna hitam kecoklatan dan bagian luarnya mengeluarkan minyak.
  4. Tumbuk kemiri sampai halus dan mengeluarkan minyak.
  5. Saring dengan kain kasa tipis dan bersih lalu pisahkan ampasnya. Masukkan minyak kemiri ke dalam wadah atau botol kecil untuk disimpan.

B. Kemiri dan Minyak Zaitun

Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun dan cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun bisa digunakan bersamaan dengan manfaat minyak kemiri untuk masker rambut. Cara membuat campuran minyak zaitun dan minyak kemiri yaitu:

  1. Siapkan 8 butir kemiri yang kondisinya masih segar dan bagus, juga telah dikupas dari kulit kerasnya. Pastikan biji kemiri yang digunakan tidak busuk, dilihat dari warnanya yang masih terang.
  2. Potong biji kemiri menjadi ukuran kecil yang sama lalu sangrai dalam wajan.
  3. Gunakan api kecil ketika menyangrai sehingga kemiri bisa matang di bagian dalam dan tidak gosong di luarnya.
  4. Setelah berwarna hitam kecoklatan, tumbuk kemiri sampai mengeluarkan minyak.
  5. Pastikan kemiri ditumbuk sampai halus dan tambahkan minyak zaitun sampai menjadi pasta.

C. Minyak Kemiri dan Biji Pepaya

Manfaat pepaya untuk rambut bisa juga digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Cara membuat semir rambut dari biji pepaya juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Cara menggunakan biji pepaya dikombinasikan dengan cara membuat minyak kemiri untuk masker rambut adalah:

  1. Ambil dua genggam biji pepaya matang dan bersihkan.
  2. Sangrai biji pepaya tersebut di atas wajan dan dengan api kecil.
  3. Pastikan biji pepaya matang sempurna dan berwarna hitam pekat.
  4. Tumbuk biji pepaya sampai halus dan lembut, masukkan ke dalam wadah.
  5. Tuang sedikit minyak kemiri dan aduk sampai menjadi pasta.

D. Minyak Kemiri dan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut cepat panjang juga sudah sangat dikenal berkat kandungan gel yang ada di dalam daun lidah buaya. Cara menggunakan lidah buaya untuk pertumbuhan rambut dapat dilakukan dengan campuran sedikit minyak kemiri yaitu:

  1. Potong daun lidah buaya secukupnya lalu cuci dan bersihkan.
  2. Potonglah masing – masing bagian tepi daun lidah buaya dan potong – potong kecil.
  3. Parut bagian gel lidah buaya dengan parutan untuk keju sehingga parutan gel tidak kasar. Pastikan bagian kulit tidak ikut terparut.
  4. Campurkan parutan lidah buaya dengan tiga sendok minyak kemiri, lalu aduk sampai rata.
  5. Aplikasikan pada rambut dan bilas ketika sudah cukup menyerap.

Manfaat Kemiri Untuk Rambut

Cara menumbuhkan rambut dengan kemiri bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat kemiri untuk rambut berikut ini:

  • Menutrisi Rambut

Keuntungan dari menggunakan kemiri untuk menutrisi rambut tidak dapat disangkal lagi. Dengan menggunakan minyak kemiri untuk memijat kulit kepala dan rambut untuk dibiarkan semalaman, Anda akan mendapatkan rambut yang subur , tebal dan hitam.

  • Mengatasi Rambut Rontok

Jika Anda mempunyai masalah dengan rambut yang rontok, minyak kemiri dapat mengatasi masalah tersebut. Kemiri dapat menjadi cara mengurangi rambut rontok parah dan digunakan dalam perawatan rambut rontok parah. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu memperkuat rambut dari dalam ke luar, dari akar rambut hingga ke ujung rambut.

  • Menumbuhkan Rambut

Minyak kemiri bisa mengatasi masalah kebotakan dengan manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut yang bahkan lebih kuat dan sehat daripada sebelumnya. kemiri dapat menumbuhkan tidak hanya rambut di kepala tetapi juga bisa menjadi cara melebatkan kumis tipis, cara menumbuhkan brewok dengan cepat , dan manfaat kemiri untuk alis juga bisa digunakan untuk melebatkan alis mata yang tipis.

  • Menghitamkan Rambut

Rambut yang hitam dan berkilauan adalah keinginan hampir setiap orang khususnya para wanita. Minyak kemiri dapat membuat Anda mendapatkan kembali kilau rambut, apapun warna asli rambut Anda. Minyak kemiri juga dapat menjadi cara mencegah rambut beruban dan cara menghitamkan rambut beruban sehingga rambut Anda terlihat selalu sehat dan hitam alami, bebas dari rambut putih yang memberikan kesan tampak lebih tua dari usia Anda sebenarnya.

  • Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sangat mengganggu karena membuat kepala gatal dan juga banyak butiran putih yang berjatuhan. Minyak kemiri dapat menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami dan  juga cara mencegah ketombe. Mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala akan mencegah pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ketombe yang dapat merusak penampilan dengan adanya butiran – butiran putih yang berjatuhan dari rambut dan kepala.

Fungsi Kemiri untuk Rambut

Selain sebagai masker rambut, kemiri dapat digunakan untuk beberapa fungsi berikut ini dalam perawatan rambut:

  • Kemiri untuk bahan creambath – Mengoleskan minyak kemiri pada rambut ketika malam hari menjelang tidur dapat memberi efek creambath. Oleskan minyak kemiri secara merata dari mulai akar hingga ujung rambut dan bungkus dengan handuk. Biarkan minyak kemiri meresap semalaman lalu bersihkan dengan sampo keesokan paginya.
  • Kemiri untuk pelembab – Jika kulit kepala berminyak, penggunaan kemiri sebaiknya tidak dioleskan pada kulit kepala melainkan mulai dari bagian tengah rambut hingga ke  ujung. Setelah dioleskan, diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bilas dengan sampo. Dengan begini kulit kepala Anda tidak akan menjadi lepek dan kotor.
  • Kemiri untuk pijat –  Pemijatan untuk kulit kepala dengan menggunakan minyak kemiri akan merangsang pertumbuhan rambut karena pijat dapat merangang aliran darah di kulit kepala agar lebih lancar. Ada pula cara menebalkan alis dengan kemiri dan cara menumbuhkan kumis dengan kemiri.

Efek Samping Minyak Kemiri

Walaupun sangat berkhasiat untuk rambut, kemiri ternyata dapat menghasilkan efek samping yang kurang baik terutama jika digunakan dalam jumlah besar dan tidak menggunakannya sesuai dengan petunjuk. Efek samping tersebut antara lain:

  • Jerawat dan rambut berminyak – Menggunakan minyak kemiri menjadi suatu hal yang sangat berkhasiat, namun hal itu juga dapat memancing pembentukan jerawat karena minyak mengenai wajah dan menjadi kotor.
  • Kulit kepala gatal – Kulit kepala bisa menjadi gatal apabila Anda mengoleskan minyak kemiri dalam jumlah berlebihan. Kulit kepala yang berminyak bisa menyebabkan gatal karena kondisi yang terlalu lembabdan bukan tidak mungkin akan ditumbuhi jamur.
  • Membuat rambut lepek – Jika terlalu berminyak, kondisi rambut akan menjadi lepek dan tidak enak dilihat. Rambut yang lepek karena minyak juga akan menjadi sulit diatur dan ditata.
  • Alergi – Jika Anda mempunyai ciri – ciri kulit sensitif maka mungkin saja minyak kemiri ini akan membuat kulit menampakkan reaksi alergi. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan tes alergi lebih dulu pada kulit dengan mengoleskan sedikit minyak kemiri.
  • Iritasi – Kondisi alergi pada kulit akan memicu terjadinya iritasi, yaitu kondisi kulit yang memerah dan meradang. Kulit kepala bisa menjadi terasa terbakar dan panas sebagai efek alergi tersebut.

Jika Anda ingin mencoba untuk menggunakan kemiri untuk masakan ataupun untuk perawatan rambut dengan cara membuat masker rambut dari kemiri, ingatlah untuk tidak pernah sekalipun menggunakan kemiri mentah. Kemiri mentah yang belum diolah mengandung racun yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selalu sangrai atau bakar kemiri terlebih dulu sebelum digunakan hingga berwarna kecoklatan. Masak sampai kemiri sudah siap diolah, yang tandanya ketika kemiri sudah mudah dihancurkan. Selain itu, karena kandungan minyaknya kemiri justru menjadi mudah berubah warna, berbau tengik dan membusuk. Anda perlu menyimpan kemiri di dalam wadah yang kering atau kedap udara.