5 Cara Membuat Masker Spirulina Sendiri Untuk Kecantikan Kulit

Spirulina adalah suatu kandungan yang ada di dalam ganggang hijau, yang memang sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan juga kecantikan. Di balik aromanya yang menyengat, spirulina memiliki manfaat besar untuk mengatasi bermacam-macam permasalahan kesehatan termasuk masalah kulit dan bisa membantu proses detoksifikasi.

Manfaat masker spirulina untuk kecantikan kulit karena kaya akan kandungan seperti antioksidan, vitamin, asam amino, protein dan nutrisi yang bermanfaat lainnya. Pada awalnya spirulina diedarkan untuk dikonsumsi, jadi tidak heran jika spirulina dijual dalam bentuk kapsul. Untuk merawat wajah, spirulina dapat digunakan sebagai masker dan berikut ini adalah beberapa cara membuat masker spirulina yang bisa dicoba:

1. Masker spirulina tanpa campuran

Masker spirulina membutuhkan campuran yang bersifat cair untuk membantu penyerapan nutrisinya ke dalam kulit. Cara menggunakan masker spirulina paling mudah adalah dengan mencampurnya dengan air saja, yaitu dengan cara:

  • Campurkan spirulina dari 2 butir kapsul dengan air mineral atau bersih secukupnya.
  • Setelah membentuk pasta, oleskan masker ke seluruh permukaan wajah.
  • Diamkan sekitar 20 menit sebelum dibilas.

2. Masker spirulina dengan putih telur

Kombinasi antara spirulina dan putih telur ini cocok digunakan untuk mengatasi white head yang membandel di wajah, juga membersihkan pori-pori yang tersumbat. Berikut ini adalah cara membuat masker spirulina dengan putih telur yang bisa dicoba:

  • Siapkan 2 kapsul spirulina, keluarkan bubuk di dalamnya pada wadah bersih.
  • Siapkan putih telur dari 1 butir telur, campurkan dengan spirulina secukupnya.
  • Aplikasikan masker ke seluruh permukaan wajah, lalu diamkan 20 menit.

3. Masker spirulina dengan madu

Cara membuat masker spirulina selanjutnya adalah mencampurnya dengan madu. Masker ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit kering, karena dapat membantu meningkatkan kelembaban alami kulit. Cara membuatnya adalah:

  • Campurkan ke dalam wadah bersih bubuk spirulina dari 2 buah kapsul spirulina dengan madu secukupnya.
  • Aduk sampai rata, lalu oleskan merata ke seluruh wajah.
  • Diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

4. Masker spirulina dengan lemon

Campuran antara bubuk spirulina dengan air perasan lemon atau bisa diganti dengan jeruk nipis ini bisa menjadi cara mengatasi wajah berminyak dan bekas jerawat. Cara membuatnya adalah:

  • Campurkan bubuk spirulina dari 2 kapsul dengan air perasan dari 1 butir lemon.
  • Setelah bertekstur pasta, oleskan secara merata ke seluruh wajah.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit sebelum dibilas.

5. Masker spirulina dengan susu cair

Manfaat yang terkandung dalam masker spirulina dengan susu cair ini bisa membuat wajah tampak lebih putih dan bersih dengan natural. Cara menggunakannya adalah:

  • Siapkan 2 butir kapsul spirulina, ambil bubuknya lalu masukkan dalam wadah bersih.
  • Masukkan bertahap susu cair sampai membentuk pasta.
  • Oleskan merata ke seluruh wajah, kemudian biarkan kurang lebih 20 menit sebelum dibilas.

Untuk membilas wajah setelah menggunakan masker spirulina, disarankan untuk memakai air hangat kuku sampai bersih lalu keringkan dengan lap yang lembut. Di samping itu, jika maksud menggunakan masker spirulina untuk mengatasi efek penggunaan cream seperti cream yang mengandung mercury dan hidroquinon sebaiknya hentikan dulu penggunaan cream yang mengandung bahan kimia. Kemudian imbangi dengan menggunakan skincare organik atau alami agar kondisi kulit dapat cepat pulih. Demikian ulasan tentang beberapa tips membuat masker spirulina dikombinasikan dengan bahan alami lain yang dapat dicoba di rumah, semoga bermanfaat.