10 Cara Mencukur Alis Dengan Silet Secara Aman

Merapikan atau mencukur alis adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk alis agar terlihat sempurna tanpa perlu merasakan sakit seperti saat menggunakan wax, pinset atau laser. Meskipun terdengar menakutkan, namun mencukur alis dengan menggunakan silet tidak berbahaya asalkan cara yang digunakan sudah tepat dan memakai silet baru yang tajam. Jika anda sebelumnya sudah terbiasa mencukur bulu kaki atau ketiak dengan memakai silet, maka tidaklah sulit saat diterapkan untuk merapikan alis anda. Berikut ini akan kami berikan panduan dan cara mencukur alis dengan silet yang mudah dan aman untuk dilakukan khususnya bagi anda pemula.

  1. Mandi Air Hangat

Untuk langkah awal sebelum mencukur alis memakai silet, anda perlu mandi dengan air hangat untuk melonggarkan meregangkan pori pori alis sehingga cara membentuk alis natural bisa didapatkan. Air hangat atau uap panas akan membuka pori pori serta folikel rambut yang ada di alis sehingga akan lebih mudah saat akan memotong atau mencuku alis dengan benar.

  1. Gunakan Pelembab

Sesudah mandi dengan air hangat, langkah selanjutnya adalah melembabkan area di sekitar alis anda memakai pelembab wajah biasa atau juga bisa memakai pelembab tubuh yang biasa anda gunakan. Oleskan pelembab di atas lipatan mata dan juga bagian atas alis anda untuk melindungi kulit saat mencukur dilakukan sekaligus membuat bulu alis lebih mudah saat akan dicukur.

  1. Gunakan Silet Khusus Alis

Hindari menggunakan silet biasa untuk mencukur alis sebab tidak bisa membentuk alis secara baik sekaligus berbahaya jika digunakan dekat area mata dan lebih baik memakai cara membentuk alis tanpa dicukur untuk menghindari iritasi. Gunakan silet yang memang khusus dibuat untuk alis yang bisa anda beli di toko kecantikan atau bisa memesannya lewat toko online dengan harga terjangkau. Anda bisa menggunakan silet alis yang memiliki dua ujung atau jenis silet alis lainnya sesuai dengan keinginan.

  1. Pakai Krim Cukur

Untuk hasil alis yang terpotong secara sempurna dan detail, anda perlu mengaplikasikan krim cukur di sekitar area alis yang akan dirapikan. Untuk mengaplikasikan krim cukur yang paling tepat adalah sesudah mandi sebab pori pori masih terbuka.

  1. Cukur Sesuai Arah Tumbuh Rambut

Saat mencukur alis menggunakan silet, pastikan anda mencukur dengan arah yang sesuai dengan pertumbuhan alis dan bukan berlawanan yang merupakan penyebab alis tipis. Sebab jika anda mencukur alis dengan arah berlawanan dari arah pertumbuhan rambut, maka risiko kulit terkelupas dan iritasi bisa semakin meningkat.

  1. Tahan Alis Saat Mencukur

Gunakan tangan anda yang tidak memegang silet untuk menahan alis supaya kulit di sekitar alis bisa mengencang untuk memudahkan anda saat mencukur alis. Hal ini juga harus dilakukan supaya anda bisa mendapatkan bentuk alis yang sempurna dan menghindari risiko lecet atau tergores.

  1. Cukur Penuh atau Sebagian

Manfaat mencukur alis penuh atau sebagian bisa disesuaikan dengan selera anda. Mencukur alis sebagian bisa membantu anda untuk mengatasi unibrow yakni alis yang bertemu tepat di bagian atas hidung atau bisa membantu anda untuk membentuk alis sesuai dengan yang diinginkan seperti simple patterns untuk highlight alis. Sedangkan mencukur seluruhnya berarti menghilangkan semua alis anda yang bisa digunakan jika anda memang tidak menyukai dengan bentuk atau posisi alis asli anda sehingga bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.

  1. Cukur Dengan Cara Benar

Mulai cukur alis anda dari titik tertinggi atau lengkungan untuk membersihkan bulu yang berantakan. Supaya hasil lebih sempurna, anda bisa mengaplikasikan pensil alis waterproof  terlebih dahulu untuk melihat bagian alis mana yang berantakan dan perlu dicukur. Lakukan dengan hati hati dan berikan sedikit tekanan sambil menyeret silet untuk membersihkan alis yang berantakan tersebut.

  1. Bersihkan Dengan Lap Hangat

Sesudah semua bulu berantakan terangkat, bersihkan dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan air hangat sekaligus untuk memeriksa apakah masih ada bagian alis yang belum dicukur dengan sempurna.

  1. Tenangkan Kulit Sekitar Alis

Sesudah alis yang berantakan sudah benar benar dicukur habis, maka lanjutkan dengan mengaplikasikan minyak zaitun sebab manfaat minyak zaitun untuk alis bisa menenangkan folikel rambut serta kulit supaya tidak iritasi atau kerusakan lain sesudah mencukur alis. Selain minyak zaitun, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat area kulit bekas cukuran selama beberapa menit.

Kesalahan Mencukur Alis

Saat mencukur alis memakai silet sebagai salah satu cara mempercantik alis, seseorang yang belum terbiasa atau baru pertama kali menggunakan silet ini seringkali melakukan kesalahan dan harus dihindari seperti beberapa kesalahan berikut ini.

  • Mencukur sebelum mandi: Mencukur alis sebelum mandi sebaiknya dihindari sebab pori pori masih kecil dan belum terbuka sehingga alis tidak bisa dicukur sampai bersih.
  • Mata pisau tumpul: Hindari memakai mata pisau atau silet yang tumpul karena berisiko membuat kulit tergores dan iritasi.
  • Mencukur pagi hari: Mencukur alis saat pagi hari tidak memberikan hasil yang bagus sebab kulit masih membengkak sesudah bangun tidur.
  • Kulit terlalu kering: Cara merapikan alis dalam keadaan kulit yang kering juga sebaiknya dihindari sebab bisa membuat kulit teriritasi.
  • Mencukur terlalu cepat: Mencukur dengan gerakan yang cepat sangat berbahaya sebab bisa melukai kulit mengingat alat yang digunakan sangat tajam.

Cara mencukur alis dengan silet tidak terlalu mengerikan seperti yang anda bayangkan, sebab jika digunakan dengan tepat, maka bisa memberikan hasil terbaik dan halus serta rapi. Hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan dari silet yang digunakan dan juga lakukan secara tepat dan hati hati.