17 Cara Merapikan Alis Tanpa Mencukur atau Mencabutnya

Alis merupakan bingkai dari mata dan wajah kita, sehingga alis selalu menjadi salah satu pusat perhatian ketika kita memandang wajah seseorang. Fungsi alis mata manusia sangat vital untuk kehidupan sehari – hari. Bagi kaum wanita, bentuk alis seringkali menjadi masalah besar karena dapat mempengaruhi penampilan wajahnya secara keseluruhan. Saat ini sedang marak trend membuat alis yang tebal, penuh dan rapi bentuknya, berkebalikan dengan trend alis tipis beberapa tahun lalu yang membuat wajah para wanita tampak tua akibat dari pencukuran alisnya demi mengikuti trend tersebut.

Alis yang tebal dan penuh justru akan memberi kesan lebih muda dari usia sebenarnya, juga bentuk mata yang lebih besar. Bulu alis yang kita miliki didapatkan secara genetis, artinya bentuk alami alis kita juga akan dipengaruhi oleh faktor genetika juga. Karena alis juga tumbuh setiap saat, maka bisa disimpulkan bahwa bentuk alis akan menjadi berantakan seiring dengan proses pertumbuhannya. Alis tentunya tidak dapat tumbuh dengan rapi sesuai keinginan kita. Lalu bagaimana cara merapikan alis yang benar tanpa mencukur ? Jawabannya ada pada pembahasan berikut ini.

Merapikan Alis Dengan Eyeshadow dan Pensil Alis

Beberapa cara merapikan alis tanpa mencukur dapat dilakukan dengan menggunakan alat make up seperti eye shadow dan pensil alis. Langkah – langkah merapikan alis dengan eyeshadow dan pensil alis tersebut adalah:

1. Sesuaikan bentuk wajah

Pertama, kenali bentuk wajah Anda lebih dulu untuk menentukan bentuk alis yang diinginkan. Sebaiknya menyesuaikan bentuk alis dengan faktor – faktor penentu lainnya, termasuk ukuran mata, jarak antara kedua alis, bentuk wajah dan lain sebagainya. Tidak semua bentuk alis dapat dicocokkan dengan profil wajah seseorang karena ciri – ciri wajah yang dimiliki setiap orang berbeda. Pilihlah bentuk alis yang akan menonjolkan kelebihan wajah Anda dan menutupi kekurangannya.

2. Menentukan bagian alis

Tentukan bagian sudut alis, pangkal dan awal alis. Tentukan panjang dan ketebalan alis yang cocok setelahnya, apakah berupa alis lurus atau alis melengkung. Ketahui juga manfaat seledri untuk alis dan manfaat mencukur alis.

3. Cocokkan ketebalan alis

Alis tebal sangat cocok untuk mata yang besar karena akan membantu menyeimbangkan proporsinya. Sebaliknya, alis tebal tidak cocok untuk bentuk mata yang kecil atau sipit karena dapat menenggelamkan penampilan mata. Sesuaikan ketebalan alis dengan ukuran dan bentuk mata.

4. Perhatikan ukuran bibir

Ukuran bibir juga berpengaruh terhadap ukuran alis, karena ada beberapa tips yang menyarankan agar ketebalan alis berbanding lurus dengan ketebalan bibir bagian atas.

5. Sesuaikan ketinggian alis

Bentuk alis perlu sedikit dinaikkan untuk menipiskan tulang alis yang rendah dan berdekatan dengan mata. Sementara jika Anda memiliki garis alis tinggi, bentuk alis tebal lebih tepat karena penampilan akan tampak lebih seimbang. Sesuaikan ketinggian bentuk alis yang tepat agar wajah Anda juga tidak akan terlihat aneh. Alis yang terlalu tinggi akan membuat wajah Anda seakan – akan selalu terlihat terkejut dan menaikkan alis.

6. Memilih warna alis

Memilih pensil alis yang nyaman dan cocok digunakan dapat dilihat dari kecocokan warna dan teksturnya. Kebanyakan orang cocok dengan warna cokelat tua pada alis. Jika warna rambut Anda hitam pekat, hindari warna hitam pada pensil alis karena dapat memberikan kesan galak pada wajah. Pilihlah warna dark grey atau coklat. Bila Anda memiliki rambut yang berwarna terang maka pilihlah warna yang lebih gelap satu tingkat dan sebaliknya.

7. Menyiapkan pensil alis

Biasakan untuk menajamkan pensil sebelum digunakan, agar dapat menggambar alis dengan baik dan membentuk alis dengan tekanan yang halus dan menyatu dengan bulu alis asli agar terlihat alami. Hindari untuk membentuk alis dengan tekanan kuat dan tegas karena tidak akan terlihat alami. Pensil alis yang sulit diruncingkan karena terlalu lunak atau mudah patah dapat Anda masukkan ke dalam lemari es untuk mengeraskannya kembali. Gunakan merk pensil alis waterproof yang sudah terpercaya.

8. Menggunakan eyeshadow

Menggunakan eyeshadow untuk membentuk alis lebih lembut dan alami, sementara penggunaan pensil alis akan menonjolkan dan menegaskan bentuk alis. Anda yang memiliki bentuk alis tebal alami lebih cocok menggunakan eyeshadow, sedangkan untuk alis alami yang tipis cocok menggunakan pensil alis. Cobalah beberapa merk pensil alis warna abu – abu yang mungkin cocok untuk wajah Anda.

9. Dasar menggambar alis

Dasar – dasar dari menggambar dan membentuk alis adalah dengan menghubungkan tiga titik utama pada alis yaitu menghubungkan alis bagian dalam, lengkungan alis, dan alis bagian luar. Usahakan agar Anda membuat garis dengan pensil alis atau eyeshadow dekat dengan garis alis alami sehingga bentuk alis tetap natural. Mulailah menggambar dari ujung tulang hidung hingga ke ujung mata. Pastikan panjang alis tidak melebihi bagian tersebut agar mata dapat terlihat lebih besar dan menegaskan ekspresi wajah.

10. Mengisi alis

Isi alis dengan menggambarnya menggunakan eyeshadow dimulai dari pangkal alis dan mundur ke bagian ujungnya. Warnai alis lebih pekat dan tebal pada bagian lengkung serta ujung alis dan lebih terang dan tipis pada bagian hidung untuk menampilkan kesan tiga dimensi. Gunakan minyak kemiri untuk alis dan manfaat mentega untuk alis agar alis Anda dapat tumbuh lebih lebat alami.

11. Buat alis natural

Alis yang ketinggiannya berbeda hasilnya satu sama lain dapat Anda koreksi dengan pensil alis di bagian atas atau bawah alis yang terlihat kosong. Tidak perlu berusaha keras untuk membuat alis terlihat sangat identik, karena hal tersebut tidak mungkin terjadi. Kedua alis Anda tidak akan pernah terlihat sama persis secara alami. Cobalah cara melebatkan alis dengan madu dan manfaat es batu untuk alis.

12. Gunakan coton bud

Gunakan ujung Cotton bud untuk mengoreksi kesalahan pada bentuk alis yang Anda buat. Bubuhkan sedikit concealer untuk menyamarkan garis alis yang salah tersebut. Cotton bud juga dapat digunakan untuk menghaluskan sudut – sudut alis yang terlihat terlalu tebal atau kaku agar dapat terlihat lebih alami dan meratakan alis yang baru digambar agar warnanya tidak terlalu tebal.

13. Perhatikan jarak kedua mata

Jika jarak kedua mata berdekatan, Anda dapat membentuk alis dengan lengkung yang lebih lebar dan panjang. Hindari menggambar alis berbentuk tipis dan tajam. Juga jangan membuat lengkungan jika bentuk alami alis Anda tidak memiliki lengkungan alami, sebaiknya menggambar bentuk alis yang lebih panjang dengan pensil. Anda perlu melakukan cara cepat menumbuhkan alis setelah dicukur dan cara menumbuhkan alis rontok.

14. Gunakan sikat dan maskara

Gunakan sikat alis untuk menyisir alis mata atau gunakan maskara bening untuk menyisir rambut alis ke arah samping dari tepi alis bagian dalam ke luar. Maskara dapat menjaga agar eyeshadow dan pensil alis tidak luntur karena keringat, air dan lain sebagainya. Selain itu maskara juga dapat memberikan warna yang merata pada alis.

15. Gunakan hairspray

Anda dapat menggunakan hairspray sebagai pengganti maskara bening. Semprotkan sedikit hairspray pada jari tangan dan usapkan jari pada alis. Anda juga dapat menggunakan manfaat vaseline untuk alis sebagai pengganti maskara. Vaseline merupakan salah satu cara alami menebalkan alis dan cara menebalkan alis mata secara alami dan permanen.

16. Melapisi alis Anda

Bubuhkan sedikit bedak ke atas alis yang sudah Anda gambar untuk memastikan alis tidak akan luntur karena keringat. Anda juga dapat melakukan cara menghitamkan alis secara alami dan cepat dan cara mempercantik alis dengan beberapa bahan alami yang aman untuk memperindah alis mata Anda. Foundation atau concealer juga dapat Anda gunakan untuk menutupi area bawah dan atas alis yang tidak dibubuhi pensil alis atau eyeshadow.

17. Perhatikan lengkungan alis

Menggambar lengkungan alis yang terletak di bagian tengah alis merupakan kesalahan umum wanita. Padahal lengkungan yang ideal dibuat pada dua pertiga bagian panjang alis, atau di dekat ujung mata. Membuat lengkungan alis di bagian tengah akan membuat alis tampak terlalu menukik ke atas.

Bentuk Alis yang Cocok

Agar cara mempercantik alis dapat menghasilkan cara membentuk alis natural, maka bentuk alis haruslah disesuaikan dengan bentuk wajah Anda. Berikut ini adalah bentuk – bentuk alis yang cocok bagi beberapa bentuk wajah yaitu:

  • Wajah oval  –  Bentuk wajah ini adalah yang paling mudah menggunakan semua bentuk alis yang pasti akan cocok dengan bentuk wajah ideal ini. Bentuk alis bersudut lembut akan meningkatkan nilai penampilan dan menonjolkan tulang pipi serta garis rahang.
  • Wajah panjang – Bentuk alis yang cocok untuk wajah panjang adalah alis yang agak rata untuk mengurangi kesan panjang pada wajah dan membuat wajah terlihat lebih proporsional dan pendek.
  • Wajah bulat – Wajah tergolong bulat apabila lebar dan panjang wajah hampir sama, serta dagu dan tulang pipi yang tidak terlalu jelas. Bentuk alis yang cocok adalah tinggi melengkung agar bentuk muka bisa terlihat lebih panjang. Jangan menggambar alis yang berbentuk membundar karena akan membuat wajah terlihat lebih bulat lagi.
  • Wajah kotak – Garis rahang pada wajah kotak paling terlihat dengan jelas dan untuk mengimbanginya perlu dibentuk alis yang sedikit melengkung. Alis yang agak melengkung akan menjadi penyeimbang wajah dan melembutkan bentuk rahang yang keras.
  • Wajah Hati – Wajah berbentuk hati apabila dahi lebar dan dagu meruncing. Alis yang cocok untuk bentuk muka ini adalah alis panjang dengan sedikit lengkungan yang dapat mengurangi runcingnya dagu dan mengurangi tampilan lebar pada dahi.

Alis dibentuk berdasarkan pada beberapa pola yang penting seperti lengkungan, panjang dan ketebalan alis yang cara merapikan alis dan cara membentuk alis tanpa dicukur semuanya ditujukan untuk menonjolkan bagian penting pada wajah Anda dan menutupi kekurangan pada wajah.

Cara merapikan alis tanpa mencukur mungkin menjadi salah satu yang tersulit ketika Anda memutuskan untuk mencobanya sendiri. Anda bisa juga mencoba cara sulam alis sendiri di rumah sebagai alternatif  untuk menghindari bahaya mencabut alis mata, selain juga mencoba manfaat mencukur alis yang tumbuh kurang rapi. Tentu saja janganlah mencukur alis hingga gundul sehingga akan mempengaruhi fungsi alis dan penampilan wajah Anda nantinya.