9 Cara Menghilangkan Bintik – Bintik Di Wajah Dengan Tomat Secara Alami

Bintik – bintik di wajah bisa muncul karena bekas jerawat, jerawat kecil – kecil, bintik hitam karena pigmentasi, sun spots dan lain sebagainya. Bintik – bintik ini menimbulkan halangan untuk mendapatkan kulit wajah yang sempurna. Bahkan bisa saja dengan penggunaan berbagai krim dan melakukan perawatan untuk membersihkan kulit, masih belum mendapatkan kondisi kulit yang sempurna seperti yang diinginkan. Apabila dengan berbagai cara perawatan masih belum dapat memenuhi keinginan Anda akan kulit yang tanpa cacat, mungkin ini waktunya untuk mencoba perawatan dengan bahan alami seperti tomat.

Tomat mengandung banyak antioksidan serta sangat baik untuk kulit. Manfaat tomat untuk kulit dapat membantu menghilangkan cacat atau kekurangan pada kulit wajah dan menjaganya tetap sehat dan tampak muda. Tomat mengandung likopen, antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu regenerasi sel – sel kulit dan bekerja sebagai eksfoliator alami yang dapat mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan sel kulit mati. Selain itu juga mengandung alfa hidroksi dan asam salisilat yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan ruam di kulit wajah. Cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah.

1. Tomat Utuh

Cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat bisa Anda lakukan dengan menggunakan tomat utuh segar yang sudah dicuci bersih. Gosokkan irisan tomat di kulit wajah Anda sambil diremas dengan lembut. Biarkan di kulit wajah selama satu jam lalu bersihkan menggunakan air biasa. Anda bisa menggunakan cara ini setiap hari hingga mendapatkan hasil yang diinginkan pada kulit wajah. Anda juga bisa mendapatkan cara memutihkan wajah dengan tomat dalam waktu semalam dengan ramuan ini.

2. Jus atau Bubur Tomat

Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker dengan menghancurkannya menjadi bubur atau membuatnya menjadi jus tomat. Hancurkan tomat dengan menggunakan garpu atau blender, tampung dalam mangkuk bersih. Gunakan ampas tomat untuk mengoleskannya ke wajah dan biarkan selama sekitar satu jam. Cuci muka setelahnya dan gunakan pelembab yang ringan, ulangi sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu.

3. Tomat dan Alpukat

Alpukat memiliki sifat yang melembapkan dan membantu menjaga kulit tetap halus serta lembut. Alpukat juga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk perawatan kulit. Hancurkan satu tomat segar sampai menjadi pasta dan oleskan ke wajah Anda selama 15 – 20 menit. Bilas sampai bersih dan lakukan perawatan ini sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

4. Tomat dan Madu

Madu sudah dikenal sangat baik untuk tubuh dan kulit kita karena bersifat anti inflamasi dan anti bakteri secara alami, yang akan membantu menyembuhkan kulit dan membunuh bakteri. Manfaat tomat untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan cara membuat masker tomat dan madu. Siapkan setengah jus tomat dan tambahkan madu secukupnya. Aduk merata lalu oleskan pada kulit Anda, biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air bersih.

5. Tomat dan Yogurt

Siapkan satu buah tomat segar yang sudah dihaluskan dan dua sendok makan yogurt. Campur kedua bahan sampai merata, diamkan beberapa menit dan oleskan ke wajah sebagai masker sampai merata. Diamkan selama setengah jam atau selama masker cukup kering, dan bilas dengan air hangat sesudahnya. Lakukan cara ini setiap dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Tomat dan Lemon

Kedua bahan ini mengandung pemutih alami dan bisa menjadi cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat yang bagus. Campurkan beberapa tetes perasan lemon segar ke dalam satu sendok makan jus tomat, biarkan selama 15 menit. Setelah mengering, bilas dengan air hangat lalu lanjutkan dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu. Anda juga bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan tomat.

7. Tomat dan Gula

Cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat dan gula bisa menjadi bahan eksfoliator yang baik untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Tumbuk satu buah tomat hingga menjadi pasta lembut, tambahkan dua sendok makan gula dan aduk rata. Gosok campuran tomat dan gula secara perlahan ke wajah selama 10 menit secara melingkar, diamkan kembali selama 15 menit. Bilas wajah dengan air bersih, dan lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat tomat untuk komedo.

8. Tomat dan Mentimun

Tomat dan mentimun memiliki sifat astringent yang dapat mengecilkan pori – pori besar, menghidrasi dan mencerahkan kulit. Anda bisa mencampur setengah tomat matang dan timun seperempat yang kulitnya sudah dikupas untuk cara mengecilkan pori – pori dengan tomat dan menghilangkan bintik – bintik. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas. Anda bisa menambahkan satu sendok madu, air jeruk atau bubuk kunyit pada ramuan sesuai kebutuhan. Ulangi perawatan sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

9. Tomat dan Bubuk Cendana

Cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat dan bubuk cendana bisa mencerahkan, memutihkan, juga membuat kulit tampak lebih bercahaya. Tumbuk satu buah tomat segar sampai lembut dan tuang satu sendok makan bubuk cendana dan beberapa tetes air lemon. Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah. Bersihkan setelah didiamkan selama 15 menit. Anda bisa mengulanginya sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Cara menghilangkan bintik – bintik di wajah dengan tomat ini bisa Anda lakukan dengan memilih tomat yang segar dan sudah matang sempurna. Hindari area hidung dan mata ketika mengaplikasikan masker tomat, dan ikuti petunjuk pemakaian dengan benar. Jangan sampai menggunakan masker tomat secara berlebihan dengan harapan wajah akan cepat mulus, karena ada resiko Anda mengalami efek samping tomat untuk kulit jika menggunakannya terlalu banyak.